Bagaimana mengizinkan pengguna Standar untuk Menjalankan Program dengan hak Admin

Pengguna
Standard tidak dapat menjalankan program dengan hak admin. Semua program yang berjalan di komputer Windows harus dapat mengakses hak administratif, dan sayangnya, pengguna Standar tidak memiliki hak administratif secara default. Mungkin ada kasus di mana pengguna standar mungkin sering membutuhkan hak admin. Dalam hal ini, perlu ada pengaturan permanen yang memungkinkan pengguna standar untuk menjalankan program dengan hak admin.

Kapan pengguna Standar memerlukan hak admin?

Bila Anda pengguna Windows standar, Anda memerlukan hak admin untuk melakukan banyak hal dasar tugas, seperti menginstal perangkat lunak baru, mengakses registri atau kebijakan grup, dll. Jadi, jika Anda ingin menjalankan beberapa program di Windows, hak admin tidak diperlukan; namun, jika Anda akan menggunakan komputer untuk tugas admin, Anda mungkin tidak menginginkan hak admin.

Cara mengizinkan pengguna Standar untuk Menjalankan Program dengan hak Admin

Pengaturan keamanan pada PC Windows sering kali memiliki hak admin yang diaktifkan secara default. Masuk akal karena sebagian besar pengguna normal tidak memerlukan hak admin. Namun, banyak pengguna Windows standar akan menemukan masalah ini, karena langkah-langkah di bawah ini akan menunjukkan cara memperbaiki masalah.

Berikut adalah daftar metode yang dapat Anda gunakan untuk mengizinkan pengguna standar menjalankan program dengan hak admin:
 Gunakan Run Sebagai Opsi AdministratorGunakan Penjadwal TugasGunakan Pintasan Masing-masing metode ini dijelaskan di bawah ini.
Gunakan yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.
1] Gunakan Opsi Jalankan Sebagai Administrator

Jika Anda memiliki program yang perlu dijalankan dengan hak administrator, Anda dapat menggunakan opsi Opsi “Jalankan Sebagai Administrator”. Untuk melakukan ini, klik kanan pada ikon program dan pilih Run As Administrator. Anda kemudian akan diminta untuk memasukkan kata sandi administrator. Setelah Anda melakukannya, program akan berjalan dengan administrator.

Meskipun ini adalah cara termudah, itu juga berarti bahwa pengguna harus mengetahui PIN atau kata sandi akun admin. Ini tidak akan ideal sebagian besar waktu kecuali jika admin dapat cukup mempercayai pengguna sehingga mereka tidak menyalahgunakannya.
2] Gunakan Penjadwal Tugasbsp

Jika Anda perlu menjalankan program di latar belakang atau pada waktu tertentu untuk pengguna standar dengan hak admin, lalu ikuti langkah-langkah berikut:
Pertama, pengguna harus membuka Penjadwal Tugas dengan membuka Start Menu dan mencari Penjadwal Tugas. Setelah di Penjadwal Tugas, pengguna harus mengklik Buat Tugas di panel sebelah kanan. jendela akan terbuka berjudul Buat Tugas. Di sini beri nama tugas dan atur untuk dijalankan apakah pengguna masuk atau tidak. Mereka juga harus mencentang kotak Jalankan dengan hak istimewa tertinggi. Klik Ubah Pengguna atau Grup dan pilih akun pengguna yang ingin Anda jalankan tugas. Di bawah tab Pemicu, pengguna harus mengklik Baru dan mengatur tugas untuk dijalankan pada waktu tertentu atau interval.Pastikan untuk mengisi rincian lainnya, sehingga tugas berjalan seperti yang diharapkan.
Ini harus dibuat oleh pengguna admin dan memungkinkan kami untuk berjalan di akun pengguna standar.
3] Gunakan solusi permanen Shortcut
A adalah jika Anda dapat menjalankan program tanpa menyiapkan tugas atau tanpa mengetahui kata sandinya. Solusi untuk ini adalah akun admin yang dapat membuat pintasan untuk pengguna standar, yang, ketika diklik, meluncurkan program dengan hak istimewa tertinggi.

Ikuti langkah-langkah ini untuk mengatur pintasan menggunakan perintah RunAs. Ini memungkinkan apa pun berjalan dengan hak istimewa akun lain. Ini adalah celah karena /savecred switch dapat menyimpan kata sandi saat pertama kali Anda menjalankannya. Posting itu, itu tidak akan meminta apa pun.
Tekan tombol Windows + R pada akun admin untuk membuka kotak dialog Run.Buka menu Start dan cari program yang ingin Anda buat pintasannya.Klik kanan pada program dan pilih Buat pintasan. Klik kanan pada pintasan yang baru dibuat dan pilih Properti. Pada tab Pintasan, cari bidang Target dan tambahkan berikut ini di awal exe location.runas /user:ComputerNameUsername /savecredJalur terakhir akan terlihat seperti inirunas /user:PCNAMEAdministrator /savecred Program.exeUbah nama komputer dan nama pengguna yang sesuai.
Simpan. Melakukan ini akan meminta Anda untuk memasukkan kredensial admin satu kali, dan setelah dimasukkan, kredensial disimpan di manajer Kredensial Windows dan tidak perlu dimasukkan lagi. Aplikasi akan berjalan lebih tinggi setiap kali.

Pengguna standar sekarang dapat meluncurkan program dengan hak admin dengan mengklik dua kali pintasan. Meskipun ini akan bekerja dengan baik dengan akun Microsoft, yang terbaik adalah menggunakan akun admin lokal untuk ini.

Apa itu Perintah Runas?

Ini adalah perintah untuk membuka program apa pun dengan akun pengguna lain. Saat digunakan dengan /savecred, ini menunjukkan apakah pengguna ini sebelumnya telah menyimpan kredensial. Sehingga dapat meluncurkan program dengan akun admin juga.

Cara membuat Program selalu Run as Administrator di Windows?

Untuk membuat Program Run as Administrator di Windows 11/10:
Kanan ikon program atau pintasan aplikasiBuka kotak Properties .Klik tab Kompatibilitas.Di sini, pilih kotak Jalankan program ini sebagai administrator.Klik Terapkan > OK. Ini akan menerapkan setelan hanya untuk pengguna saat ini. Namun jika Anda ingin menerapkan setelan `selalu Jalankan sebagai Administrator` ke semua pengguna, klik Ubah setelan untuk semua pengguna. Ini akan membuka kotak dialog lain. Sekali lagi pilih kotak centang Jalankan program ini sebagai administrator.Klik Terapkan / OK.
Baca selanjutnya: RunAsTool memungkinkan Anda menjalankan Program sebagai Administrator tanpa kata sandi.