Cara berbagi File dan Folder menggunakan File Explorer di Windows 11

Windows mudah dan sederhana, baik itu desain, UI, atau fiturnya. Memahami dan menggunakan PC Windows 11/10 selalu mudah, bahkan untuk pemula. Siapa pun dapat melakukan tugas komputer dasar tanpa pengetahuan teknologi khusus, singkatnya, ini adalah salah satu sistem operasi desktop termudah untuk digunakan. Hari ini, kita akan berbicara tentang berbagi file dan folder melalui File Explorer di PC Anda. Ya, Anda dapat langsung berbagi file dan folder dari File Explorer.

Cara berbagi File di File Explorer di Windows 11

Buka File Explorer di PC terlebih dahulu. Asal tahu saja, ada banyak cara berbeda untuk membuka File Explorer di PC Anda. Yang paling sederhana adalah menggunakan pintasan Win+E atau ketik File Explorer pada opsi Pencarian.

Setelah File Explorer Anda terbuka, pilih file yang ingin Anda bagikan dan klik kanan.

Dari menu konteks klik pada ikon Bagikan seperti yang ditunjukkan pada tangkapan layar di bawah ini.

Ikon Bagikan ini terkadang juga muncul di bagian bawah. Atau, Anda dapat mengklik Show More Option lalu klik tombol Share atau tekan tombol Shift+F10 pada keyboard Anda.

Opsi berbagi yang Anda dapatkan termasuk- Berbagi di sekitar, Berbagi ke kontak email, atau Berbagi melalui OneNote atau Windows Mail aplikasi. Mari kita periksa opsi ini secara detail.

Berbagi Terdekat

Opsi ini memungkinkan Anda berbagi file (dokumen, foto, video, dll) dengan perangkat terdekat menggunakan koneksi Wi-Fi yang sama atau perangkat yang terhubung melalui Bluetooth. Untuk menggunakan fitur Berbagi Terdekat, penting agar kedua perangkat Anda menjalankan versi Windows yang sama. Omong-omong, fitur ini hanya tersedia untuk versi 1803 atau lebih baru. Selain itu, kedua PC harus mengaktifkan fitur Bluetooth.

Untuk berbagi file menggunakan opsi Berbagi Terdekat-

Buka Jelajahi File Anda dan pilih file yang ingin Anda bagikan.

Klik kanan dan pilih ikon Bagikan dari menu konteks lalu buka Berbagi Terdekat.

Pilih perangkat yang ingin Anda bagikan file.

Anda akan mendapatkan pemberitahuan di PC lain dan Anda harus mengklik salah satu opsi yang tersedia – Simpan & buka atau simpan. Anda juga dapat menolak jika ingin.

Baca: Berbagi Langsung tidak berfungsi di Windows0.

Berbagi file melalui email

Untuk berbagi file melalui email, buka File Explorer dan pilih file yang ingin Anda bagikan.

Klik ikon Bagikan dan pilih Email sebuah Kontak. Jika Anda tidak melihat kontak di sini, klik Temukan lebih banyak orang.

Ini akan membuka daftar kontak Akun Microsoft Anda. Jika alamat email kontak yang dipilih sudah terdaftar, Anda bisa langsung mengirimkannya melalui email.

Jika tidak, masukkan alamat email secara manual dan klik Lanjutkan.

Pilih akun Microsoft tempat Anda ingin mengirim file dan file Anda akan secara otomatis dilampirkan ke email dengan alamat email penerima. Anda kemudian dapat menambahkan konten ke email Anda dan klik tombol Kirim. Anda juga dapat memformat email Anda dan menambahkan Cc dan Bcc jika diperlukan.

Email ini akan dikirim melalui aplikasi Mail untuk Windows.

Berbagi dengan app

Untuk berbagi file dari File Explorer Anda dengan aplikasi, pilih file, klik kanan dan klik ikon bagikan.

Pilih opsi ketiga, Bagikan dengan app.

Secara default, opsi ini memiliki opsi OneNote untuk Windows 10 dan aplikasi Mail oleh Windows. Anda dapat menambahkan lebih banyak aplikasi dengan mengklik Fine more apps.

Ini akan membuka MS Store dan Anda memilih aplikasi yang Anda inginkan.

Cara berbagi Folder di File Explorer di Windows 11

Tidak seperti file, Anda tidak dapat berbagi folder untuk menggunakan Berbagi di sekitar, email atau aplikasi secara langsung. Untuk berbagi folder di File Explorer-

Buka File Explorer dan pilih folder yang ingin Anda bagikan dan klik kanan.

Pilih Tampilkan lebih banyak opsi dan klik Kirim ke.

Di sini Anda akan mendapatkan opsi berbagi. Pilih yang Anda inginkan dan lanjutkan.

Bagaimana cara berbagi file antar komputer?

Anda dapat menggunakan opsi Berbagi Terdekat di File Explorer untuk berbagi file di antara dua komputer Anda. Ingat bahwa kedua PC Anda harus memiliki Bluetooth dan harus menggunakan koneksi Wi-Fi yang sama.

Bagaimana cara menerima file melalui berbagi di sekitar?

Ketika seseorang mengirimi Anda file menggunakan opsi Berbagi Terdekat, Anda mendapatkan pemberitahuan di PC bahwa seseorang telah mengirimi Anda file ini. Klik pada opsi Simpan & Buka atau Simpan untuk menerima file di PC Anda.