Bagaimana mencegah pengeditan Pengaturan Cepat di komputer Windows 11

Pengaturan Cepat di Windows 11 adalah fitur bawaan yang memungkinkan Anda mengakses fitur umum dengan cepat seperti Penghemat baterai, Mode pesawat, Wi-Fi, menyalakan atau mematikan Lampu malam, Hotspot seluler, dll. Ini sangat mirip dengan Action Fitur tengah Windows 10. Anda juga dapat dengan mudah menambah atau menghapus Pengaturan Cepat kapan pun Anda mau. Tetapi, jika mau, Anda juga dapat mencegah pengeditan Pengaturan Cepat di komputer Windows 11 Anda. Setelah Anda melakukannya, Anda akan melihat semua item yang dapat ditambahkan ke Pengaturan Cepat. Namun ikon pensil atau edit yang digunakan untuk mengedit Setelan Cepat tidak akan berfungsi.

Anda dapat terus mengakses semua item yang ada di Setelan Cepat. Satu-satunya hal adalah Anda tidak akan dapat menambahkan item baru atau menghapus yang sudah ada. Jangan khawatir karena Anda juga dapat mengaktifkan pengeditan Pengaturan Cepat kapan pun diperlukan.

Mencegah pengeditan Pengaturan Cepat di komputer Windows 11

Jika Anda ingin mencegah atau menonaktifkan pengeditan Pengaturan Cepat di komputer Windows 11, Anda dapat melakukannya menggunakan dua fitur asli. Ini adalah:
Menggunakan Editor Kebijakan Grup LokalMenggunakan Editor Registri.
Mari kita periksa kedua fitur dengan panduan langkah demi langkah.
1] Cegah pengeditan Pengaturan Cepat di Windows 11 menggunakan Editor Kebijakan Grup Lokal
Berikut langkah-langkahnya:
Buka jendela Editor Kebijakan Grup LokalAkses Menu Start dan folder TaskbarAccess Disable Editing Quick SettingsPilih opsi EnabledTekan tombol ApplyTekan tombol OKRestart File Explorer atau sign out dan sign in.
Pada langkah pertama, Anda harus membuka jendela Local Group Policy Editor. Untuk ini, pertama, tekan tombol pintas Win+R untuk membuka kotak Run Command. Ketik gpedit.msc di kolom teks Run Command dan tekan tombol Enter untuk membuka jendela Local Group Policy Editor. Anda juga dapat menggunakan kotak Pencarian, aplikasi Pengaturan, atau cara lain yang disukai untuk membukanya.

Di jendela Editor Kebijakan Grup Lokal, akses folder Menu Mulai dan Bilah Tugas. Path-nya adalah:
Computer Configuration > Administrative Templates > Start Menu and Taskbar

Setelah mengakses folder ini, cari Disable Editing Quick Settings di bagian kanan. Ketika Anda telah menemukan pengaturan itu, klik dua kali padanya, dan jendela terpisahnya akan terbuka.

Di jendela itu, pilih opsi Diaktifkan yang tersedia di bagian kiri atas. Setelah Anda selesai melakukannya, tekan tombol Apply dan tombol OK untuk menutup jendela tersebut.

Setelah itu, Anda dapat menutup jendela Group Policy Editor.

Sekarang, pada langkah terakhir, Anda perlu me-restart File Explorer untuk menerapkan perubahan. Jika itu tidak berhasil, maka Anda harus keluar dari komputer Windows 11 dan masuk lagi agar berhasil menerapkan perubahan.

