Bagaimana cara Windows menemukan lokasi saya secara otomatis?

Sama seperti smartphone yang menggunakan lokasi fisik kita untuk merekomendasikan toko dan restoran atau membantu kita dengan petunjuk arah, Windows melakukan hal yang sama. Namun, Smartphone yang menggunakan lokasi fisik kami masuk akal karena meminta izin lokasi. Tetapi bagaimana Windows menemukan lokasi saya secara otomatis? Sebagian besar komputer tidak dilengkapi dengan GPS, yang dapat membantu komputer mendeteksi lokasi kita. Nah, jika Anda memiliki pemikiran yang sama, maka dalam posting ini, saya akan menjelaskan semua yang perlu Anda ketahui tentang penggunaan lokasi Windows.

Bagaimana Windows menemukan lokasi saya secara otomatis?

Sebagai per Microsoft, ada beberapa faktor kunci yang membantu mereka untuk menemukan lokasi persis Anda. Faktor kunci ini adalah GPS, hotspot wifi terdekat, alamat IP, atau menara seluler.

Dengan menggunakan detail ini, Windows dapat menentukan lokasi geografis yang tepat dari perangkat Windows Anda sehingga dapat merekomendasikan berita, toko, atau tempat terkait untuk dikunjungi.

Namun, akurasi Windows dalam menemukan lokasi fisik Anda tergantung pada kemampuan perangkat Anda. Misalnya, jika dilengkapi dengan GPS, akan lebih mudah bagi Windows untuk mengetahui lokasi Anda yang sebenarnya. Jika tidak ada GPS, itu akan menggunakan metode lain yang mungkin tidak cukup akurat untuk mengetahui lokasi Anda.

Selain itu, jika layanan lokasi Anda diaktifkan, PC Windows Anda akan membagikan detail seperti titik akses nirkabel, pemilik seluler, dan lokasi GPS yang tepat ke Microsoft. Kemudian Microsoft akan menggunakan data yang Anda bagikan untuk meningkatkan layanan lokasinya. Selain itu, data dibagikan dengan penyedia layanan lokasi Microsoft seperti HERE dan Skyhook dalam beberapa kasus.

Selain itu, Microsoft membagikan informasi lokasi Anda dengan aplikasi yang memerlukan informasi lokasi. Tetapi Anda selalu dapat mengizinkan dan melarang aplikasi yang mengakses informasi lokasi Anda.

Tetapi jika Anda tidak membagikan layanan lokasi Anda dengan aplikasi lain, mereka akan tetap memiliki akses ke sana. Tetapi data lokasi akan memiliki akurasi yang lebih rendah.

Bagaimana Mengelola pengaturan lokasi di Windows?

Ikuti saran ini untuk mengelola pengaturan Lokasi di Windows. Ketahuilah bahwa mengubah pengaturan memang memengaruhi keseluruhan pengalaman. Namun, memang benar jika Anda menggunakan aplikasi berbasis lokasi.
Layanan LokasiRiwayat LokasiLokasi Default
Anda tidak memerlukan akun administrator untuk menyelesaikannya. Setiap pengguna dapat mengatur lokasinya service.
1] Layanan Lokasi

Buka Pengaturan Windows menggunakan Win + I. Klik Privasi & Keamanan dari bilah sisi, lalu pilih Lokasi. Di sini, Anda akan menemukan dua pengaturan. Pengaturan pertama adalah layanan lokasi; Anda dapat mengaktifkan/menonaktifkannya tergantung pada kebutuhan Anda. Jika Anda tetap mengaktifkannya, lokasi akan tersedia untuk Windows dan siapa saja yang menggunakan komputer Anda. Setelah Anda mengaktifkan layanan Lokasi, Anda akan mendapatkan opsi kedua: Izinkan aplikasi mengakses lokasi Anda. Dengan ini, Anda dapat mengizinkan atau melarang aplikasi yang dapat mengakses informasi lokasi Anda.
Setelah Anda mengubah setelan, aplikasi dan browser akan berperilaku berdasarkan setelan ini.

