Bagaimana mencegah Pengeditan Bookmark di Google Chrome pada Windows 11/10

Jika Anda ingin mencegah pengeditan bookmark di Google Chrome pada komputer Windows 11/10, maka posting ini sangat membantu. Setelah Anda melakukannya, Anda tidak akan dapat menambahkan bookmark baru, memodifikasi (mengedit), atau menghapus bookmark yang ada di browser Chrome. Tombol pintas dan opsi untuk menandai tab saat ini dan menandai semua tab tidak akan berfungsi. Tandai ikon tab ini juga akan hilang dari Omnibox browser Chrome. Selain itu, Anda tidak dapat mengganti nama atau menghapus folder bookmark di pengelola bookmark atau menggunakan opsi edit, hapus, potong, tambahkan halaman, dan tambahkan folder klik kanan pada browser Chrome. Semua opsi tersebut akan diklik atau dihapus dari Google Chrome.

Anda dapat terus menggunakan bookmark yang ada yang Anda simpan di browser Chrome. Satu-satunya hal adalah semua jenis modifikasi atau perubahan untuk bookmark akan dibatasi atau dinonaktifkan. Anda akan memiliki pilihan untuk membuat perubahan ini permanen atau sementara. Saat Anda ingin dan bookmark baru, menghapus dan memodifikasi bookmark, Anda dapat mengaktifkan kembali pengeditan bookmark.

Cara mencegah Pengeditan Bookmark di Google Chrome pada Windows 11/10

Berikut adalah dua fitur bawaan Windows 11/10 yang membantu mencegah pengeditan bookmark di Google Chrome:
Group Policy EditorRegistry Editor.
Sebelum melanjutkan, kami sarankan Anda membuat titik pemulihan sistem. Setelah selesai, gunakan salah satu opsi yang disebutkan di bawah ini.
1] Cegah Pengeditan Bookmark di Google Chrome pada Windows 11/10 menggunakan Editor Kebijakan Grup
Untuk menggunakan opsi ini untuk tugas ini, Anda harus mengintegrasikan Google Chrome dengan Kebijakan Grup terlebih dahulu. Setelah Anda selesai melakukannya, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:
Buka Editor Kebijakan GrupAkses folder Google ChromeAkses pengaturan Mengaktifkan atau menonaktifkan pengeditan bookmarkGunakan opsi DinonaktifkanTekan tombol OK.
Mari kita periksa semua langkah ini.

Pertama, buka Editor Kebijakan Grup Windows 11/10. Untuk melakukan ini, Anda dapat mengetik gpedit di kotak Pencarian dan tekan tombol Enter.

Ketika jendela Editor Kebijakan Grup terbuka, akses folder Google Chrome. Ini dapat dilakukan dengan menggunakan jalur berikut: Konfigurasi Komputer
> Template Administratif > Template Administratif Klasik (ADM) > Google > Google Chrome

Cari setelan Aktifkan atau nonaktifkan pengeditan bookmark di bagian kanan dan klik dua kali setelan itu untuk membuka atau mengakses itu di jendela baru.

Sekarang, pilih opsi Disabled yang ada di bagian kiri atas untuk pengaturan ini. Terakhir, klik tombol OK.

Perubahan diterapkan secara instan dan pengeditan bookmark akan dinonaktifkan untuk Google Chrome. Anda tidak perlu memulai ulang browser Chrome atau menyegarkan tab yang dibuka untuk itu.

Untuk mengaktifkan kembali pengeditan bookmark di Google Chrome, ulangi langkah di atas, dan akses Aktifkan atau nonaktifkan jendela setelan pengeditan bookmark. Kali ini, pilih opsi Not Configured dan tekan tombol OK.

Related:Cara mencegah perubahan Favorit di Microsoft Edge.
2] Nonaktifkan Editing Bookmark di Google Chrome pada Windows 11/10 menggunakan Registry Editor
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
Buka Registry Jendela editorAkses kunci KebijakanBuat kunci Registri GoogleTambahkan kunci Registri ChromeBuat EditBookmarkAktifkan nilai DWORDMulai ulang Google Chrome.
Berikut adalah penjelasan dari semua langkah ini.

Pada langkah pertama, Anda harus membuka jendela Editor Registri. Untuk melakukan itu, ketik regedit di kotak Pencarian, dan klik tombol Enter.

Access the Policies Registry key. Berikut adalah jalur untuk kunci ini:
HKEY_LOCAL_MACHINESOFTWAREPolicies

Setelah memilih kunci Kebijakan, buat kunci Registri Google. Untuk melakukannya, pertama-tama, buat kunci Registri baru, lalu ganti nama kunci baru tersebut menjadi Google.

Di bawah kunci Registri Google ini, tambahkan kunci Registri baru dengan nama Chrome.

Sekarang buka menu konteks klik kanan dari kunci Chrome, buka menu Baru, dan gunakan opsi Nilai DWORD (32-bit). Ini akan menambahkan nilai DWORD baru yang perlu Anda ganti namanya dengan EditBookmarksEnabled.

Terakhir, mulai ulang Google Chrome. Ini akan berhasil mengaktifkan pengaturan yang akan menonaktifkan opsi pengeditan bookmark Chrome.

Untuk mengaktifkan pengeditan bookmark sekali lagi di browser Chrome, Anda perlu mengakses kunci Kebijakan, lalu menghapus kunci Registri Google.

Mulai ulang browser Chrome (jika dibuka sudah) dan kemudian Anda dapat mulai mengedit bookmark Chrome Anda lagi.

Bagaimana cara mengunci Bookmark saya di Chrome?

Untuk mengunci bookmark di browser Chrome, Anda dapat mencoba beberapa ekstensi Chrome gratis. Ekstensi semacam itu memungkinkan Anda mengatur kata sandi untuk mengakses bookmark yang disimpan atau membuat daftar bookmark yang dilindungi kata sandi. Atau yang lain, Anda juga dapat mencegah pengeditan bookmark di Google Chrome jika Anda menggunakan komputer Windows 11/10. Untuk itu, Anda dapat menggunakan fitur Group Policy Editor dan/atau Registry Editor Windows 11/10. Langkah-langkah untuk menggunakan kedua fitur untuk menonaktifkan pengeditan bookmark browser Chrome dibahas dalam posting ini secara terpisah.

Bagaimana cara menghapus edit Bookmarks?

Jika Anda ingin mencegah pengeditan bookmark di browser Google Chrome, Anda dapat melakukannya di Windows 11/10 komputer menggunakan dua opsi asli. Opsi ini adalah Editor Registri dan Editor Kebijakan Grup. Setelah Anda menerapkan pengaturan terkait, opsi edit untuk bookmark akan berwarna abu-abu. Selain itu, opsi lain seperti menambahkan bookmark, menghapus folder bookmark, menghapus bookmark, dll., tidak akan berfungsi. Untuk menggunakan salah satu opsi ini, periksa posting ini yang menyertakan petunjuk langkah demi langkah untuk menonaktifkan pengeditan bookmark di Google Chrome.

Semoga bermanfaat.

Baca selanjutnya:Cara Menampilkan atau Menyembunyikan Bilah Bookmark di Google Chrome pada PC Windows.