Setelah itu, ketika Anda akan membuka Pengaturan Cepat dan klik ikon pensil untuk mengedit Pengaturan Cepat, Anda akan perhatikan bahwa ikon pensil atau edit tidak berfungsi yang berarti pengeditan Pengaturan Cepat dinonaktifkan. Opsi yang dikonfigurasi. Setelah itu, tekan tombol Apply dan tombol OK. Terakhir, cukup keluar dan masuk lagi ke komputer Anda, dan Anda akan dapat mengedit Pengaturan Cepat lagi.
2] Nonaktifkan pengeditan Pengaturan Cepat di Windows 11 menggunakan Editor Registri. Disarankan untuk berhati-hati sebelum mencoba atau menerapkan tweak Registri. Oleh karena itu, disarankan untuk menyimpan cadangan Registry sehingga Anda dapat membatalkan perubahan yang tidak diinginkan. Jadi, setelah Registry dicadangkan, ikuti langkah-langkah ini untuk menonaktifkan pengeditan Pengaturan Cepat Windows 11:
Buka Peninjau Suntingan RegistriBuka kunci Registri WindowsBuat kunci Registri ExplorerBuat DisableEditingNilai Pengaturan CepatTambahkan 1 pada data Nilai DisableEditingQuickSettingsTekan tombol OKKeluar dan masuk ke komputer Anda .
Mari kita periksa langkah-langkah ini secara detail.

Gunakan kotak Pencarian di komputer Windows 11 Anda, ketik regedit, dan gunakan tombol Enter untuk membuka Editor Registri.

Di Editor Registri, buka kunci Registri Windows. Untuk melakukannya, gunakan jalur ini:
HKEY_LOCAL_MACHINESOFTWAREPoliciesMicrosoftWindows
Di bawah kunci Windows ini, buat kunci Registri, dan tetapkan namanya menjadi Explorer.

Di bagian kanan kunci Explorer, buat nilai DWORD DisableEditingQuickSettings. Untuk membuatnya, klik kanan pada area kosong, akses menu Baru, dan gunakan opsi Nilai DWORD (32-bit). Ketika nilai baru dibuat, atur namanya menjadi DisableEditingQuickSettings.

Sekarang saatnya untuk mengatur data nilai nilai DWORD ini. Untuk melakukannya, klik dua kali nilai DisableEditingQuickSettings. Ini akan membuka kotak kecil. Tambahkan 1 di bidang Data nilai yang ada di kotak itu, dan tekan tombol OK.

Akhirnya, keluar dan masuk ke komputer Windows 11 Anda untuk menambahkan perubahan. Ini akan menonaktifkan pengeditan Pengaturan Cepat Windows 11.

Untuk mengaktifkan atau mengaktifkan pengeditan Pengaturan Cepat, cukup ikuti langkah-langkah di atas, dan hapus nilai DWORD DisableEditingQuickSettings. Sekarang keluar atau keluar dari komputer Anda dan masuk lagi dan Anda dapat mulai mengedit Pengaturan Cepat sekali lagi.

Terkait: Pengaturan Cepat Windows 11 tidak berfungsi

Di mana panel Pengaturan Cepat di Windows 11?

Panel Pengaturan Cepat dapat diakses dari bawah sudut kanan (tepat sebelum jam sistem) baki sistem Windows 11 Anda ada di bilah tugas. Anda dapat mengklik ikon Wi-Fi, Volume, atau Baterai untuk membuka panel Pengaturan Cepat. Setelah Anda mengakses panel Pengaturan Cepat, Anda dapat mengakses fitur yang biasa digunakan seperti menyalakan Wi-Fi, Lampu malam, Aksesibilitas, Bluetooth, dll. Anda juga dapat menambahkan atau menghapus item dari panel Pengaturan Cepat dengan mudah.

Bagaimana cara mengaktifkan Cepat Pengaturan di Windows 11?

Secara default, fitur Pengaturan Cepat tetap diaktifkan di Windows 11. Namun, jika karena alasan tertentu, Pengaturan Cepat Windows 11 Anda tidak berfungsi, maka Anda dapat mencoba beberapa perbaikan untuk menyelesaikan masalah Anda. Anda dapat mencoba perbaikan seperti:
Update WindowsTroubleshoot di Clean Boot StateSet pengaturan Access Center ke Not Configured using the Local Group Policy EditorRun SFC scan, etc.
Baca selanjutnya:Ikon Bluetooth hilang pada panel Pengaturan Cepat di Windows 11.