Cara melihat File yang Baru Dibuka di Windows 11/10

Ketika kita membuka dokumen katakanlah file Word, Excel, atau file TXT, file gambar (PNG, JPG, dll.), Video audio, dll., Windows secara otomatis melacak file yang dibuka tersebut. Ini membantu untuk dengan mudah mengakses atau membuka kembali file tertentu nanti. Jadi, jika Anda ingin melihat file yang baru dibuka di komputer Windows 11 Anda, ada beberapa cara untuk melakukannya. Dengan menggunakan opsi ini, Anda dapat melihat file yang baru dibuka untuk semua aplikasi atau aplikasi tertentu satu per satu.

Cara melihat File yang Baru Dibuka di Windows 11/10

Untuk melihat daftar file yang baru dibuka di Windows 11/10, Anda dapat menggunakan salah satu dari berikut ini options:
File Explorer HomeTaskbarRecent Items FolderStart MenuSearch boxRecentFilesView tool.
Mari kita periksa semua opsi ini.
1] Lihat File yang Baru Dibuka menggunakan File Explorer Home

Home (sebelumnya dikenal sebagai Akses Cepat) adalah beranda default Windows 11 File Explorer tempat Anda dapat melihat item Akses cepat (seperti Desktop, Gambar, Unduhan, Dokumen, dll.), Favorit, dan Item yang baru dibuka.

Anda dapat membuka File Explorer (Win+E) terlebih dahulu dan mengeklik opsi Beranda yang tersedia di panel navigasi. Setelah itu, luaskan bagian Terbaru untuk melihat berbagai file (ZIP, DOCX, MP4, TXT, dll.) yang Anda buka di berbagai aplikasi. Selanjutnya, Anda dapat mengubah mode Tampilan ke Detail untuk melihat jenis file, ukuran, tanggal modifikasi, dll., atau beberapa mode tampilan lainnya menggunakan bilah perintah atau menu pita.

Anda juga dapat mengeklik bagian Terbaru untuk memilih semua item di daftar dan lihat jumlah total item terbaru di bilah Status.
2] Lihat item yang Baru Dibuka menggunakan Windows 11 Taskbar

Opsi ini berguna untuk melihat daftar file yang baru dibuka untuk aplikasi tertentu secara terpisah. Yang perlu Anda lakukan adalah klik kanan pada ikon bilah tugas dari aplikasi yang dibuka katakanlah Notepad atau MS Word dan bagian Terbaru akan terlihat di menu klik kanan untuk aplikasi itu. Untuk setiap item terbaru di bagian tersebut, opsi Pin to this list juga terlihat pada mouse hover yang membantu menyimpan item tersebut dalam daftar tersebut sehingga tidak akan digantikan oleh item lain jika semakin banyak item yang dibuka oleh Anda.

Opsi ini juga berfungsi untuk item bilah tugas yang disematkan. Anda tidak perlu membuka item yang disematkan. Cukup klik kanan pada aplikasi yang disematkan dan file terbaru akan terlihat.
3] Buka folder Item Terkini di Windows 11

Opsi ini menampilkan daftar semua folder yang baru dibuka serta item untuk semua aplikasi. Berikut langkah-langkahnya:
Buka kotak Run Command (Win+R) atau File ExplorerKetik shell:recent di kotak teks atau bilah alamat (jika Anda menggunakan File Explorer)Tekan tombol EnterFolder Item Terkini akan terbuka. Ini juga akan menampilkan jumlah total item terbaru di bilah Status.
Atau, Anda juga dapat membuka folder Item Terkini menggunakan jalur berikut:
%AppData%MicrosoftWindowsRecent
Cukup tempelkan jalur di bilah alamat File Explorer atau kotak Run Command dan gunakan tombol Enter. Di folder Item Terbaru, Anda juga dapat menggunakan menu Lihat dan menu Urutkan untuk beralih ke mode tampilan Detail, dan mengurutkan item terbaru berdasarkan tanggal diubah, jenis, dll.

Terkait: Cara menghapus File dan Folder Terbaru di Windows 11/10
4] Gunakan menu Mulai untuk melihat item yang baru dibuka di Windows 11

Ada dua cara untuk menggunakan menu Mulai untuk melihat item yang baru dibuka di Windows 11. Ini adalah:
Anda dapat membuka menu Mulai lalu klik tombol Lainnya yang tersedia untuk bagian Direkomendasikan untuk melihat item terbaru yang Anda buka di berbagai aplikasi. Anda akan melihat jalur item dan waktu sejak Anda mengakses file tersebut. Opsi ini tidak akan berfungsi jika Anda menyembunyikan daftar yang Direkomendasikan atau bagian yang Direkomendasikan dinonaktifkan di menu Mulai. Lihat item yang baru dibuka untuk setiap aplikasi. Untuk ini, pertama-tama, akses bagian Semua aplikasi di menu Mulai, lalu klik kanan pada aplikasi yang didukung. Anda akan melihat bagian Terbaru yang berisi daftar item terbaru yang Anda buka di aplikasi tersebut.5] Lihat item yang Baru Dibuka untuk aplikasi Individual menggunakan Kotak pencarian

Kotak Pencarian Windows 11 juga dapat digunakan untuk melihat item terbaru yang dibuka di aplikasi individual. Namun, opsi ini hanya berfungsi untuk aplikasi terbatas. Yang perlu Anda lakukan adalah mencari aplikasi, katakanlah MS Word, dan kemudian Anda akan melihat bagian Terbaru di bagian kanan panel Pencarian untuk aplikasi itu. tujuan. Anda bisa mendapatkan alat ini dari nirsoft.net. Ada beberapa fitur penting dari alat ini yang menjadikannya pilihan yang baik untuk melihat file yang baru dibuka untuk semua aplikasi yang didukung. Ini adalah:
It memungkinkan Anda melihat item yang ada di folder Terbaru serta file yang disimpan di RegistryFile yang hilang juga dapat dilihat di antarmuka dengan warna berbedaUntuk setiap file yang baru dibuka, Anda dapat melihat waktu pembuatan, waktu modifikasi, nama file, dan path, disimpan di Registry atau folder Recent, dll. Anda dapat memilih item dan mengekspor semua informasi item yang dipilih sebagai file TXT, XML, CSV, atau HTML. File terbaru di Word, Excel, PowerPoint

Bagaimana cara menemukan dokumen yang baru dibuka di Windows 11?

Jika Anda ingin melihat daftar dokumen atau program yang baru dibuka di Windows 11, klik kotak Pencarian bilah tugas. Saat panel Pencarian dibuka, Anda akan melihat bagian Terbaru di bagian kiri. Ini menunjukkan 10 program yang baru dibuka dalam urutan kronologis. Di sisi lain, jika Anda ingin melihat aplikasi yang paling sering digunakan, buka menu Mulai dan klik opsi Semua aplikasi di bagian kanan atas. Ini akan menampilkan bagian Aplikasi yang paling sering digunakan.

Apakah Riwayat File tersedia di Windows 11?

Ya, fitur Riwayat File tersedia di Windows 11 dan juga Windows 10. Anda dapat membuat pintasan untuk Riwayat File atau membukanya menggunakan kotak Pencarian . Tetapi Anda tidak akan dapat mengaktifkan File History kecuali drive yang dapat digunakan ditemukan untuk itu. Jadi, pertama-tama Anda harus menyambungkan drive (disarankan drive eksternal) dan kemudian Anda dapat menggunakan File History untuk mencadangkan dan memulihkan file di Windows 11/10.

Baca selanjutnya: Item terbaru tidak terlihat di bawah ikon Taskbar di Windows.