Berapa lama rata-rata PC Windows bertahan?

Hidup tanpa komputer sulit hari ini karena mereka telah menjadi bagian integral dari kehidupan kita. Di zaman sekarang ini, seseorang tidak mungkin berpikir untuk melakukan tugas-tugas mereka tanpa sistem yang baik. Sekarang, beberapa pertanyaan mungkin muncul di benak Anda ketika membeli sebuah sistem, berapa lama rata-rata PC Windows bertahan, kapan saya harus membeli yang baru, tanda-tanda apa yang ditunjukkan komputer saat berada di puncak masa pakainya? Dalam artikel ini, kita akan menjawab semua pertanyaan itu.

Berapa tahun rata-rata PC Windows bertahan?

Tidak mungkin memberikan angka akurat untuk masa pakai komputer karena ada berbagai hal yang terlibat. Hal-hal seperti CPU, GPU, Memori memainkan peran besar dalam membuat sistem Anda bertahan lebih lama. Tapi mereka bukan satu-satunya faktor, apa yang Anda lakukan dengan komputer Anda, berapa banyak daya yang dikonsumsi, manajemen baterai, dll tidak boleh diabaikan. Anda juga perlu mengetahui hal-hal yang dapat merusak Komputer Anda dan memperpendek umurnya.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Umur PC atau Laptop Windows

Berikut ini adalah faktor-faktor yang dapat mempengaruhi umur komputer Anda.
Konfigurasi sistemBagaimana cara Anda menggunakan sistemApakah Anda membersihkan PC Anda? Virus dan malwareAplikasi yang terlalu panas Tegangan Fluktuasi
Sekarang, mari kita lihat lebih dekat hal-hal yang berkontribusi untuk menentukan berapa lama komputer Anda akan bertahan.
1] Konfigurasi sistem Kebanyakan dari kita saat membeli komputer memeriksa konfigurasi perangkat kerasnya. Yah, itu karena suatu alasan. Anda tahu, komputer yang kuat tidak hanya akan bekerja dengan baik, tetapi juga akan bertahan lama. Jadi, komputer Anda tidak akan melambat jika Anda menggunakan sistem yang kuat. Juga, beberapa bagian seperti RAM, Hard Disk dapat mengalami malfungsi seiring waktu. Jika Anda tidak ingin mengganti seluruh komputer, Anda dapat mengganti bagian-bagian ini. Tetapi pastikan untuk tidak menggunakan komponen yang terlalu kuat karena dapat menyebabkan masalah pada motherboard Anda.
2] Bagaimana Anda menggunakan sistem Anda

Cara Anda menggunakan komputer Anda sangat penting dalam menentukan umur panjangnya. Sistem yang digunakan untuk tugas-tugas ringan seperti browsing, menonton video (pada resolusi sedang) akan bertahan lebih lama daripada yang Anda gunakan untuk bermain game intensif, melakukan pemrograman, dan menambang beberapa cryptos.

Sangat penting untuk memeriksa kinerja komputer Anda, aplikasi mana yang menggunakan CPU lebih banyak, aplikasi mana yang memakan memori Anda. Pada PC Windows, Anda dapat menggunakan Pengelola Tugas untuk melacak kinerja komputer Anda.

Baca: Apakah OK atau Buruk untuk meletakkan PC desktop di lantai?
3] Apakah Anda membersihkan PC?
Sangat penting untuk merawatnya dengan baik komputer Anda. Jika debu menumpuk di kipas komputer Anda, prosesor, GPU, dll, kemungkinan kinerjanya akan menurun. Itulah mengapa disarankan untuk membersihkan PC Anda dari dalam ke luar setiap 12 bulan.
4] Virus dan malware
Virus dan malware memiliki nama buruk di komunitas teknologi karena suatu alasan. Kita semua cenderung memiliki antivirus atau mengkonfigurasi Windows Firewall untuk menghentikannya, tetapi mereka masih menyelinap masuk dan menyebabkan masalah. Jika Anda ingin menggunakan komputer Anda untuk waktu yang lama, jangan mengunduh apa pun dari sumber yang tidak dapat diandalkan, jangan membuka lampiran dari yang tidak dikenal, atau berhenti memasang USB tanpa mengonfirmasi keasliannya.
5] Aplikasi yang terlalu panas
Last but not least, kami ingin memperingatkan Anda tentang aplikasi yang dapat membuat komputer Anda terlalu panas. Sebagian besar game grafis intensif, perangkat lunak pengedit video dan foto, dan beberapa aplikasi intensif lainnya tidak dapat membuat komputer Anda merangkak, tetapi juga akan membuat komputer Anda terlalu panas sehingga komponennya akan mati.
6] Voltage Fluctuation
Lonjakan voltase instan dapat terlalu panas prosesor, karenanya, mengurangi umur panjang komputer Anda. Yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan stabilizer. Ini adalah perangkat yang akan menambah lebih banyak tegangan saat rendah, dan menurunkan tegangan output jika tegangan input tinggi, memastikan bahwa komputer Anda mengalami aliran tegangan konstan.

