Bagaimana menyesuaikan Ruang Kerja Illustrator

Dalam posting ini, kami akan menunjukkan cara menyesuaikan ruang kerja di Adobe Illustrator. Adobe Illustrator adalah salah satu perangkat lunak desain grafis teratas, banyak orang menggunakannya untuk penggunaan pribadi dan profesional. Mereka mungkin menghabiskan berjam-jam mendesain setiap hari, terutama jika mereka menggunakan Illustrator secara profesional. Ini berarti bahwa mereka harus merasa nyaman menggunakannya selama berjam-jam. Seperti yang Anda duga, Illustrator memungkinkan untuk kustomisasi.

Cara menyesuaikan Ruang Kerja Illustrator

Kemampuan untuk menyesuaikan berarti Anda akan dapat memperbaiki hal-hal sesuai keinginan Anda, Adobe memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan ruang kerja sesuai keinginan mereka. Ada delapan ruang kerja preset, tergantung pada versi Illustrator. Anda dapat memilih untuk membangun ruang kerja Anda dari awal, atau membangun di atas fondasi salah satu dari delapan preset yang tersedia, lalu menyimpan perubahan sebagai milik Anda. Mari kita lihat area berikut:
Default WorkspacesMenghapus jendelaMenambahkan jendelaMenyimpan jendelaMenyimpan WorkspaceResetting WorkspaceArrange Menu Bar1] Default Workspace

Illustrator memiliki delapan Workspace default yang dapat Anda gunakan untuk pekerjaan Anda. Daftar dropdown ruang kerja terletak tepat di samping tombol perkecil di kanan atas jendela. Ruang kerja default adalah Automation, Essentials, Layout, Painting, Paintingand Proofing, Tracing, Typography, dan Web. Untuk melihat Ruang Kerja default atau ruang kerja khusus Anda, cukup klik panah tarik-turun dan lihat daftarnya.

Menyesuaikan Ruang Kerja dilakukan dengan membangun ruang kerja default yang ada. Periksa ruang kerja yang ada dan pilih yang paling dekat dengan apa yang Anda inginkan untuk tujuan Anda, lalu sesuaikan. Anda dapat membuat beberapa ruang kerja untuk tugas yang berbeda. Pikirkan alat dan jendela yang paling sering Anda gunakan dan bangun ruang kerja Anda dengannya. Ruang kerja unik Anda akan membantu menghemat waktu karena akan mengurangi kekacauan dengan alat yang tidak Anda gunakan.

Perhatikan bahwa pengaturan jendela, bilah alat, dan bilah menu tidak tetap, Anda memiliki opsi untuk menempatkannya di mana pun.
2 ] Hapus windows
Lihat panel kiri dengan jendela dan lihat jendela apa yang ingin Anda hapus. Untuk menghapus jendela, klik dan tahan bagian atasnya dan seret ke area kerja, Anda dapat mengklik “x” kecil untuk menutup. Anda juga dapat masuk ke Windows dan kemudian hapus centang jendela itu jika ada di sana.
3] Menambahkan windows
Untuk menambahkan jendela yang Anda inginkan, buka menu Windows di bagian atas dan pilih jendela. Beberapa jendela memiliki lampiran tambahan, Anda mungkin tidak menginginkan semua lampiran sehingga Anda dapat menariknya keluar dan menutupnya. Anda dapat memilih di mana Anda ingin meletakkan jendela.

Anda dapat memilih untuk mengelompokkan jendela dengan menyeretnya satu sama lain untuk membentuk tab.

Berikut adalah jendela dasar yang akan digunakan siapa pun sehingga Anda dapat menambahkannya dari menu Windows di bagian atas.
ColorSwatchesCharacter (ditemukan di Submenu Type)AlignPathfinderStrokeLayersArtboards 4] Mengatur windows
Jika Anda telah memilih jendela yang ingin digunakan, Anda sekarang perlu mengaturnya agar sesuai dengan gaya Anda. Jika Anda ingin mengelompokkan jendela, Anda menggambar satu di atas yang lain sampai ada garis biru, dan itu akan membentuk tab. Semakin banyak jendela dalam grup, semakin banyak tab yang akan ada di sana. Cobalah untuk tidak menambahkan terlalu banyak jendela yang akan mengacaukan ruang kerja.

