Cara mem-boot Surface dari Drive USB saat Startup

Jika Anda tidak dapat melakukan booting ke Windows dan tidak dapat mengakses file, Anda dapat membuat drive yang dapat di-boot dan menggunakan media untuk mem-boot dan memperbaiki penginstalan OS di perangkat Anda. Dalam posting ini, kami akan menunjukkan kepada Anda cara mem-boot Surface dari Drive USB di Startup.

Cara mem-boot Surface dari USB Drive di Startup

Memulai Surface Anda dari drive USB dapat berguna jika Anda ingin mengubah pengaturan firmware atau pengaturan startup Windows atau jika Anda Perangkat Surface tidak menyala, memulai, mem-boot, atau membangunkan dari sleep.

Booting dari perangkat USB tidak menyegarkan atau menyetel ulang Surface Anda. Sebagai gantinya, ini memungkinkan Anda memulai Surface menggunakan Windows atau sistem operasi lain yang ada di perangkat USB Anda. Untuk mem-boot Surface dari Drive USB saat Startup, lakukan hal berikut:

Konfigurasikan Surface Anda untuk Memulai atau Boot dari drive USB
Colokkan drive USB yang dapat di-boot ke port USB pada perangkat Surface yang dimatikan. Selanjutnya, tekan dan tahan tombol volume-up lalu tekan dan lepas tombol daya. Terus tahan tombol volume atas hingga logo Surface atau Windows tidak lagi muncul di layar. Pada layar Surface UEFI yang muncul, bergantung pada perangkat Surface Anda, lakukan hal berikut:Untuk Surface Pro 3 dan Surface 3

Select Configure Alternate System Boot Order.Selanjutnya, pilih USB > SSD atau Network > USB > SSD sesuai kasusnya. Setelah itu, pilih Exit Setup.Sekarang pilih Yes untuk menyimpan konfigurasi dan restart Surface.Untuk Surface Pro 1 dan Surface Pro 2

Pilih Kontrol Boot Aman. Pilih Nonaktifkan (ini dapat memengaruhi tampilan layar splash Surface Anda) untuk memungkinkan Surface mencari perangkat alternatif untuk melakukan booting, bukan dari SSD Anda. Pilih Keluar dari Penyiapan. Pilih Ya untuk menyimpan konfigurasi dan mulai ulang Surface.Untuk semua perangkat Surface lainnya

Pilih Konfigurasi boot.Pilih Penyimpanan USB dan seret ke bagian atas daftar ATAU geser ke kiri pada Penyimpanan USB untuk segera mem-boot ke perangkat. Ini tidak akan memengaruhi urutan boot. Pilih Keluar, lalu pilih Mulai Ulang Sekarang.
Mulai atau Boot Permukaan Anda dari drive USB

Sekarang Anda telah menyelesaikan langkah-langkah di atas, sekarang Anda dapat melanjutkan untuk memulai Permukaan dari drive USB Anda. Lakukan hal berikut:

Jika Anda tidak ingin memulai Surface dari drive USB, pastikan drive tidak dimasukkan ke port USB di Surface saat Anda memulainya. Jika tidak, Anda perlu mengubah urutan boot sehingga Surface Anda melakukan booting dari drive USB eksternal, dan pastikan Anda tidak memiliki perangkat USB lain yang terhubung ke Surface Anda, termasuk perangkat mouse USB, keyboard, atau drive penyimpanan lainnya. Surface akan mencoba melakukan booting dari perangkat USB lain yang terhubung.
Untuk Surface Pro (Gen ke-5), Surface Pro (Gen ke-5) dengan LTE Advanced, Surface Go, Surface Go dengan LTE Advanced, Surface Laptop (Gen ke-1), Surface Laptop 2, Surface Book, Surface Book 2, Surface Studio (Gen ke-1), Surface Studio 2, Surface Pro 4, Surface 3, atau Surface Pro 3Matikan Surface Anda.Masukkan drive USB yang dapat di-boot ke port USB di Surface Anda.Tekan tombol daya untuk menyalakannya.Ikuti petunjuk di layar untuk mem-boot dari drive USB Anda.Untuk semua perangkat Surface lainnyaMatikan Surface Anda.Masukkan drive USB yang dapat di-boot ke port USB di Surface Anda.Tekan dan tahan tombol volume bawah pada Surface, lalu tekan dan lepaskan tombol daya. Lanjutkan untuk menahan tombol perkecil volume saat logo Microsoft atau Surface muncul di layar Anda. Lepaskan tombol setelah titik berputar muncul di bawah logo. Ikuti petunjuk di layar untuk mem-boot dari USB drive.
Tonton video singkat dan singkat ini dari Micro soft.

Jika Anda mengalami kesulitan memulai Surface dengan mengikuti petunjuk di atas, Anda dapat mem-boot Surface dari drive USB dalam Windows.

Itu saja!

Bagaimana cara membuka menu boot pada Surface?

Tekan dan tahan tombol volume-up di Surface Anda dan pada saat yang sama, tekan dan lepaskan tombol daya. Saat Anda melihat logo Surface, lepaskan tombol volume-up. Menu UEFI akan ditampilkan dalam beberapa detik.

Mengapa USB saya tidak dapat di-boot?

Jika USB tidak dapat di-boot, Anda perlu memastikan: Bahwa USB dapat di-boot. Bahwa Anda dapat memilih USB dari daftar Perangkat Boot atau mengonfigurasi BIOS/UEFI untuk selalu melakukan booting dari drive USB dan kemudian dari hard disk.

Bagaimana cara mengetahui apakah drive USB saya dapat di-boot?

Anda dapat memeriksa status drive USB yang dapat di-boot melalui alat Manajemen Disk di Windows 11/10. Untuk melakukannya, pilih dan klik kanan drive yang diformat dan pilih Properties. Arahkan ke tab Volume dan periksa gaya Partisi. Anda akan melihatnya ditandai dengan semacam flag boot, seperti Master Boot Record (MBR) atau GUID Partition Table.