Bagaimana menambahkan Nomor Slide, Tanggal dan Waktu ke PowerPoint

Microsoft PowerPoint memiliki fitur yang memungkinkan pengguna menambahkan angka ke slide mereka. Fitur ini berguna saat presentasi Anda berisi banyak slide. Jika slide Anda memiliki nomor, Anda dapat dengan mudah membuka slide tertentu saat mempresentasikan presentasi Anda tanpa keluar dari mode Peragaan Slide. Pada artikel ini, kami akan menunjukkan cara menambahkan Nomor Slide dan Tanggal dan Waktu ke PowerPoint.

Cara menambahkan Nomor Slide ke PowerPoint

//

Untuk menambahkan nomor slide ke PowerPoint, ikuti petunjuk berikut:
Buka Microsoft PowerPoint.Buat presentasi baru atau buka presentasi Anda yang sudah ada.Buka “Sisipkan > Nomor Slide” atau “Sisipkan > Header & Footer.” Opsi Nomor Slide tersedia di bawah grup Teks. Kotak dialog Header dan Footer akan terbuka. Di bawah tab Slide, pilih kotak centang Nomor slide. Klik Terapkan ke Semua.
Setelah melakukan langkah-langkah di atas, semua slide dalam presentasi Anda akan mulai menampilkan nomor slide.

Jika Anda ingin menampilkan nomor slide hanya untuk beberapa slide tertentu, masuk ke slide tersebut dan masukkan nomor slide dengan mengikuti langkah-langkah yang disebutkan di atas. Namun kali ini, Anda harus mengklik tombol Terapkan alih-alih Terapkan ke Semua.

Jika Anda tidak ingin menampilkan nomor slide ke slide judul atau slide pertama dalam presentasi Anda, pilih slide Don`t show on title checkbox, dan klik Apply to All.

Nomor slide akan ditampilkan di sisi kanan bawah semua slide. Ini juga ditampilkan pada panel Pratinjau di jendela Header dan Footer. Jika Anda melihat tangkapan layar di atas, sisi kanan bawah panel Pratinjau disorot dengan warna hitam. Ini karena kami telah memilih kotak centang Nomor slide. Jika Anda memilih kotak Tanggal dan Waktu, sisi kiri bawah akan disorot dengan warna hitam.

Memulai nomor slide PPT dengan nomor tertentu

Jika Anda ingin memulai penomoran pada slide Anda dengan nomor tertentu, Anda harus mengikuti langkah-langkah yang tertulis di bawah ini.

Pertama, aktifkan nomor slide dengan mengikuti langkah-langkah yang disebutkan di atas. Pilih tab Desain. Di bawah grup Kustomisasi, klik Ukuran Slide, lalu pilih opsi Ukuran Slide Kustom. Masukkan nomor awal di bidang Slide nomor dari. Klik OK .
Cara menambahkan Tanggal dan Waktu ke PowerPoint

Ikuti langkah-langkah yang diberikan di bawah ini untuk menambahkan tanggal dan waktu ke slide PowerPoint:
Buka presentasi PowerPoint.Buka “Sisipkan > Tanggal & Waktu” atau “Sisipkan > Header & Footer.”Pilih kotak centang Tanggal dan waktu .Klik Terapkan ke Semua jika Anda ingin menampilkan tanggal dan waktu di semua slide. Jika tidak, klik Terapkan.
Saat memilih tanggal dan waktu, Anda akan melihat dua opsi berikut:
Perbarui secara otomatisFixed
Jika Anda ingin tanggal dan waktu diperbarui dengan tanggal dan waktu sistem Anda, pilih opsi Perbarui secara otomatis, jika tidak, pilih opsi Tetap . Setelah memilih opsi Tetap, Anda dapat memasukkan tanggal dan waktu dalam format yang diperlukan.

Opsi Perbarui secara otomatis hanya menampilkan tanggal secara default. Karenanya, Anda harus mengubah formatnya jika ingin menampilkan tanggal dan waktu. Untuk melakukannya, klik pada drop-down dan pilih format yang diperlukan.

Terkait: Cara mengubah Warna bagian dari gambar di PowerPoint.

Mengubah format dan gaya nomor slide PPT serta tanggal dan waktu

Jika Anda ingin mengubah format dan gaya nomor slide dan tanggal dan waktu, pilih, dan klik kanan untuk membuka opsi pemformatan. Anda harus melakukan ini di setiap slide. Ini bisa menjadi sakit kepala jika Anda memiliki banyak slide. Dalam hal ini, Anda dapat memanfaatkan Master Slide. Ikuti langkah-langkah yang diberikan di bawah ini:

Buka View.Click Slide Master. Anda akan melihat Slide Master di bawah grup Master Views. Saat Slide Master terbuka, pilih Master Slide. Slide ini ada di bagian atas semua slide. Tanda (#) di sisi kanan bawah Master Slide menunjukkan nomor slide. Pilih itu. Setelah memilih (#), klik kanan di atasnya untuk membuka opsi pemformatan. Sekarang, Anda dapat mengubah propertinya, seperti ukuran font, gaya font, warna, dll. Anda juga dapat membuatnya menjadi Bold, Italic, atau Underlined.
Jika Anda ingin mengubah format dan gaya tanggal dan waktu, pilih pada Master Geser lalu klik kanan untuk membuka opsi pemformatan. Anda juga dapat mengubah posisi nomor slide serta tanggal dan waktu dengan placeholder masing-masing di Slide Master.

Setelah selesai, klik Tutup Tampilan Master untuk menutup Master Slide. Setelah ini, Anda akan melihat bahwa perubahan diterapkan ke semua slide dalam presentasi Anda.

Terkait: Cara menganimasikan Warna Teks di PowerPoint.

Mengapa PowerPoint tidak menambahkan nomor slide?

PowerPoint tidak menampilkan nomor slide secara default. Anda harus mengaktifkannya. Jika, meskipun telah memasukkan nomor slide, PowerPoint tidak menampilkannya, hapus semua placeholder nomor slide di tampilan Master Slide, lalu tambahkan lagi di Tampilan Master.

Bagaimana cara mengkustomisasi nomor slide di PowerPoint?

Anda dapat mengkustomisasi nomor slide di PowerPoint dengan cara yang berbeda. Anda dapat mengubah gaya font, ukuran font, menjadikannya Bold, Italic, dll. Anda juga dapat mengubah posisi nomor slide dengan mengubah posisi placeholder nomor slide.

Baca selanjutnya: Perangkat lunak Slide Presentation Maker gratis terbaik untuk PC Windows.
Selengkapnya