Ini adalah faktor yang menentukan berapa lama komputer Anda akan bertahan .

Berapa masa pakai komputer desktop?

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ada banyak faktor yang menentukan masa pakai komputer. Dengan mempertimbangkan semua faktor tersebut, kami dapat mengatakan bahwa komputer desktop rata-rata akan bertahan antara 4 hingga 5 tahun, dengan mudah. Namun, jika Anda menjaga komputer Anda dengan baik, dan terus mengganti komponen yang rentan, Anda dapat menambahkan beberapa tahun tambahan.

Berapa lama Laptop saya akan bertahan?

Faktor-faktor yang mempengaruhi desktop, akan mempengaruhi laptop Anda juga. Namun, telah dicatat bahwa karena Laptop itu kompak, mereka cenderung bertahan sedikit lebih pendek daripada desktop yang besar dan lapang. Namun, Laptop rata-rata dengan prosesor yang layak akan bertahan 3-4 tahun tanpa kerumitan. Anda harus mengetahui cara meningkatkan Umur Laptop.

Baca Juga: Laptop vs Desktop – Mana yang lebih baik? Perbedaan dibahas 

Kapan Anda harus mengganti komputer?

Komputer Anda mulai memberikan tanda-tanda bahwa komputer Anda sudah cukup berfungsi. Jika Anda memikirkannya, tanda-tanda ini tidak terlalu sulit untuk diuraikan. Berikut ini adalah tanda-tanda yang menunjukkan bahwa sudah waktunya Anda mendapatkan komputer baru.
Komputer Anda mulai melambatPerangkat Lunak KedaluwarsaKomputer Anda terlalu beratMengganti biaya kurang dari MemperbaikiKomponen tidak dapat ditemukan.
Mari kita bicarakan secara detail.
1] Komputer Anda mulai melambat
Jika komputer Anda bekerja lambat, aplikasi membutuhkan waktu terlalu lama untuk diluncurkan, video membutuhkan waktu lebih dari cukup untuk dirender, dan sistem melambat secara umum, Anda mungkin perlu membeli komputer baru. Untuk memperpanjang masa pakainya, Anda harus membiasakan untuk menyetel Windows untuk meningkatkan kinerja Windows 11.

Baca:
Cara mempercepat Windows dan membuatnya berjalan Mulai, Jalankan, Matikan lebih cepat Windows Registry tweak untuk meningkatkan Kinerja dan Pengalaman2] Kedaluwarsa Software
Jika Anda menjalankan Windows versi lama atau jika sistem Anda tidak mendapatkan pembaruan keamanan, mungkin spesifikasi komputer Anda tidak didukung lagi. Dan, menggunakan PC atau OS yang tidak didukung bukanlah ide yang baik.
3] Komputer Anda terlalu berat
Waktu untuk laptop dan desktop yang besar dan tebal untuk digunakan karena harus diganti dan yang lebih ringan dan lebih ramping. Saat ini, Anda tidak akan menemukan keburukan di industri laptop karena komponennya lebih kecil dan lebih efisien dari sebelumnya. Ini adalah hal yang baik karena sekarang, Anda tidak perlu mengunjungi dokter setiap kali membawa laptop. Ini juga berarti bahwa sudah waktunya Anda mendapatkan perangkat baru.

Baca: Meningkatkan kecepatan Hard Drive & Meningkatkan kinerja
4] Mengganti biaya lebih murah daripada Memperbaiki
Jika komputer Anda tidak berfungsi dan jumlah yang diperlukan untuk memperbaikinya lebih mahal daripada biaya komputer kelas bawah, maka ini berarti Anda akan lebih baik mendapatkan yang baru.
5] Komponen tidak dapat ditemukan di mana pun
Jika komponen sistem Anda tidak ada di pasaran, maka kita dapat mengatakan bahwa komputer Anda terlalu tua untuk zaman modern dan age.

Jika komputer Anda menunjukkan tanda-tanda tersebut maka Anda harus keluar dan membeli PC baru.

Baca juga: Bagaimana membuat PC lama Anda tampil seperti baru lagi 

Bisakah PC bertahan 10 tahun?

Ya, PC itu hanya akumulasi kaca, logam, plastik, semikonduktor, dll. Jadi, ya, mereka akan bertahan selama satu dekade. Anda harus tahu bahwa komputer tidak hanya secara acak memutuskan bahwa itu tidak akan menyala lagi, melainkan mulai menunjukkan tanda-tanda dan menjadi sangat lambat sehingga mulai menghambat produktivitas Anda. Saat itulah Anda harus membeli komputer.

Sekarang baca: Tanda peringatan bahwa PC Anda akan mogok atau mati.