Cara beralih di antara Lembar Kerja di Excel

Bekerja dengan banyak lembar kerja bisa sangat sulit bagi pengguna Excel, terutama jika ada banyak pekerjaan. Di Microsoft Excel, ada beberapa trik yang dapat digunakan individu untuk beralih di antara lembar kerja Excel. Dalam tutorial ini, kami akan menjelaskan tujuh cara orang dapat beralih antar lembar kerja dalam program Microsoft Excel mereka.

Cara beralih di antara Lembar Kerja di Excel

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk beralih di antara lembar kerja Excel:
Menggunakan pintasan keyboard.Menggunakan Jendela Tontonan.Buka lembar mana pun dengan opsi Activate Sheet.Menggunakan Name Box.Menggunakan kotak dialog Go To.Menggunakan Hyperlink.Menggunakan VBA Macro.1] Menggunakan pintasan keyboard
Jika Anda ingin berpindah antar lembar kerja dalam buku kerja yang sama, Anda dapat menggunakan tombol pintas Ctrl + Page Up dan Ctrl + Page Down.
Tombol pintasan Ctrl + Page Down bergerak ke kanan.Tombol pintasan Ctrl + Page untuk bergerak ke kiri.2] Menggunakan Jendela TontonanNbspJendela Tontonan adalah fitur hebat di Microsoft Excel yang memungkinkan pengguna untuk beralih antara lembar kerja. Jendela Tontonan tetap di atas sehingga Anda dapat melihat sel-sel ini, bahkan ketika Anda sedang mengerjakan lembar lain.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini tentang cara beralih antar lembar menggunakan Jendela Tontonan di Microsoft Excel:

Klik sel di Lembar 1, lalu klik tab Rumus.

Klik tombol Jendela Tontonan di grup Audit Rumus.

Sebuah kotak dialog Jendela Tontonan akan terbuka.

Klik tombol Tambahkan Tontonan.

Ini akan menambahkan Lembar Kerja dan sel ke Jendela Tontonan.

Klik Add.
nbsKlik Tambah.
nbs tombol lagi.

Ubah ke lembar yang ingin Anda tuju dan sel di sana.

Kemudian klik Tambah.

Klik dua kali lembar untuk beralih di antara lembar kerja.

Jika Anda ingin menghapus salah satu lembar kerja di Kotak Tontonan, klik Lembar Kerja yang ingin Anda hapus dan pilih Hapus Jam Tangan.

Salah satu manfaat Kotak Jam adalah jika Anda menutup buku kerja dan membukanya nanti, Anda dapat melanjutkan beralih di antara lembar kerja yang telah Anda tambahkan.
3] Buka lembar mana pun dengan opsi Aktifkan Lembar
Di Microsoft Excel, ada opsi Aktifkan lembar yang memungkinkan pengguna untuk berpindah antar lembar kerja. Ikuti langkah-langkah di bawah ini tentang cara opsi Activate Sheet.

Buka area tombol navigasi di sebelah kiri dan klik kanan di antara mereka.

An kotak dialog Activate Sheet akan terbuka.

Pilih lembar tempat Anda ingin beralih dan klik Ok .
4] Menggunakan Nama Box
Kita dapat menggunakan kotak Nama di kiri atas spreadsheet di Excel. Ikuti langkah-langkah cara menggunakan Name Box di bawah ini:

Ketik referensi di Name Box pada Sheet misalnya Sheet1B2.

Kemudian masuk ke Sheet 4 dan ketik reference di Name Box misalnya Sheet4B2, lalu tekan enter.

Sekarang Anda akan melihat panah drop-down. Klik panah drop-down dan pilih buku kerja mana yang ingin Anda alihkan.
5] Menggunakan kotak dialog Go To Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menggunakan fitur Go To di Microsoft Excel untuk beralih antar lembar di Microsoft Excel.

Untuk membuka dialog Go To kotak, Anda dapat menekan F5 atau mengklik tombol Temukan dan Pilih di grup Pengeditan pada tab Beranda.

Pilih Ke dari menunya.

Kotak dialog Buka akan terbuka.

Di bagian Referensi, masukkan lembar Buku Kerja yang ingin Anda alihkan ke, misalnya, Sheet5!B3, lalu klik OK, dan itu akan beralih ke sheet 5.

Jika Anda membuka kotak dialog Go To dan Anda akan melihat referensi yang Anda masukkan dalam daftar, dan Anda dapat beralih ke sana kapan saja.
6 ] Menggunakan Hyperlinks
Anda juga dapat menggunakan hyperlink untuk beralih antar lembar di Microsoft Excel. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk beralih di antara hyperlink di Microsoft Excel:

Klik pada Lembar 2, lalu Klik kanan sel tempat Anda ingin membuat hyperlink.

Pilih Tautan dari menu konteks.

Kotak dialog Sisipkan Hyperlink akan terbuka.

Klik Tempat di tab dokumen ini di panel kiri.

Dalam kotak pilih tempat di daftar dokumen ini, pilih salah satu lembar dalam daftar. Kami telah memilih Sheet4.

Di bagian Teks yang akan ditampilkan, Anda dapat mengetik Ke sheet4.

Di bagian Ketik referensi sel, ketik di mana Anda ingin hyperlink membawa Anda. Kami telah meninggalkan referensi sel sebagai A1.

Kemudian klik OK.

A hyperlink dibuat di sel A1.
7] Menggunakan VBA Macro
Anda dapat menggunakan VBA (Visual Basic for Application) untuk beralih antar lembar. Visual Basic for Application adalah bahasa pemrograman di Microsoft dan tersedia di program Microsoft Office lainnya seperti Word dan PowerPoint. Ikuti langkah-langkah di bawah tentang cara menggunakan makro VBA untuk beralih antar lembar kerja di Excel.

Pada tab Pengembang, klik tombol Makro di grup Kode.

Beri nama Makro dan klik Buat.

Jendela Visual Basic for Application akan terbuka.

Ketik berikut ini:

Sub SwitchSheets()
If ActiveSheet.Name = “Sheet1” Then
Sheets(“Sheet5”).Activate
Else
Sheets (“Sheet1”).Activate
End If
End Sub

Klik F5 untuk menjalankan Macro atau klik standar toolbar atau klik icon Run Button pada tab dan pilih Jalankan Sub/UserForm dari menu.

Go pada lembar Excel setiap kali Anda menjalankan program di jendela Microsoft Visual Basic for Applications, Anda akan melihat bahwa lembar kerja dialihkan setiap kali Anda mengklik Run.

Bagaimana cara menavigasi ke lembar kerja kedua?

Untuk menavigasi antar lembar kerja di Microsoft Word cukup sederhana. Di bagian bawah lembar kerja Excel Anda, Anda akan melihat tab lembar kerja; Anda dapat menambahkan lebih banyak lembar kerja. Untuk beralih antar tab, klik pada setiap tab lembar kerja.

Apa pintasan untuk beralih antar lembar di Excel?

Tombol pintasan adalah kombinasi tombol yang memungkinkan pengguna membuat perintah cepat. Di Microsoft Excel, tombol pintas untuk beralih antar lembar kerja adalah tombol kombinasi Ctrl +Page Down dan Ctrl Page Up.

READ: 10 Tips dan Trik Excel yang paling berguna untuk pemula

Kami harap tutorial ini membantu Anda memahami tujuh cara untuk beralih antar lembar kerja di Microsoft Excel .