Cara memasukkan PDF ke dalam Google Slide

Google Slides adalah alat pembuat presentasi online gratis yang dikembangkan oleh Google. Saat ini, ini banyak digunakan oleh pengguna dan telah menjadi alternatif yang baik untuk Microsoft PowerPoint. Untuk menggunakan Google Slide, Anda harus memiliki akun Google dan koneksi internet aktif. Ada banyak cara untuk membuat presentasi menjadi efektif dan lebih informatif. Salah satu metode ini adalah menambahkan file PDF ke presentasi Anda. Dalam artikelnya, kita akan melihat cara memasukkan PDF ke Google Slides.

Google Slides memiliki banyak keunggulan, seperti:
Semua data Anda akan disimpan secara otomatis di cloud.Anda dapat membuat presentasi baru dan mengedit presentasi yang ada di Google Slides dengan masuk ke akun.Anda dapat mengunduh presentasi Google Slides dalam format yang didukung Microsoft PowerPoint.
Cara menyisipkan PDF ke Google Slides

Sekarang, mari kita bicara tentang cara menyisipkan PDF ke Google Slide. Kami akan menjelaskan di sini dua metode berikut:
Dengan mengonversi file PDF menjadi gambar.Dengan menambahkan tautan ke file PDF Anda.
Di bawah ini, kami telah menjelaskan kedua metode ini secara detail.
1] Masukkan PDF ke Google Slide dengan mengubahnya menjadi images
Jika Anda mengklik menu Insert pada Google Slides Menu Bar, Anda tidak akan melihat pilihan untuk memasukkan PDF ke dalam Google Slides. Oleh karena itu, Anda dapat menyisipkan PDF dengan mengubahnya menjadi gambar. Metode ini berguna jika Anda ingin menyisipkan beberapa halaman tertentu ke dalam presentasi Google Slide Anda. Jika Anda ingin memasukkan file PDF lengkap ke dalam Google Slide, memasukkannya sebagai tautan akan lebih mudah. Kami akan membicarakannya nanti di artikel ini.

Langkah-langkah berikut akan memandu Anda tentang cara memasukkan PDF ke Google Slide dengan mengubahnya menjadi gambar.
Konversi file PDF Anda menjadi gambar.Buka Google Slide dan masuk menggunakan akun Google Anda.Buka ke “Sisipkan > Gambar > Unggah dari komputer.” Pilih gambar dari komputer Anda dan klik Open.
Pertama, ubah file PDF Anda menjadi gambar. Untuk ini, Anda dapat menggunakan alat atau perangkat lunak konverter PDF ke JPG online gratis. Ada banyak alat online yang tersedia yang memungkinkan Anda mengonversi file PDF menjadi gambar. Alat yang berbeda memiliki batasan yang berbeda dalam paket gratis. Oleh karena itu, Anda mungkin harus mencoba lebih dari satu alat pengonversi PDF ke gambar tergantung pada jumlah halaman yang dimiliki file PDF Anda. Setelah konversi, simpan gambar dalam format gambar JPG atau PNG.

Sekarang, buka Google Slide di browser web Anda. Buka presentasi Anda. Setelah itu, pilih slide tempat Anda ingin menyisipkan halaman tertentu dari PDF Anda dan pergi ke “Sisipkan > Gambar > Unggah dari komputer.” Sekarang, pilih gambar yang mewakili halaman file PDF Anda dan klik Open.

Setelah mengunggah gambar, Anda dapat mengubah ukurannya. Untuk melakukannya, pilih gambar dan seret dari sudut. Anda juga dapat memotong gambar dengan mengklik dua kali di atasnya.
2] Masukkan PDF ke Google Slide dengan menambahkan tautan
Jika Anda ingin mengunggah file PDF lengkap, Anda tidak dapat melakukannya dengan menggunakan metode yang dijelaskan di atas. Untuk ini, Anda harus menambahkan tautan ke file PDF Anda di Google Slide. Langkah-langkah untuk melakukannya adalah sebagai berikut:
Buka browser web Anda dan buka Google Drive.Unggah file PDF Anda ke Google Drive.Buat tautan ke file PDF Anda.Salin tautan itu dan tempel ke Google Slides.
Mari kita lihat langkah-langkah ini di detail.

