Cara berhenti mengirim atau menerima lampiran winmail.dat di Outlook

Ketika Anda mengirim pesan email dari klien Microsoft Outlook yang dikonfigurasi dengan tidak benar, penerima mungkin menerima lampiran dengan nama winmail.dat. Ini adalah lampiran biner yang menyertakan teks biasa dan informasi pemformatan pesan email. Selain itu, lampiran winmail.dat juga dapat menyertakan informasi, seperti jalur folder pribadi pengirim (.pst) dan nama masuk. Oleh karena itu, untuk memastikan bahwa informasi Anda seperti jalur folder pribadi (.pst) dan nama masuk tidak disertakan dalam file winmail.dat, Anda harus menghentikan Outlook mengirim lampiran winmail.dat di setiap pesan email. Pada artikel ini, kita akan melihat cara berhenti mengirim atau menerima lampiran winmail.dat di Outlook.

Apa itu file winmail.dat?

Terkadang, Microsoft Outlook dan Microsoft Exchange Client menggunakan metode khusus untuk mengirim pesan email. Microsoft menamai metode ini Transport Neutral Encapsulation Format (TNEF). Microsoft Outlook dan Microsoft Exchange Client akan mengirim pesan yang disandikan TNEF jika pengaturan Rich Text Format (RTF) diaktifkan di Outlook.

Lampiran biner winmail.dat mungkin menyertakan informasi berikut:
Informasi pemformatan pesan email, seperti gaya font , warna, dll.Objek OLE, seperti gambar yang disematkan.Fitur khusus Outlook, seperti tombol pemungutan suara, font khusus, dll.Lampiran file biasa.
Seperti yang dijelaskan sebelumnya dalam artikel ini, lampiran biner winmail.dat juga dapat menyertakan informasi pengirim, seperti jalur file .pst, nama log-on, dll. Penerima tidak dapat membaca informasi ini sampai dia membuka file winmail.dat dengan perangkat lunak biner atau editor teks. Dalam keadaan apa pun, kata sandi pengirim tidak diungkapkan kepada penerima.

Penerima akan menerima email TNEF yang didekodekan tergantung pada jenis klien email yang dia gunakan. Jika klien email penerima dapat memecahkan kode pesan email TNEF, ia akan melihat email dalam format yang sama yang dikirim oleh pengirim. Misalnya, jika pesan email berisi tombol pemungutan suara, penerima akan dapat melihat tombol pemungutan suara hanya jika klien emailnya mendukung penyandian dan penguraian kode TNEF.

Jika Anda mengirim email dengan lampiran file biasa, Anda tidak memerlukan TNEF. Oleh karena itu, untuk jenis pesan email seperti itu, Anda dapat memilih format HTML atau teks biasa, bukan format TNEF. Selain itu, jika penerima Anda tidak menggunakan Outlook atau Exchange Client, Anda tidak boleh menggunakan format TNEF untuk pesan email Anda.

Cara berhenti mengirim atau menerima lampiran winmail.dat di Outlook

Bila klien email penerima tidak mendukung penyandian TNEF dan decoding atau tidak memahami format TNEF, salah satu dari dua hal berikut akan terjadi:
Dia akan menerima email dalam format teks biasa bersama dengan lampiran bernama winmail.dat.Dia akan menerima email dalam format teks biasa bersama dengan lampiran dengan nama generik, seperti nnnn.dat atau nnnn.eml, di mana nnnn mewakili nomor acak apa pun.
. Oleh karena itu, penting untuk menghentikan Outlook mengirim lampiran winmail.dat. Anda dapat mencoba metode berikut dan melihat mana yang bekerja untuk Anda.
Mengubah pengaturan Tulis pesan di OutlookKetik alamat email penerima secara manualHapus kontak penerima dan buat lagiNonaktifkan TNEF di Windows RegistryNonaktifkan format teks kaya di domain
Mari kita lihat semua metode ini di detail.
1] Ubah pengaturan Tulis pesan di Outlook
Jika pengaturan Tulis pesan di Outlook diatur ke RTF (Format teks kaya), penerima akan menerima lampiran winmail.dat. Untuk menghentikan Outlook mengirim lampiran winmail.dat ke penerima, ubah pengaturan Tulis pesan di Outlook. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

Buka Microsoft Outlook.Buka “File > Options.” Ini akan membuka jendela Opsi Outlook. Pilih kategori Mail dari sisi kiri. Klik drop-down Tulis pesan dalam format ini dan pilih HTML atau Teks Biasa. Anda akan menemukan opsi ini di bawah bagian Tulis Pesan. Gulir ke bawah dan temukan bagian Format pesan. Pilih Konversi ke format HTML atau Konversi ke format Teks Biasa di menu tarik-turun “Saat mengirim pesan dalam format Teks Kaya ke penerima Internet”. Klik OK untuk menyimpan pengaturan.
Setelah melakukan langkah-langkah di atas, Outlook akan mengirim semua pesan email baik dalam format HTML atau dalam format Teks Biasa tergantung pada opsi yang Anda pilih. Oleh karena itu, penerima tidak akan menerima lampiran file winmail.dat di pesan email.

