Cara membuat Flashcard di Word

A Flashcard adalah jenis kartu yang berisi sepotong kecil informasi. Jenis kartu ini biasanya dibuat untuk anak-anak dan memberi mereka bantuan untuk belajar. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan Flashcards untuk keperluan lain. Misalnya, jika Anda sedang mempersiapkan ujian kompetitif, Anda dapat membuat Flashcards untuk merevisi poin-poin utama dan penting. Flashcards juga disebut Kartu Indeks. Biasanya kartu ini berukuran 3 x 5 atau 5 x 7 inci. Pada artikel ini, kita akan melihat cara membuat Flashcards di Microsoft Word.

Cara membuat Flashcards di Word

Anda dapat membuat Flashcards di Microsoft Word dengan menggunakan salah satu dari tiga metode berikut:
Membuat layout kustomMenggunakan opsi MailingsMembuat flashcards dengan template Word
Mari kita lihat keduanya metode ini secara detail.
1] Buat Kartu Flash di Microsoft Word dengan membuat tata letak khusus

Microsoft Word memungkinkan Anda mengubah tata letak halaman dengan memasukkan dimensi halaman. Anda dapat memilih tata letak halaman dari tata letak yang ditentukan sebelumnya atau menentukan tata letak kustom Anda dengan memasukkan dimensi halaman. Untuk membuat Flashcards di Word, Anda harus membuat tata letak halaman khusus. Berikut cara melakukannya.
Buka Microsoft Word.Buat dokumen kosong baru.Pilih tab Layout.Klik Size lalu pilih More Paper Sizes.Jendela Page Setup akan muncul. Pilih tab Kertas. Pilih Ukuran Khusus di tarik-turun Ukuran Kertas, lalu masukkan dimensi Flashcard Anda. Misalnya, jika Anda ingin membuat Flashcard dengan lebar 3 inci dan tinggi 5 inci, masukkan nilai ini di kolom masing-masing. Klik OK.
Sekarang, Anda dapat menyimpan Flashcard ini dengan menekan tombol Ctrl + S.
2 ] Buat Flashcards di Microsoft Word dengan menggunakan opsi Mailings

Metode sederhana lainnya untuk membuat Flashcards di Microsoft Word adalah dengan menggunakan opsi Mailings. Instruksi berikut akan memandu Anda dalam hal ini.
Buka Microsoft Word.Buat dokumen kosong baru.Pilih tab Mailings.Klik Amplop. Anda akan menemukan opsi ini di sisi kiri di bawah bagian Buat. Pilih tab Label lalu klik tombol Opsi. Gulir ke bawah daftar di kotak Nomor produk dan cari Kartu Indeks. Anda akan menemukan lebih dari satu opsi Kartu Indeks di sana. Ini karena Flashcard memiliki dimensi yang berbeda. Saat Anda memilih opsi Kartu Indeks, Anda akan melihat dimensinya di sisi kanan. Pilih Kartu Indeks sesuai dimensi yang Anda inginkan dan kemudian klik OK. Sekarang, klik Dokumen Baru di jendela Amplop dan Label. Langkah-langkah di atas akan membuat tata letak untuk Flashcard di Word. Setelah membuat Flashcard, Anda dapat menyimpannya.

Anda juga dapat menyesuaikan Flashcard sesuai kebutuhan Anda. Opsi penyesuaian yang berbeda tersedia di tab Desain. Jika Anda ingin menambahkan warna latar belakang ke Flashcard Anda, pilih opsi Warna Halaman dan pilih warna pilihan Anda. Anda juga dapat memilih Font Style dan Themes yang berbeda.

Untuk membuat Flashcard lain, tekan Ctrl + Enter. Tindakan ini akan membuat Flashcard kosong lainnya di Microsoft Word, yang memiliki dimensi yang sama dengan Flashcard sebelumnya.

Meskipun Flashcard lebih mudah dibuat di Microsoft Word, jika Anda mau, Anda dapat menyimpannya sebagai template. Dengan melakukannya, Anda dapat membuka template yang disimpan dan mengubah informasi di dalamnya untuk membuat Flashcard baru alih-alih memulai seluruh proses dari awal. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah yang tertulis di bawah ini:

Buka “File > Save As.”Klik Telusuri untuk menyimpan file Word di komputer Anda. Saat kotak dialog Simpan Sebagai muncul, pilih Templat Word di drop-down Simpan sebagai tipe. Beri nama templat Anda dan klik tombol Simpan.
Baca: Cara membuat Bagan Histogram di Word.
3] Buat kartu flash dengan templat Word
Anda juga dapat mencari templat “kartu flash” dan menginstal serta menggunakannya untuk membuat kartu flash dengan mudah. Anda juga dapat langsung mengunduh Template Word gratis dari Microsoft.

Bagaimana cara membuat Flashcards 3×5 di Word?

Di Microsoft Word, Anda dapat membuat Flashcards dengan berbagai ukuran. Untuk itu, Anda harus memilih tata letak halaman khusus lalu memasukkan dimensi yang diinginkan (dalam inci). Misalnya, jika Anda ingin membuat Kartu Flash 3×5, Anda harus menyesuaikan tata letak halaman Anda menjadi 3 kali 5. Setelah membuat tata letak halaman yang disesuaikan, Anda dapat menulis teks dan menentukan warna latar belakang, dll.

Bagaimana Anda membuat kartu flash Anda sendiri ?

Microsoft Word memungkinkan pengguna membuat tata letak halaman yang disesuaikan. Anda dapat menggunakan fitur ini untuk membuat Flashcard dengan berbagai ukuran. Selain itu, Word juga memungkinkan Anda menyimpan Flashcard sebagai templat sehingga Anda dapat menggunakannya di masa mendatang. Dalam artikelnya, kami telah menjelaskan proses pembuatan Flashcards di Microsoft Word.

Baca selanjutnya: Cara menyisipkan Tabel di Word.