Cara Boot dari Drive USB dalam Windows 11/10

Secara default, PC Windows 11 atau Windows 10 Anda diatur untuk boot dari hard drive internal pertama yang terhubung. Jika Anda ingin boot dari drive USB atau drive eksternal, Anda perlu mengubah urutan boot. Dalam posting ini, kami akan memandu Anda melalui langkah-langkah tentang cara mem-boot dari Drive USB di Windows 11/10.

Cara Boot dari Drive USB di Windows 11/10

Biasanya, jika Anda tidak dapat boot ke Windows dan tidak dapat mengakses file Anda, Anda dapat membuat drive yang dapat di-boot dan menggunakan media untuk mem-boot dan memperbaiki instalasi OS Anda.

Mungkin, tidak banyak diketahui oleh pengguna PC, ada opsi untuk mem-boot dari drive USB dalam instalasi OS Windows yang sedang berjalan. Jika Fast Boot diaktifkan di UEFI/BIOS, Anda mungkin tidak dapat mem-boot dari flash drive USB kecuali Anda mem-boot dari USB di dalam Windows; jika tidak, Anda harus menonaktifkan Fast Boot atau Ultra Fast Boot untuk sementara agar dapat melakukan booting dari drive USB.

Untuk Boot dari Drive USB dalam Windows 11/10, lakukan hal berikut:
Pasang drive USB yang dapat di-boot ke port USB di PC Anda. Boot ke Opsi Startup Lanjutan melalui aplikasi Pengaturan. Setelah komputer dihidupkan ulang, klik/ketuk opsi Gunakan perangkat. Pada layar berikutnya, klik/ketuk drive USB yang ingin Anda gunakan untuk booting.
Komputer sekarang akan restart dan boot dari drive USB yang dipilih.

Itu dia!

Bagaimana cara mem-boot PC saya dari drive USB?

Untuk boot dari drive USB pada Windows 11/10, ikuti langkah-langkah berikut:
Tekan tombol Power untuk komputer Anda.Selama startup awal layar, tekan ESC, F1, F2, F8 atau F10. Ketika Anda memilih untuk masuk ke BIOS Setup, halaman utilitas setup akan muncul. Menggunakan tombol panah pada keyboard Anda, pilih tab BOOT. Pindahkan USB untuk menjadi yang pertama dalam urutan boot .
Dapatkah Windows melakukan booting dari drive yang terhubung dengan USB?

Jika Anda memiliki dr USB yang dapat di-boot ive, Anda dapat mem-boot komputer Windows 10 Anda dari drive USB. Cara termudah untuk boot dari USB adalah dengan membuka Advanced Startup Options dengan menekan dan menahan tombol Shift ketika Anda memilih opsi Restart di menu Start.

Bagaimana caranya agar USB ditampilkan di menu boot?

Anda dapat mengaktifkan opsi Quiet Boot di Menu Utama. Di bawah menu Advanced, pastikan opsi Legacy USB Support diaktifkan. Lakukan hal berikut:
Restart sistem ke BIOS.Pastikan Boot Mode diatur ke EFI (atau UEFI). Ini ditemukan di menu Boot Options.Pastikan USB Boot Priority diaktifkan.Simpan perubahan dan keluar.
Apakah USB yang dapat di-boot aman?

Jawaban singkatnya: Ya. Aman untuk menjalankan sistem operasi dari USB flash drive. Namun perlu diingat bahwa jika Anda memutuskan untuk menginstal Windows ke drive USB, drive Flash Drive (UFD), drive ESATA, atau menyimpan Windows Native Boot VHD di drive USB/UFD, skenario ini tidak akan didukung oleh Microsoft.