BlueStacks terus macet atau macet di PC Windows

Apakah BlueStacks terus mogok atau macet di PC Windows Anda? Berikut adalah panduan lengkap tentang bagaimana Anda dapat memperbaiki masalah crash dan pembekuan BlueStacks pada Windows 11/10.

BlueStacks adalah salah satu emulator android paling populer untuk Windows. Ini memungkinkan Anda untuk menjalankan game dan aplikasi Android di PC Windows. Namun, banyak pengguna BlueStacks mengeluh bahwa aplikasi terus mogok di PC mereka. Sementara untuk beberapa pengguna, aplikasi mogok di tengah jalan, beberapa pengguna mengalami crash saat startup. Banyak pengguna bahkan mengeluh bahwa aplikasi macet di tengah yang membuatnya tidak dapat digunakan. Sekarang, masalah ini dapat disebabkan karena beberapa alasan. Mari kita periksa alasan berikut.

Mengapa BlueStacks terus mogok atau macet di PC?

Berikut adalah kemungkinan penyebab BlueStacks terus mogok atau macet di PC Windows:
Jika pengaturan BlueStacks salah dikonfigurasi, Anda mungkin mengalami masalah yang dihadapi. Oleh karena itu, atur pengaturan aplikasi termasuk pengaturan Performa dan Grafik BlueStacks untuk memperbaiki masalah. Driver tampilan yang kedaluwarsa cenderung menyebabkan masalah kinerja dengan BlueStacks. Jadi, Anda perlu memastikan bahwa driver grafis Anda mutakhir dan Anda menggunakan versi terbarunya. Jika ada terlalu banyak program yang berjalan di sistem Anda, BlueStacks mungkin macet atau macet atau lag karena memerlukan jumlah RAM yang baik. . Oleh karena itu, jika skenarionya berlaku, Anda dapat menutup semua aplikasi latar belakang untuk mengosongkan sebagian RAM dan memperbaiki masalah yang ada. Hyper-V menyebabkan masalah dengan BlueStacks dan jika diaktifkan, aplikasi tersebut bahkan mungkin tidak terbuka. Jadi, nonaktifkan Hyper-V menggunakan Control Panel, PowerShell, atau Command Prompt dan lihat apakah masalahnya telah teratasi. Jika file instalasi BlueStacks rusak, BlueStacks tidak akan berfungsi dengan baik di sistem Anda dan kemungkinan akan macet atau macet . Dalam hal ini, Anda dapat menghapus dan menginstal ulang BlueStacks untuk memperbaiki masalah.
Berdasarkan skenario di atas, Anda dapat menerapkan perbaikan yang sesuai. Namun, sebelum menggunakan solusi, periksa persyaratan sistem yang disarankan untuk menjalankan BlueStacks dan lihat apakah PC Anda memenuhinya atau tidak.

Persyaratan Sistem yang Direkomendasikan untuk BlueStacks:
OS: Windows 10 dan di atasnyaProsesor: Prosesor Intel atau AMD Multi-Core dengan skor benchmark Utas Tunggal > 1000Grafik: Intel/Nvidia/ATI, GPU Onboard atau Diskrit dengan skor benchmark >= 750RAM: 8GB atau lebih tinggiPenyimpanan: SSD (atau Fusion/Hybrid Drives)Internet: Koneksi broadband. Catatan tambahan: Anda harus menjadi administrator di PC Anda, Buat yakin Virtualisasi diaktifkan di sistem Anda.
BlueStacks terus macet atau macet di Windows PC

Berikut adalah perbaikan yang dapat Anda gunakan jika BlueStacks terus macet atau macet di PC Windows 11/10 Anda:
Modifikasi konfigurasi BlueStacks.Perbarui driver GPU.Hentikan program yang tidak penting. Nonaktifkan antivirus Anda.Aktifkan Virtualisasi di BIOS.Nonaktifkan Hyper-V.Update/ Instal Ulang BlueStacks.Lakukan pemulihan sistem.1] Ubah konfigurasi BlueStacks