Pertama, buka browser web Anda dan buka Google Drive. Masuk dengan menggunakan akun Google Anda. Setelah itu, buka “Baru > Unggah file.” Pilih file PDF dari komputer Anda dan klik Open.

Anda akan melihat file PDF yang diunggah di Google Drive. Atau Anda dapat mencari yang sama dengan mengetikkan namanya di Search Bar. Langkah selanjutnya adalah membuat tautan ke file PDF Anda. Untuk melakukannya, klik kanan pada file PDF Anda dan pilih Dapatkan tautan. Sekarang, klik salin tautan. Setelah itu, tautan ke file PDF Anda yang diunggah ke Google Drive akan disalin ke clipboard.

Sekarang, buka Google Slide di browser web Anda lalu buka presentasi Anda. Setelah itu, pilih slide tempat Anda ingin memasukkan file PDF. Sekarang, Anda dapat menambahkan tautan ke teks atau gambar. Jika Anda ingin menambahkan tautan ke gambar, unggah gambar ke Google Slide. Anda dapat mengunggah halaman pertama file PDF Anda sebagai gambar ke Google Slide. Setelah menambahkan gambar, pilih dan buka “Sisipkan> Tautan” atau cukup tekan tombol Ctrl + K. Ctrl + K adalah jalan pintas ke hyperlink. Sekarang, tempel tautan yang disalin di bidang yang diperlukan dan klik Terapkan. Jika Anda ingin menambahkan tautan ke teks, pilih teks, lalu tekan tombol Ctrl + K, dan tempel tautan yang disalin di bidang yang diperlukan klik Terapkan.

Anda telah berhasil menautkan file PDF ke gambar atau teks di Google Slide. Sekarang, ketika Anda mengklik teks atau gambar hyperlink di slideshow, Google Slides akan membuka file PDF di tab baru di browser web Anda.

Itu saja, Anda telah berhasil memasukkan PDF ke dalam presentasi Google Slides Anda.

Baca: Cara menambahkan audio ke Google Slides.

Dapatkah Anda mengimpor PDF ke Google Slides?

Jika Anda mengklik menu Sisipkan, Anda tidak akan menemukan opsi yang memungkinkan Anda mengimpor PDF ke Google Slide secara langsung. Oleh karena itu, jika Anda ingin mengimpor PDF ke Google Slide, Anda harus mengonversi seluruh file PDF menjadi gambar. Setelah itu, Anda dapat menyisipkan gambar halaman tertentu dari file PDF ke dalam Google Slide. Metode ini hanya berfungsi jika Anda ingin mengimpor halaman tertentu ke dalam presentasi Google Slides.

Jika Anda ingin mengimpor seluruh file PDF ke Google Slides, Anda dapat melakukannya dengan membuat tautan ke file PDF Anda. Setelah membuat tautan ke file PDF Anda, Anda dapat menambahkan tautan itu ke presentasi Google Slides Anda.

Kami telah menjelaskan kedua metode ini langkah demi langkah di atas dalam artikel ini.

Bagaimana cara menyisipkan PDF ke dalam slide?

Anda dapat menyisipkan PDF ke dalam Google Slides dengan mengubahnya menjadi gambar atau dengan membuat tautan ke yang sama. Metode yang terakhir ini mudah dan memungkinkan Anda memasukkan seluruh file PDF ke dalam Google Slides. Jika Anda menggunakan metode terakhir, Anda dapat menautkan teks atau gambar di Google Slide ke file PDF Anda. Dalam artikel ini, kami telah membahas kedua metode ini secara detail.

Saya harap ini membantu.

Baca selanjutnya: Cara memasukkan Google Slide ke Google Docs.