Baca: Cara mengaktifkan atau menonaktifkan Skrip Lokasi di Windows.
2] Riwayat Lokasi

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Windows memang membagikan info lokasi Anda dengan aplikasi dan layanan Windows tertentu. Namun, ketika pengaturan lokasi adalah satu, lokasi yang dicari oleh aplikasi atau layanan akan disimpan di perangkat selama 24 jam dan kemudian dihapus.

Anda dapat dengan mudah menemukan aplikasi ini di halaman pengaturan lokasi. Aplikasi yang menggunakan layanan lokasi akan diberi label sebagai Menggunakan riwayat lokasi.

Untuk menghapus riwayat lokasi, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini:
Gunakan Win + I untuk membuka Pengaturan WindowsPrivasi & Keamanan > Lokasi. Kemudian klik tombol Hapus di sebelah Riwayat Lokasi.
It akan menghapus riwayat lokasi dari Aplikasi yang telah mengakses riwayat sebelum dihapus.

Selain itu, Windows menyimpan informasi Lokasi Anda di awan. Untuk menghapusnya, buka account.microsoft.com, masuk menggunakan akun Microsoft Anda, pilih Hapus aktivitas lokasi, dan klik Clear.
3] Lokasi Default

Windows memberi Anda opsi untuk menyetel lokasi default. Lokasi default akan digunakan ketika Windows gagal mendeteksi lokasi yang tepat. Untuk mengaturnya, ikuti langkah-langkah di bawah ini:
Buka Pengaturan. Privasi & Keamanan > Lokasi. Klik Setel Default di sebelah Lokasi default. Ini akan meluncurkan aplikasi Windows Maps. Dari sana, pilih lokasi default Anda, dan Anda siap go.
Kesimpulan

Jadi itu semua tentang bagaimana Windows menemukan lokasi Anda secara otomatis dan bagaimana Anda dapat mengelola pengaturan lokasi Anda. Jadi lanjutkan dan periksa pengaturan lokasi Windows.

Anda dapat memilih sesuai penggunaan Anda. Jika Anda terlalu khawatir tentang lokasi Anda, sebaiknya gunakan VPN dan pengaturan browser yang ketat daripada mengubah Windows.

Haruskah saya mengizinkan Windows untuk melacak lokasi saya?

Ini sepenuhnya tergantung pada fitur apa yang Anda gunakan pada mesin Windows Anda. Misalnya, jika Anda menggunakan peta Windows dan aplikasi berbasis lokasi lainnya, Anda harus mengizinkan Windows untuk melacak lokasi Anda. Tetapi jika aktivitas Anda tidak mencakup apa pun yang terkait dengan lokasi, maka Windows tidak perlu mengizinkan Windows untuk mengetahui lokasi fisik Anda.

Baca: Cara Mengaktifkan atau Menonaktifkan Scripting Lokasi di Windows 11/10

Apakah aman untuk mengizinkan Browser menemukan lokasi saya ?

Berbagi lokasi dengan browser web bisa jadi baik dan buruk. Dengan mengizinkan lokasi dengan browser, Anda akan mendapatkan berita bertarget geografis yang mungkin menarik bagi Anda. Namun, saat Anda membagikan lokasi Anda dengan browser, mereka akan menampilkan lebih banyak iklan bertarget dan mencoba lebih mempersonalisasi pengalaman menjelajah Anda, yang mungkin dilakukan beberapa pengguna not like.

Baca: Cara Menonaktifkan Geolokasi di Firefox, Chrome, dan Edge.
Mengapa lokasi PC saya salah?

Ada beberapa alasan untuk ini. Pengaturan Windows tidak mengizinkan aplikasi atau browser untuk menemukan lokasi, atau ISP menawarkan lokasi yang salah. Salah satu cara Windows menemukan lokasi PC adalah dengan menanyakan lokasi server ISP. Jika server tidak berada di sekitar lokasi Anda dan di kota yang berbeda, ini juga dapat mengakibatkan lokasi yang salah.

Mengapa IP PC saya menunjukkan lokasi yang berbeda di Internet?

Ini karena ISP, atau Anda menggunakan VPN. Layanan lokasi apa pun menanyakan ISP atau Server tempat Anda terhubung dan mendapatkan lokasinya. Satu-satunya jalan keluar adalah mengizinkan aplikasi untuk mendapatkan lokasi yang akurat ketika mereka memintanya. Tapi itu juga tidak mudah.