Jika Anda tidak ingin melakukan perubahan global di Outlook untuk semua pesan email, Anda dapat memilih format HTML atau teks biasa untuk penerima tertentu saja sebelum mengirim pesan email. Langkah-langkah berikut akan menunjukkan cara melakukannya.

Buka Microsoft Outlook.Klik Email Baru di bawah tab Beranda untuk membuka jendela Tulis email.Klik tab Format Teks.Di bawah grup Format, pilih opsi HTML atau Teks Biasa.2 ] Ketik alamat email penerima secara manual
Banyak pengguna merasa solusi ini berguna. Jika Anda memilih alamat email penerima Anda dari Buku Alamat, coba trik ini. Ketik alamat email penerima secara manual alih-alih memilihnya dari Buku Alamat dan lihat apakah itu membantu.
3] Hapus kontak penerima dan buat lagi
Jika metode di atas tidak membantu Anda memperbaiki masalah, hapus kontak penerima dari Outlook dan tambahkan lagi. Langkah-langkah untuk menghapus kontak di Outlook adalah sebagai berikut:

Buka Microsoft Outlook.Klik Orang di panel navigasi. Anda akan menemukannya di sisi kiri bawah. Pilih kontak yang ingin Anda hapus dan klik tombol Hapus.
Setelah menghapus kontak, tambahkan lagi dengan mengklik tombol Kontak Baru.
4] Nonaktifkan TNEF di Windows Registry
Jika Outlook adalah masih mengirimkan lampiran winmail.dat ke penerima, Anda dapat menonaktifkannya di Windows Registry. Ikuti petunjuk di bawah ini dengan hati-hati karena kesalahan apa pun saat mengedit kunci Registri dapat menyebabkan masalah serius di sistem Anda. Sebelum melanjutkan, kami sarankan Anda membuat titik pemulihan sistem.

Tekan tombol Win + R untuk meluncurkan kotak perintah Jalankan. Ketika kotak perintah Run muncul, ketik regedit dan klik OK. Klik Ya di prompt UAC.

Ketika Editor Registri terbuka, salin jalur berikut, tempelkan ke bilah alamat Editor Registri, dan tekan Enter.
HKEY_CURRENT_USERSoftwareMicrosoftOffice16.0OutlookPreferences
Pastikan bahwa Tombol preferensi dipilih dari sisi kiri. Sekarang, periksa apakah Nilai bernama DisableTNEF ada di sisi kanan atau tidak. Jika tidak, Anda harus membuatnya. Untuk ini, klik kanan pada ruang kosong di sisi kanan dan pergi ke “New > DWORD (32-bit) Value.” Klik kanan pada nilai yang baru dibuat dan pilih Ganti Nama. Beri nama DisableTNEF. Secara default, Value Data dari semua nilai yang baru dibuat adalah 0. Anda harus mengubahnya menjadi 1. Untuk melakukannya, klik kanan pada DisableTNEF Value dan pilih Modify. Sekarang, masukkan 1 di Value Data.
5] Nonaktifkan Rich-text format di domain

Jika Anda adalah pengguna Microsoft 365 for Business, Anda dapat menonaktifkan format Rich-text di Domain untuk menghentikan Outlook mengirim lampiran winmail.dat ke penerima. Untuk melakukannya, buka pusat admin Exchange dan buka “Mil flow > Remote domain.” Sekarang, klik dua kali pada domain Anda dan pilih Never in the Use Rich-text format.

Jika Anda menerima lampiran winmail.dat dari pengirim tertentu di Outlook, Anda harus meminta pengirim untuk membuat perubahan di pengaturan Outlook Compose messages. bahwa Anda akan menerima semua email baik dalam format Teks Biasa atau dalam format HTML.

Baca: Perbaiki Outlook tidak terhubung ke Server di komputer Windows.

Bagaimana cara berhenti menerima file DAT winmail?

Saat ini, tidak ada opsi yang tersedia di Outlook yang akan membantu Anda berhenti menerima file DAT winmail. Oleh karena itu, jika Anda ingin berhenti menerima lampiran winmail.dat dalam pesan email, Anda harus menghubungi pengirim dari siapa Anda menerima lampiran tersebut. Hubungi pengirim dan minta dia untuk mengubah pengaturan pesan Outlook Compose dari Rich-text format ke format HTML atau format Teks Biasa.

Bagaimana cara menghentikan Outlook 365 mengirim lampiran sebagai winmail dat?

Untuk menghentikan Outlook 365 mengirim lampiran sebagai winmail dat , Anda harus mengonfigurasi pengaturan Exchange. Buka pusat admin Exchange, lalu buka “Mail > flow > Remote domain.” Sekarang, pilih Never di bagian Rich-text format.

Semoga ini membantu.

Baca selanjutnya: Memperbaiki Outlook yang mogok saat membuat profil baru.