Cara melihat Nama dan Nilai Variabel Lingkungan di Windows 11/10

Jika Anda ingin melihat nama dan nilai Variabel Lingkungan di Windows 11 atau Windows 10, berikut adalah cara melakukannya. Ada empat cara utama untuk menemukan hampir semua hal tentang Variabel Lingkungan di Windows 11/10, dan artikel ini menjelaskan semua metode yang mungkin.

Apa itu Variabel Lingkungan di Windows 11/10

Variabel Lingkungan berisi beberapa informasi yang terkait dengan jalur WindowsApps, saat ini masuk informasi pengguna, jalur folder sementara, proses yang berjalan, dll. Meskipun Windows 11/10 dilengkapi dengan beberapa di antaranya, Anda dapat menambahkan atau memodifikasi Variabel Lingkungan di PC Windows dengan mudah.

Namun, jika Anda ingin menemukan Variabel Lingkungan tersebut di Windows 11 atau Windows 10, panduan ini akan berguna untuk Anda. Seperti yang dikatakan sebelumnya, ada empat cara – menggunakan panel Pengaturan Windows, menggunakan Command Prompt, menggunakan Editor Registri, dan menggunakan Windows PowerShell.

Cara melihat Nama dan Nilai Variabel Lingkungan di Windows 11/10

Untuk melihat nama dan nilai Variabel Lingkungan di Windows 11/10, ikuti metode berikut:
Menggunakan panel Pengaturan WindowsMenggunakan Prompt PerintahMenggunakan Peninjau Suntingan RegistriMenggunakan Windows PowerShell
Untuk mempelajari lebih lanjut tentang langkah-langkah ini, lanjutkan membaca.
1] Menggunakan Pengaturan Windows panel

Ini adalah metode paling umum untuk menemukan nama dan nilai Variabel Lingkungan di Windows 11/10 PC. Sebelumnya, dimungkinkan untuk melakukan hal yang sama menggunakan Control Panel. Namun, jika Anda menggunakan Windows 11, tidak perlu melalui Panel Kontrol karena pada akhirnya akan membuka Pengaturan Windows.

Ikuti langkah-langkah ini untuk menemukan Variabel Lingkungan:
Tekan Win+I untuk membuka Pengaturan Windows.Buka Sistem > Tentang.Klik pada Pengaturan sistem lanjutan.Klik tombol Variabel Lingkungan.Temukan Variabel Lingkungan.
Selanjutnya, Anda perlu mengklik setiap variabel untuk menemukan detailnya. Ini menampilkan daftar mendetail di kotak Variabel sistem.
2] Menggunakan Command Prompt

Ini mungkin metode termudah untuk menemukan hampir semua hal tentang Variabel Lingkungan di PC Windows 11/10. Untuk tujuan ini, kita akan menggunakan contoh Command Prompt di Terminal Windows. Namun, Anda dapat membuka jendela Command Prompt mandiri dan memasukkan perintah berikut:
set
Jika Anda tidak mengetahui proses untuk membuka Terminal Windows, Anda dapat menekan Win+X dan memilih Terminal Windows dari menu WinX.
3] Using Registry Editor

Jika Anda tidak ingin melakukan banyak hal dengan Variabel Lingkungan dan hanya ingin memeriksanya, Anda dapat menggunakan Editor Registri. Karena variabel ini bergantung pada profil pengguna, Anda perlu membuka file HKEY_CURRENT_USER. Untuk menemukan nama dan nilai Variabel Lingkungan menggunakan Peninjau Suntingan Registri, lakukan hal berikut:
Tekan Win+R untuk membuka perintah Jalankan. Ketik regedit dan tekan tombol Enter.Klik tombol Ya pada perintah UAC.Navigasikan ke jalur ini : HKEY_CURRENT_USEREnvironmentTemukan variabel.
Jika Anda ingin mengubah variabel yang ada menggunakan Registry Editor, Anda perlu mengklik dua kali pada masing-masing variabel dan mengubahnya sesuai.
4] Menggunakan Windows PowerShell

Seperti, Command Prompt, Anda dapat menggunakan Windows PowerShell untuk temukan Variabel Lingkungan yang sama di komputer Windows 11 atau Windows 10 Anda. Namun, ini menampilkan semua Variabel Lingkungan dari semua pengguna, sedangkan metode lain hanya menampilkan variabel pengguna saat ini. Meskipun demikian, daftarnya bisa panjang karena mungkin berisi beberapa variabel, seperti ComSpec, LOCALAPPDATA, HOMEDRIVE, HOMEPATH, ALLUSERSPROFILE, dll.

Jika Anda setuju dengan daftar yang panjang, Anda dapat menggunakan Windows PowerShell dan masukkan perintah ini:
dir env:
Seperti metode Command Prompt, Anda dapat membuka instans Windows PowerShell atau PowerShell mandiri di Terminal Windows.

Bagaimana cara melihat Variabel Lingkungan di Windows 11?

Untuk melihat Variabel Lingkungan di Windows 11, Anda dapat menggunakan salah satu dari yang disebutkan di atas metode. Jika Anda tidak ingin mengubah variabel yang ada, Anda dapat menggunakan metode Command Prompt. Untuk itu, Anda dapat membuka Command Prompt atau instance Command Prompt di Terminal Windows dan memasukkan perintah ini: set. Kemudian, ini menampilkan hampir semua hal tentang Variabel Lingkungan pengguna saat ini di layar Anda. Demikian pula, Anda dapat menggunakan metode Windows PowerShell untuk menyelesaikan hal yang sama. Dalam hal ini, Anda harus menggunakan perintah ini: dir env:

Bagaimana cara mendapatkan daftar Variabel Lingkungan?

Untuk mendapatkan daftar Variabel Lingkungan, Anda memiliki empat teknik. Namun, menggunakan metode Pengaturan Windows mungkin merupakan metode yang paling bermanfaat karena Anda dapat melihat, menambah, atau memodifikasi Variabel Lingkungan apa pun tanpa masalah. Namun, jika Anda ingin mendapatkan daftar saja, Anda dapat menggunakan salah satu dari tiga metode lainnya. Untuk memilih satu, Anda dapat membuka Terminal Windows dan memasukkan perintah ini dalam contoh PowerShell: dir env:. Jika Anda ingin menggunakan instance Command Prompt, Anda harus menjalankan perintah ini: set.

Itu saja! Semoga panduan ini membantu.

Baca: Cara menambahkan atau mengedit Variabel Lingkungan PATH di Windows 11/10.