Cara membakar DVD di PC Windows 11

Kami hampir tidak menggunakan CD dan DVD lagi di PC Windows 11/10 kami, tetapi mereka masih merupakan salah satu perangkat penyimpanan yang sederhana dan terbaik. DVD, bentuk singkat dari Digital Versatile Disc menyimpan data Anda dalam format biner yang kemudian diubah menjadi bentuk aslinya menggunakan algoritme konversi. DVD adalah disk yang dapat ditulis, sehingga Anda dapat menyalin file Anda ke sana untuk disimpan, ini disebut membakar DVD.

Cara membakar DVD di Windows 11 PC

Tahukah Anda bahwa Anda dapat dengan mudah membakar DVD menggunakan PC Windows Anda? Hampir tidak membutuhkan waktu lama untuk membakar DVD menggunakan PC Anda, mari kita lihat caranya. Ingatlah bahwa Anda dapat membakar CD atau DVD hanya jika laptop atau desktop Anda memiliki DVD Drive di dalamnya. Juga, harap dicatat, bahwa tidak semua CD dan DVD dapat ditulis, ada 6 jenis DVD yang berbeda dan masing-masing memiliki propertinya sendiri.
DVD Media- DVD, disk serba guna digital ini lebih seperti CD di mana Anda hanya dapat membaca data. Anda tidak dapat menyalin data apa pun pada Media DVD. DVD+R- DVD ini dapat direkam yang berarti Anda dapat menyalin semua data Anda ke DVD ini tetapi kemudian akan disimpan secara permanen di sini. Anda tidak dapat menghapus data ini atau menimpanya. DVD+RW- Disk ini dapat dihapus. Anda dapat menghapus satu data dari DVD+RW dan menyalin data lainnya. Anda dapat menghapus dan merekamnya lagi beberapa kali.
Membakar DVD Menggunakan File Explorer

Anda dapat dengan mudah membakar DVD menggunakan File Explorer pada PC Windows Anda.
Masukkan DVD hitam ke Drive DVD Anda.Buka File Explorer dan cari file yang ingin Anda simpan salin ke disk ini atau katakan, bakar pada disk. Jika Anda menyalin banyak file, pilih semuanya menggunakan tombol Shift pada keyboard Anda. Klik kanan dan klik Tampilkan opsi lainnya. Buka Kirim Ke dan pilih Drive DVD. Ini akan membuka jendela pop-up baru yang menanyakan Judul Disk dan bagaimana Anda ingin PC Anda membakar disk ini- menggunakan USB flash drive atau dengan pemutar DVD. Pilih opsi yang menurut Anda terbaik dan klik Berikutnya. Ini akan buka File Explorer lagi dengan pemberitahuan,  “Files Ready to Be Write to the Disc”. Seret dan jatuhkan file yang ingin Anda bakar. Buka opsi Drive Tools di pita utama dan klik Finish burning. Anda akan mendapatkan lagi jendela pop-up yang menanyakan kecepatan perekaman dan judul disk. Isi opsi dan klik Next.
Burn DVD di PC Windows menggunakan Windows Media Player

Windows Media Player adalah cara lain untuk membakar DVD Anda. Windows Media Player dapat membakar CD Audio, CD Data, dan DVD. Untuk membuka Windows Media Player di PC Windows 11 Anda, buka kotak Pencarian dan ketik WMP, Anda akan melihat aplikasinya. Klik Open.

Baca: Di mana Windows Media Player di Windows 11/10?
Setelah Windows Media Player terbuka, klik tab Burn yang terletak di pojok kanan atas. Jangan lupa masukkan CD hitam ke dalam drive DVD terlebih dahulu .Klik panah kecil di samping dan pilih opsi dari menu- CD Audio, CD Data, atau DVD. Di sini, Anda juga dapat memilih apakah Anda ingin disk dikeluarkan secara otomatis setelah dibakar. Seret dan jatuhkan file yang ingin Anda bakar di panel kanan dan klik tombol Mulai Pembakaran.
Jika Anda telah memilih opsi Keluarkan disk setelah terbakar, disk Anda akan secara otomatis dikeluarkan setelah pembakaran selesai, yang berarti, setelah semua file disalin ke disk.

Baca: Disk burner tidak ditemukan, Pastikan burner terpasang dengan benar

Apakah Windows 11 memiliki perangkat lunak pembakar DVD bawaan?

Ya, Windows 11 memiliki alat pembakar DVD bawaan seperti versi lainnya . Anda akan memerlukan disk yang didukung untuk dibakar di PC Anda. Anda dapat membakar DVD melalui File Explorer atau dengan menggunakan Windows Media Player.

Baca: Terjadi kesalahan saat mengeluarkan DVD RW Drive di Windows 11/10

Dapatkah saya membakar DVD dengan VLC Media Player?

Ya, Anda dapat membakar DVD menggunakan VLC Media Player tetapi program ini tidak mampu mengonversi file video ke format DVD. Anda perlu menggunakan beberapa perangkat lunak pihak ketiga untuk hal yang sama.

Baca: Membakar ke disk berwarna abu-abu; Tidak dapat membakar DVD di Windows 11/10.