Anda dapat coba sesuaikan pengaturan BlueStacks Anda untuk memperbaiki kerusakan. BlueStacks membutuhkan komputer kelas atas karena merupakan aplikasi berorientasi grafis. Namun, jika terus macet atau macet bahkan pada PC kelas atas, ada kemungkinan besar bahwa tidak cukup RAM dan inti CPU yang dialokasikan untuk program tersebut. Oleh karena itu, jika skenarionya berlaku, Anda dapat memodifikasi konfigurasi BlueStacks Anda. Inilah cara Anda melakukannya:
Pertama, buka aplikasi BlueStacks dan tekan tombol roda gigi untuk membuka jendela Pengaturannya. Anda juga dapat menekan tombol pintas Ctrl + Shift + I untuk membuka pengaturan. Sekarang, di jendela Pengaturan, buka tab Kinerja. Selanjutnya, di bawah opsi alokasi CPU, pilih Tinggi (4 core), atur alokasi Memori ke Tinggi (4GB), dan pilih High Performance for Performance mode. Setelah itu, pindah ke tab Graphics dan ubah pengaturan sebagai berikut:Graphics Engine: PerformanceGraphics Renderer: OpenGLInterface Renderer: OpenGLGPU Settings: Prefer dedicated graphics (NVIDIA only)ASTC: Hardware decodingASTC tekstur (Beta): Penguraian kode perangkat lunak Terakhir, klik tombol Simpan perubahan untuk menerapkan pengaturan baru.
Anda sekarang dapat menggunakan BlueStacks dan melihat apakah masih macet atau macet. Jika ya, Anda dapat melanjutkan ke perbaikan potensial berikutnya untuk menyelesaikan masalah yang ada.

Baca:BlueStacks macet saat Memulai layar Engine.
2] Perbarui driver GPU
Karena BlueStacks adalah aplikasi berorientasi grafis, Anda harus memilikinya tanggal dan bersihkan driver grafis dan tampilan. Driver GPU yang kedaluwarsa dan rusak kemungkinan akan menyebabkan BlueStacks macet atau macet. Oleh karena itu, jika skenarionya berlaku, perbarui driver grafis Anda ke versi terbaru dan kemudian coba gunakan BlueStacks untuk melihat apakah masalah masih berlanjut.

Cara termudah untuk menginstal pembaruan driver grafis pada Windows 11/10 adalah dengan menggunakan aplikasi Pengaturan. Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memperbarui driver GPU:
Pertama, tekan tombol pintas Windows + I untuk meluncurkan aplikasi Pengaturan Anda. Sekarang, klik pada tab Pembaruan Windows dan ketuk opsi Lanjutan > Opsi Pembaruan Opsional. Selanjutnya, Anda akan dapat untuk melihat semua pembaruan opsional termasuk pembaruan driver perangkat. Anda dapat mengunduh dan menginstal semua pembaruan driver perangkat yang tertunda. Setelah selesai, reboot PC Anda dan periksa apakah Bluestacks masih macet / macet atau tidak.
Ada beberapa metode lain yang dapat digunakan untuk memperbarui driver GPU. Anda dapat mengunjungi situs resmi produsen perangkat seperti Intel, NVIDIA, atau AMD. Kemudian, cari driver grafis Anda dan unduh penginstal terbaru untuk driver Anda. Setelah selesai, jalankan penginstal dan ikuti petunjuk yang diminta untuk menyelesaikan penginstalan driver.

Anda juga dapat mengunduh dan menginstal perangkat lunak pembaruan driver pihak ketiga gratis seperti Penginstal Driver Winzip, IObit Driver Booster Free, dll. Perangkat lunak ini membantu Anda memperbarui semua secara otomatis driver perangkat Anda yang kedaluwarsa. Jadi, ini mudah dan nyaman.

Jika masalah masih berlanjut dengan driver grafis terbaru, mungkin ada beberapa alasan mendasar lain yang menyebabkan BlueStacks macet atau macet. Oleh karena itu, lanjutkan ke perbaikan potensial berikutnya untuk menyelesaikan masalah.

Lihat:BlueStacks macet di layar Inisialisasi pada Windows 11/10.
3] Mengakhiri program yang tidak penting
BlueStacks membutuhkan banyak RAM dan sumber daya sistem lainnya. Jika Anda memiliki terlalu banyak aplikasi yang dibuka dan berjalan di latar belakang, kemungkinan akan menurunkan kinerja BlueStacks dan menyebabkannya macet atau lamban dan menjadi tidak dapat digunakan. Oleh karena itu, jika skenarionya berlaku, tutup semua program yang tidak penting lalu lihat apakah masalahnya telah teratasi.

