Cara membatasi Pengisian Baterai di Windows 11/10

Baterai
Laptop aus sebelum komponen lain rusak. Alasan untuk ini adalah pengisian yang berlebihan. Pengisian daya berlebih terjadi saat Anda mengisi daya baterai setelah diisi hingga kapasitas penuhnya. Dengan kata sederhana, pengisian baterai melebihi 100% adalah pengisian yang berlebihan. Dalam baterai Lithium-ion, pengisian yang berlebihan menyebabkan pelarian termal dan meningkatkan tekanan yang menciptakan kondisi tidak stabil di dalam baterai. Ini mengurangi masa pakai baterai. Baterai lithium-ion paling banyak digunakan di laptop. Overcharging pada laptop terjadi ketika Anda lupa melepas charger setelah laptop Anda terisi penuh. Pengisian daya yang berlebihan dapat dihindari jika Anda membatasi pengisian daya baterai setelah persentase tertentu. Pada artikel ini, kita akan melihat cara membatasi Pengisian Daya Baterai di Windows 11/10.

Cara membatasi Pengisian Daya Baterai di Windows 11/10

Untuk membatasi Pengisian Daya Baterai di komputer Windows 11/10, Anda dapat menginstal beberapa perangkat lunak Pembatas Baterai gratis. Perangkat lunak Battery Limiter ini tidak memotong daya saat baterai Anda melewati tingkat pengisian tertentu. Sebagai gantinya, mereka mengingatkan Anda untuk mematikan pengisi daya ketika baterai laptop Anda melewati tingkat atau persentase pengisian tertentu.

Untuk membantu pengguna meningkatkan masa pakai baterai laptop mereka, beberapa produsen laptop telah menyertakan fitur untuk membatasi pengisian daya baterai di perangkat keras. Anda dapat mengakses pengaturan ini langsung dari BIOS sistem Anda. Tapi, semua orang tidak ramah teknologi. Oleh karena itu, mengakses pengaturan BIOS sistem tanpa pengetahuan yang tepat dapat menyebabkan kerusakan kritis pada sistem. Oleh karena itu, beberapa merek laptop juga telah mengembangkan aplikasi yang dapat digunakan pengguna untuk mengakses pengaturan level perangkat keras tanpa masuk ke BIOS.

Di sini, kita akan melihat proses untuk membatasi pengisian daya baterai pada laptop merek berikut.
HPLenovoDellASUSAcerMicrosoft
Mari kita lihat cara membatasi baterai charge in this laptops.
1] Cara membatasi Pengisian Baterai di HP laptops
Anda dapat membatasi pengisian baterai hingga persentase tertentu pada laptop HP Anda dengan mengkonfigurasi pengaturan BIOS. Langkah-langkah untuk melakukannya adalah sebagai berikut:

Matikan komputer Anda. Tunggu beberapa detik. Nyalakan komputer Anda dan segera mulai menekan tombol Esc hingga Anda melihat Menu Startup. Tekan tombol fungsi F10 untuk masuk ke BIOS sistem Anda. Setelah itu masuk ke BIOS, pilih tab System Configuration dengan menggunakan tombol panah. Anda akan melihat opsi Battery Care Function. Sorot dengan menggunakan tombol panah Anda dan tekan Enter untuk mengubah nilainya. Secara default, Fungsi Perawatan Baterai diatur ke 100%. Anda harus mengubahnya menjadi 80%.Simpan perubahan dan keluar dari BIOS.2] Cara membatasi Pengisian Daya Baterai di laptop Lenovos
Pengguna laptop Lenovo dapat menggunakan aplikasi Lenovo Vantage dari Microsoft Store untuk membatasi Pengisian Daya Baterai. Ini memungkinkan Anda mengatur ambang batas baterai yang berbeda untuk memulai dan menghentikan pengisian daya. Langkah-langkah untuk membatasi pengisian baterai di laptop Lenovo melalui aplikasi Lenovo Vantage tertulis di bawah ini:

Instal aplikasi Lenovo Vantage dari Microsoft Store. Buka aplikasi dan buka “Perangkat> Daya.” Gulir ke bawah dan arahkan ke bagian Pengaturan Baterai. pada tombol Ambang Pengisian Daya Baterai.Klik menu tarik-turun MULAI MENGISI KETIKA DI BAWAH dan BERHENTI PENGISIAN DAN pilih persentase yang diinginkan.
Setelah mengatur nilai persentase, baterai laptop Anda akan mulai terisi daya saat daya berada di bawah nilai yang Anda masukkan di opsi sebelumnya dan berhenti mengisi daya saat daya melebihi nilai yang Anda masukkan di opsi terakhir.
3] Cara mengatur batas pengisian baterai di laptop Dells
Seperti Lenovo, Dell juga memiliki aplikasi resmi yang memungkinkan pengguna membatasi pengisian daya baterai di laptop mereka. laptop Dell. Anda dapat menginstal Dell Power Manager dari Microsoft Store. Setelah menginstal Dell Power Manager, ikuti langkah-langkah yang tertulis di bawah ini untuk membatasi daya baterai pada laptop Dell Anda:

Buka aplikasi Dell Power Manager.Pilih Informasi Baterai dari sisi kiri lalu buka pengaturan baterai Anda.Ketika jendela Pengaturan Baterai muncul, pilih Kustom dari sisi kiri. Gerakkan penggeser untuk menetapkan batas untuk memulai dan menghentikan pengisian daya baterai laptop Anda. Klik OK untuk menyimpan perubahan.4] Cara menyetel batas pengisian daya baterai di laptop ASUSs
ASUS juga memiliki aplikasi resmi bernama MyASUS. Ini tersedia di Microsoft Store. Saat membuka aplikasi untuk pertama kalinya, Anda harus masuk ke aplikasi menggunakan akun Anggota ASUS. Setelah masuk ke aplikasi ASUS, ikuti petunjuk yang tertulis di bawah ini untuk menetapkan batas pengisian daya baterai Anda.

Pilih kategori Kustomisasi dari sisi kiri.Pilih tab Daya & Kinerja.Pilih opsi yang diinginkan di bawah bagian Pengisian Kesehatan Baterai.
Baterai Bagian Health Charging memiliki tiga opsi berikut:
Full Capacity Mode: Ini adalah pengaturan default untuk baterai laptop ASUS Anda. Saat pengaturan ini diaktifkan, baterai laptop Anda akan terisi hingga 100%. Mode Seimbang: Jika Anda memilih pengaturan ini, baterai laptop Anda akan berhenti mengisi daya saat daya melebihi 80% dan melanjutkan pengisian daya saat daya berada di bawah 78%. Mode Umur Maksimum: Mode Umur Maksimum berhenti mengisi daya baterai laptop Anda saat daya melebihi 60% dan melanjutkan pengisian daya baterai laptop Anda saat daya turun di bawah 58%.
Jika Anda tidak menemukan opsi Pengisian Daya Baterai di bawah bagian Daya & Kinerja , kunjungi situs web resmi ASUS untuk memeriksa apakah model laptop Anda mendukung fitur ini atau tidak. Acer Care Center adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Acer. Langkah-langkah untuk mengunduh aplikasi Acer Care Center adalah sebagai berikut:
Kunjungi halaman Driver dan Manual Acer. Cari laptop Anda dengan memasukkan nomor model atau nomor seri Anda. Sekarang, pilih Aplikasi dan klik tombol Unduh di sebelah Acer Care Center. File akan diunduh dalam format zip. Ekstrak folder zip dan jalankan file exe untuk menginstal app.
Go melalui petunjuk berikut untuk menetapkan batas pengisian maksimum untuk baterai laptop Acer Anda.

Luncurkan Acer Care Center.Pilih kategori Pemeriksaan dari sisi kiri.Klik panah berikutnya ke opsi Kesehatan baterai untuk membawa opsi Batas pengisian daya baterai. Nyalakan tombol.
Setelah melakukan langkah-langkah di atas, baterai laptop Anda akan berhenti terisi daya saat daya melebihi 80%. Aplikasi Acer Care Center tidak memiliki opsi untuk menyetel nilai kustom untuk batas pengisian daya baterai.
6] Cara menyetel batas pengisian maksimum baterai di perangkat Microsoft Surface
Microsoft telah memperkenalkan fitur Batas Baterai di perangkat Surface. Anda dapat mengaktifkan fitur Batas Baterai di perangkat Surface dari UEFI. Setelah mengaktifkan fitur ini, baterai perangkat Surface Anda akan terisi hingga 50% dari total kapasitas.

Baca: Tips & Panduan Pengoptimalan Penggunaan Baterai Laptop untuk Windows 11/10.

Bagaimana cara menetapkan batas baterai?

Anda dapat mengatur batas baterai di laptop Anda dengan mengonfigurasi pengaturan BIOS atau UEFI. Beberapa merek telah mengembangkan aplikasi yang memungkinkan pengguna mengatur batas pengisian baterai tanpa memasuki sistem BIOS atau UEFI. Pada artikel ini, kami telah menjelaskan metode untuk menetapkan batas baterai pada laptop dari beberapa merek populer.

Bagaimana cara mengubah pengaturan pengisian daya di Windows 11?

Di Windows 11, tidak ada opsi yang memungkinkan Anda menetapkan batas pengisian daya untuk memulai dan berhenti mengisi baterai laptop Anda. Jika Anda ingin mengubah pengaturan pengisian daya dan menetapkan batas pengisian daya untuk baterai laptop Anda, Anda harus mengubah pengaturan yang diperlukan di BIOS sistem Anda. atau instal aplikasi khusus yang dikembangkan oleh produsen laptop Anda.

Semoga ini membantu.

Baca selanjutnya: Cara memperbaiki masalah pengurasan baterai di Windows 11/10.