Bagaimana menambahkan Sudut Bulat ke Gambar di Photoshop

Membuat perubahan pada objek yang membuatnya terlihat berbeda dari aslinya dapat membuatnya lebih menarik. Foto secara alami memiliki tepi yang tajam dalam cetakan dan digital. Saat Anda meletakkan foto di komputer, Anda dapat memberikannya sudut membulat yang halus agar terlihat lebih menarik dan lembut menggunakan Photoshop.

Cara menambahkan Sudut Bulat ke Gambar di Photoshop

Foto dan gambar lainnya dapat diberi tepi bulat yang halus agar terlihat lebih bagus . Mungkin Anda ingin menggunakan foto-foto dalam kolase untuk dicetak atau digital atau meletakkannya di situs web Anda, situs blog, situs media sosial, atau meletakkannya di brosur. Memberi mereka tepi bulat yang halus akan memberikan foto tampilan yang jauh lebih menarik. Artikel ini akan membawa Anda melalui langkah-langkah bagaimana memberikan foto Anda tepi bulat yang halus.
Mempersiapkan Foto
Anda mungkin memiliki foto Anda dalam cetakan sehingga Anda mungkin perlu memindainya ke komputer Anda sehingga Anda dapat mengeditnya. Foto yang ada di komputer Anda dapat diatur dalam folder, pilih yang berkualitas tinggi.

Ketika semua foto telah diatur, Anda perlu memasukkannya ke Photoshop agar prosesnya dapat dimulai. Buka Photoshop, buka File dan klik Buka. Cari foto-foto di folder tempat Anda meletakkannya. Perhatikan, bahwa Anda mungkin tidak ingin mengedit foto asli sehingga Anda dapat membuat salinannya.
Menerapkan Style
Sekarang Anda siap memberikan tepian bulat yang halus pada foto Anda. Anda akan memuatnya satu per satu ke photoshop dan menerapkan style.

Ketika Anda telah memuat foto-foto di Photoshop, ia akan mengatakan Latar Belakang di Panel Lapisan.

Klik dua kali pada lapisan Latar Belakang di panel lapisan, ini akan mengubah latar belakang ke dalam layer yang dapat diedit.

Pilih Rounded Rectangle Tool, mungkin tidak terlihat jadi klik dan tahan Rectangle Tool Panel hingga panel muncul, klik Rounded Rectangle Tool.

Dalam menu opsi di bagian atas jendela klik drop- panah bawah dan pilih Path. Jadikan Radius 50 px atau angka berapa pun sesuai selera Anda. Radius akan menentukan seberapa bulat tepinya. Bereksperimenlah dengan angka-angka yang berbeda sampai Anda menemukan kebulatan yang sesuai dengan selera Anda. Semakin tinggi angka jari-jarinya, semakin bulat tepinya dan semakin rendah angkanya, semakin kecil tepinya yang membulat.

Pindahkan kursor ke salah satu tepi foto saat Persegi Panjang Bulat dipilih. Seret secara diagonal ke seluruh Foto lalu lepaskan mouse saat Anda berada di sudut yang berlawanan. Anda akan melihat garis abu-abu tipis yang muncul di sekitar gambar. Ketika Rounded Rectangle Path digambar, Anda dapat memilihnya dan memindahkannya dengan menggunakan Path Selection Tool yang ada di bawah Type Tool.

Pada Layers Panel, pastikan layer foto dipilih kemudian tambahkan Vector Layer Mask dengan Ctrl + Mengklik ikon Add Layer Mask di bagian bawah Panel Layers.

Photoshop menyembunyikan area di luar persegi panjang bulat, ini memberi foto tepi yang membulat.
Menyimpan image

Untuk menyimpan pekerjaan yang sudah selesai, buka File lalu Save As. Anda dapat menyimpan file sebagai JPEG, PNG, atau opsi lainnya. Menyimpan sebagai PNG hanya akan menampilkan gambar dan latar belakang yang tidak berwarna tidak akan ditampilkan. Ini bagus untuk kasus ketika Anda hanya ingin gambar ditampilkan tanpa latar belakang. Gambar ini disimpan sebagai PNG, lihat tidak ada latar belakang putih.

Baca:Cara melengkungkan teks di sekitar gambar di Photoshop

Bagaimana cara membuat sudut membulat halus di Photoshop?

Setelah Persegi Panjang Bulat digunakan untuk membuat Layer Mask di sekitar gambar sudut gambar akan halus. Gambar dalam keadaan alami memiliki tepi runcing dan Rounded Rectangle Layer Mask yang diterapkan pada gambar memberikan tepi bulat yang halus.

Bagaimana Cara Membulatkan Tepi Gambar?

Membulatkan tepi gambar cukup mudah dilakukan. Buka gambar di Photoshop, dan pastikan untuk mengubah latar belakang menjadi lapisan yang dapat diedit. Pilih Rounded Rectangle dan buat Path sebagai ganti Shape. Gambarlah Persegi Panjang Bulat di sekitar gambar. Pergi ke Layers Panel dan klik ikon Add Layer Mask. Photoshop kemudian akan menyembunyikan tepi runcing gambar dan membuatnya menjadi halus

Mengapa Foto Tepian Bulat Penting?

Foto tepi bulat dapat menambah minat dan gaya pada foto yang membosankan. Menambahkan tepi yang membulat menambah variasi pada foto dan itu dapat membuatnya menonjol.

Dapatkah Bentuk Lain digunakan untuk Tepi di Photoshop?

Anda dapat menambahkan tepi berbentuk lain ke foto. Bentuk lain dapat digunakan untuk menambahkan efek yang sama. Namun mereka akan terlihat berbeda. Anda bisa menggunakan lingkaran, persegi panjang, dan bentuk lainnya. Cukup ikuti langkah-langkahnya dan Anda akan mendapatkan foto yang sesuai dengan bentuknya.