Anda dapat menambahkan lebih banyak jendela ke sisi kiri dan membiarkannya runtuh sehingga hanya terlihat saat Anda menariknya keluar. Untuk membuatnya dapat dilipat, tahan jendela dan seret ke sisi kiri jendela hingga muncul garis biru vertikal, lalu lepaskan, dan Anda akan melihat ikon untuk jendela tersebut. Untuk melihat jendela cukup klik ikonnya dan itu akan meluas. Anda dapat menggunakan metode ini untuk menyembunyikan jendela yang tidak akan sering Anda gunakan.

Anda dapat menempatkan bilah menu di bagian bawah ruang kerja jika Anda mau. Untuk memindahkan bilah menu ke bagian bawah ruang kerja, klik Menu Hamburger di ujung kanan bilah menu, lalu pilih Dock to Bottom.
5] Menyimpan Ruang Kerja
Ketika tampilan dan nuansa ruang kerja sesuai dengan preferensi Anda, kini Anda dapat menyimpannya.

Untuk menyimpan workspace masuk ke Workspace kemudian New Workspace.

A akan muncul dialog untuk anda beri nama workspace. Beri nama yang unik. ingat bahwa Anda dapat menyimpan ruang kerja sebanyak yang Anda suka.
6] Menyetel Ulang Ruang Kerja
Untuk membangun ruang kerja khusus Anda, Anda menggunakan ruang kerja default sebagai fondasinya.

Jika Anda ingin kembali ke pengaturan default, cukup buka menu ruang kerja dan klik Setel ulang “nama ruang kerja”, ini membantu jika Anda ingin kembali ke default jika terjadi kesalahan. Jika Anda membangun di Essential Workspace maka Anda akan mengklik Reset Essential.
7] Atur Toolbar
Toolbar terletak di sebelah kiri Workspace. Toolbar terdiri dari alat-alat seperti Pen Tool, dan Scissors. Kuas, Penghapus, dan banyak lagi. Anda membuat toolbar kustom dengan masuk ke Window, Toolbar, New Toolbar. Anda kemudian dapat memberi nama toolbar. Setelah penamaan toolbar Anda akan memiliki toolbar kosong. Klik tiga titik di bagian bawah bilah alat. Anda akan memiliki daftar alat yang dapat masuk ke bilah alat, lalu klik dan seret alat yang Anda inginkan ke bilah alat.

Baca: Perbaiki Bilah Menu yang Hilang di Illustrator

Mengapa Menyesuaikan ruang kerja di Illustrator itu baik?

Tidak semua akan berfungsi sama dan dengan alat yang sama. Mampu menyesuaikan ruang kerja akan memberi setiap orang alat yang akan membuat mereka nyaman. Memiliki terlalu banyak alat dan jendela di ruang kerja dapat menyebabkan kekacauan dan hilangnya waktu kerja yang berharga untuk mencari alat dan jendela.

Mengapa Ada Begitu Banyak Ruang Kerja Default di Illustrator

Setiap ruang kerja default berisi kombinasi jendela yang berbeda. Berdasarkan untuk apa ruang kerja dibuat, beberapa jendela mungkin ada dan beberapa tidak ada. Ruang kerja default akan berfungsi sebagai templat untuk templat khusus untuk menyempurnakan ruang kerja sesuai keinginan Anda.

Dapatkah Saya Menyimpan Banyak Ruang Kerja di ilustrator?

Dimungkinkan untuk menyimpan banyak ruang kerja di Illustrator. Mungkin ada ruang kerja yang dibuat untuk berbagai proyek. Anda dapat beralih di antara setiap ruang kerja dengan membuka menu ruang kerja di bagian atas jendela.