Untuk melakukannya, Anda dapat membuka Pengelola Tugas menggunakan tombol pintas Ctrl+Shift+Esc. Sekarang, dari tab Processes, pilih proses yang sedang berjalan dan kemudian tekan tombol End task untuk menutup program yang bersangkutan. Ulangi proses ini untuk semua aplikasi lain yang tidak digunakan yang berjalan di latar belakang. Setelah selesai, buka kembali BlueStacks untuk memeriksa apakah aplikasi berjalan tanpa crash atau freeze.

Jika masalah masih berlanjut, kami memiliki beberapa perbaikan lagi yang dapat Anda gunakan untuk mengatasinya. Jadi, lanjutkan ke solusi berikutnya.

Baca:Snapchat tidak berfungsi di BlueStacks Emulator di Windows 11/10.
4] Nonaktifkan antivirus
Anda Hal berikutnya yang dapat Anda coba adalah menonaktifkan antivirus Anda untuk memperbaiki masalah. Ada kemungkinan bahwa paket antivirus pihak ketiga Anda (Avast, Bitdefender, Norton, Malwarebytes, dll.) mengganggu aplikasi BlueStacks dan memengaruhi kerjanya. Akibatnya, BlueStacks terus mogok dan membeku. Jadi, jika skenarionya berlaku untuk Anda, menonaktifkan antivirus Anda akan memperbaiki masalah untuk Anda.

Terkadang, menonaktifkan antivirus mungkin tidak berfungsi. Oleh karena itu, Anda perlu menghapus instalan perangkat lunak antivirus untuk sementara waktu. Cukup buka aplikasi Pengaturan menggunakan Win+I dan buka Aplikasi > Aplikasi yang diinstal. Selanjutnya, pilih aplikasi antivirus Anda dan klik tombol menu tiga titik. Setelah itu, klik opsi Uninstall dan ikuti petunjuk di layar untuk menghapusnya. Setelah selesai, reboot PC Anda dan jalankan BlueStacks untuk memeriksa apakah masih macet atau macet.

Jika Anda masih menghadapi masalah yang sama, lanjutkan dan gunakan perbaikan potensial berikutnya.

TERKAIT:Bagaimana cara mempercepat BlueStacks untuk emulasi Android yang lebih cepat?
5] Putar tentang Virtualisasi di BIOS
Anda dapat mencoba mengaktifkan Virtualisasi di pengaturan BIOS Anda untuk membuat PC Anda berjalan lebih cepat. Ini mungkin memperbaiki kerusakan BlueStacks dan masalah kinerja lainnya. Untuk memeriksa apakah Virtualisasi diaktifkan atau tidak, buka Task Manager dengan menekan Ctrl+Shift+Esc. Dan kemudian, buka tab Performance, dan di bawah bagian CPU, periksa opsi Virtualization dan lihat apakah itu Diaktifkan atau Dinonaktifkan. Jika dinonaktifkan, Anda dapat mengaktifkan Virtualisasi melalui pengaturan BIOS. Jika ini tidak membantu, lanjutkan ke perbaikan potensial berikutnya untuk menyelesaikan masalah di tangan.
6] Nonaktifkan Hyper-V
Hyper-V diketahui menyebabkan masalah dengan emulator android untuk PC termasuk BlueStacks. Ada juga laporan di mana pengguna mengeluh karena BlueStacks tidak dapat dimulai ketika Hyper-V diaktifkan kesalahan. Jadi, nonaktifkan Hyper-V dan reboot PC Anda untuk memeriksa apakah masalahnya masih ada. Berikut cara melakukannya:
Pertama, luncurkan Command Prompt sebagai administrator. Sekarang, masukkan perintah di bawah ini: bcdedit / set hypervisorlaunchtype off Setelah selesai, restart PC Anda dan luncurkan BlueStacks untuk memeriksa apakah masalah telah teratasi.
Ada cara lain untuk menonaktifkan Hyper -V di Windows termasuk Control Panel, PowerShell, dan Registry Editor. Jika metode ini tidak membantu, lanjutkan ke perbaikan potensial berikutnya.

Lihat:Cara menghapus game atau aplikasi di Bluestacks?
7] Perbarui/Instal Ulang BlueStacks
Anda perlu memastikan bahwa Anda menggunakan BlueStacks versi terbaru. Jika Anda memiliki versi BlueStacks yang kedaluwarsa, Anda mungkin menghadapi masalah kinerja seperti macet, macet, dll. Oleh karena itu, perbarui BlueStacks ke versi terbaru.

