Cara mematikan Telemetri Aplikasi di Windows 11/10

Terkadang, aplikasi mengumpulkan data penggunaan secara anonim dari sistem Anda. Namun, jika Anda tidak ingin hal itu terjadi, Anda dapat menonaktifkan Telemetri Aplikasi di Windows 11/10,  menggunakan Editor Kebijakan Grup Lokal dan Editor Registri.

Apa itu telemetri aplikasi Microsoft?

Menurut pernyataan resmi Microsoft “Application Telemetry is mekanisme yang melacak penggunaan anonim komponen sistem Windows tertentu oleh aplikasi.” Secara sederhana, ketika Anda menginstal aplikasi, itu mulai mengumpulkan data penggunaan (berapa lama Anda menggunakannya, kesalahan apa yang Anda dapatkan, bagaimana Anda menggunakan aplikasi, dll.) secara anonim. Kadang-kadang, ini dapat mengirim data tersebut ke pengembang aplikasi sehingga mereka dapat meningkatkan kinerja aplikasi.

Pengaturan ini hanya berfungsi ketika Program Peningkatan Pengalaman diaktifkan. Jika dinonaktifkan, Telemetri Aplikasi tidak akan menimpa pengaturan tersebut.

Cara menonaktifkan Telemetri Aplikasi di Windows 11/10

Untuk menonaktifkan Telemetri Aplikasi di Windows 11/10 menggunakan Kebijakan Grup, ikuti langkah-langkah berikut:
Telusuri kebijakan grup di Bilah Tugas kotak telusur.Klik hasil penelusuran.Buka Kompatibilitas Aplikasi di Konfigurasi Komputer.Klik dua kali pada setelan Nonaktifkan Telemetri Aplikasi.Pilih opsi Diaktifkan.Klik tombol OK.
Untuk mempelajari lebih lanjut tentang langkah-langkah ini, lanjutkan membaca.

Untuk mendapatkan dimulai, cari kebijakan grup di kotak pencarian Taskbar dan klik pada hasil pencarian untuk membuka Editor Kebijakan Grup Lokal.

Kemudian, navigasikan ke jalur berikut:
Computer Configuration > Administrative Templates > Windows Components > Application Compatibility

Di sini Anda dapat melihat pengaturan bernama Matikan Aplikasi Telemetri. Anda perlu mengklik dua kali pada setelan ini dan memilih opsi Diaktifkan.

Terakhir, klik tombol OK untuk menyimpan perubahan.

Cara menonaktifkan Telemetri Aplikasi di Windows 11/10

Untuk menonaktifkan Telemetri Aplikasi di Windows 11/10 menggunakan Registri, ikuti ini langkah:
Tekan Win+R > ketik regedit.Klik tombol OK dan klik tombol Ya.Buka Windows di HKLM.Klik kanan pada Windows > Baru > Kuncidan tetapkan namanya sebagai AppCompat.Klik kanan pada AppCompat > Baru > Nilai DWORD (32-bit). Beri nama sebagai AITEnable.Mulai ulang komputer Anda.
Mari pelajari langkah-langkah ini secara mendetail.

Pertama, tekan Win+R, ketik regedit, klik tombol OK dan klik opsi Ya di permintaan UAC untuk buka Registry Editor.

Kemudian, buka jalur ini:
HKEY_LOCAL_MACHINESOFTWAREPoliciesMicrosoftWindows
Klik kanan pada kunci Windows, pilih New > Key, dan tetapkan namanya sebagai AppCompat.

Di kunci AppCompat, Anda harus membuat kunci AppCompat nilai REG_DWORD. Untuk itu, klik kanan pada kunci AppCompat, pilih Baru > Nilai DWORD (32-bit), dan tetapkan namanya sebagai AITEnable.

Secara default, data nilai disetel ke 0, dan Anda harus menyimpannya.

Terakhir, tutup semua jendela dan restart komputer Anda. Jika Anda ingin mengembalikan perubahan, Anda dapat menghapus nilai AITEnable REG_DWORD. Untuk melakukannya, klik kanan padanya, pilih opsi Hapus, dan klik tombol Ya.

Baca: Kelola pengaturan Telemetri dan Pengumpulan Data di Windows

Bagaimana cara mematikan telemetri di Windows 11?

Dimungkinkan untuk mengubah atau mematikan telemetri di Windows 11 dengan bantuan Editor Kebijakan Grup Lokal dan Editor Registri. Untuk itu, buka setelan Pengumpulan Data dan Pembuatan Pratinjau di Konfigurasi Komputer. Kemudian, klik dua kali pada setelan Izinkan Data Diagnostik dan pilih opsi Diaktifkan. Terakhir, pilih opsi Diagnostic data off dari menu drop-down.

Haruskah saya mematikan Microsoft compatibility telemetry?

Meskipun tidak disarankan untuk menonaktifkan Microsoft Compatibility Telemetry di komputer Windows 11 atau Windows 10, Anda pasti dapat melakukannya. Itu tidak membahayakan komputer Anda dengan cara apa pun meskipun menonaktifkan fungsinya. Ini mencegah aplikasi mengumpulkan dan mengirim data penggunaan ke server masing-masing dari komputer Anda.

Saya harap panduan ini membantu.

Baca: Nonaktifkan Program Peningkatan Pengalaman Pelanggan Windows