Jika Anda telah menginstal semua pembaruan yang tersedia untuk BlueStacks dan masih menghadapi masalah yang sama, Anda mungkin berurusan dengan instalasi aplikasi yang rusak. Oleh karena itu, instal ulang BlueStacks versi terbaru dan lihat apakah masalahnya telah teratasi.

Untuk itu, pertama-tama, hapus instalan BlueStacks sepenuhnya dari PC Anda menggunakan aplikasi Pengaturan. Pertama, tekan Win+I untuk meluncurkan Settings dan pindah ke Apps > Installed apps. Dari daftar aplikasi, pilih BlueStacks dan ketuk tombol menu tiga titik. Selanjutnya, pilih opsi Uninstall dan ikuti petunjuk di layar untuk menghapusnya. Setelah itu, kunjungi situs resmi BlueStacks dan unduh versi terbarunya. Kemudian, instal aplikasi di sistem Anda dan luncurkan untuk memeriksa apakah aplikasi berhenti mogok dan membeku.

Jika Anda masih menghadapi masalah yang sama, kami punya satu perbaikan lagi untuk Anda. Jadi, lanjutkan ke solusi potensial berikutnya.
8] Lakukan pemulihan sistembsp

Jika tidak ada solusi di atas yang berhasil untuk Anda, upaya terakhir untuk memperbaiki masalah adalah melakukan pemulihan sistem. Jika Anda baru saja mulai menghadapi crash di BlueStacks, ada kemungkinan besar bahwa ada beberapa korupsi di sistem Anda yang menyebabkan masalah yang dihadapi. Oleh karena itu, Anda dapat mencoba memulihkan PC Anda ke keadaan sebelumnya di mana BlueStacks berfungsi dengan baik menggunakan titik pemulihan sistem.

Berikut cara melakukannya:
Pertama, tekan Windows+ R untuk memunculkan kotak perintah Run, ketik rstrui di bidang Open, dan tekan tombol Enter untuk meluncurkan wizard Pemulihan Sistem. Sekarang, klik tombol Berikutnya dan kemudian centang opsi Tampilkan lebih banyak titik pemulihan untuk mendapatkan daftar lengkap titik pemulihan sistem. Setelah itu, pilih titik pemulihan sistem tanggal ketika BlueStacks berfungsi dengan baik. Selanjutnya, tekan tombol Berikutnya dan kemudian klik tombol Selesai untuk menyelesaikan proses. PC Anda sekarang akan di-boot ulang ke keadaan sebelumnya yang telah Anda pilih.
Anda sekarang dapat meluncurkan BlueStacks dan semoga tidak macet atau membekukan lagi.

Bagaimana cara memperbaiki BlueStacks dari pembekuan?

Untuk menghentikan BlueStacks dari pembekuan, konfigurasikan pengaturan BlueStacks dan optimalkan konfigurasi Anda. Selanjutnya, Anda dapat memperbarui driver grafis Anda, menutup aplikasi latar belakang yang tidak perlu, menonaktifkan Hyper-V, mengaktifkan Virtualisasi di BIOS, dll. Jika perbaikan ini tidak membantu, Anda dapat menginstal ulang versi bersih BlueStacks atau melakukan pemulihan sistem. Perbaikan ini dibahas secara rinci dalam posting ini, jadi periksalah.

Bagaimana cara memperbaiki BlueStacks dari aplikasi yang mogok?

Anda dapat memperbaiki masalah mogok BlueStacks dengan menyesuaikan pengaturan aplikasi Anda dan memperbarui driver tampilan Anda. Selain itu, ada beberapa perbaikan lain yang dapat Anda gunakan, seperti mengakhiri tugas latar belakang, mematikan Hyper-V, mengaktifkan Virtualisasi melalui konfigurasi BIOS Anda, menginstal ulang BlueStacks, atau melakukan pemulihan sistem ke status PC yang sehat.

Bagaimana caranya Saya menghentikan BlueStacks dari gagap?

Untuk memperbaiki masalah gagap di BlueStacks, Anda dapat mengaktifkan Virtualisasi di PC Anda. Selain itu, Anda dapat mengalokasikan lebih banyak RAM dan inti CPU dari menu Pengaturan BlueStacks, mengubah mode kinerja, memastikan driver grafis Anda diperbarui, menutup aplikasi latar belakang, dan menonaktifkan program startup.

Sekarang baca:Subsistem Windows untuk Android vs BlueStacks.