Cara membuat folder bersama VirtualBox di Windows 11/10

Jika Anda ingin membuat folder bersama VirtualBox di Windows 11/10, Anda dapat mengikuti panduan langkah demi langkah ini. Anda dapat mengakses folder bersama dari mesin virtual Windows dan komputer host untuk mentransfer file dari satu ke yang lain.

Terkadang, Anda mungkin perlu mentransfer file dari PC virtual ke komputer host atau sebaliknya. Dalam situasi seperti itu, daripada menggunakan drive USB, Anda dapat membuat folder bersama untuk menyelesaikan pekerjaan.

Catatan: Anda harus mengaktifkan Penemuan Jaringan dan berbagi file di komputer host sebelum mengikuti langkah-langkah berikut.

Cara membuat folder bersama VirtualBox di Windows 11/10

Untuk membuat folder bersama VirtualBox di Windows 11/10, ikuti langkah-langkah berikut:
Buat folder di komputer host.Klik kanan padanya dan pilih Properties.Buka Sharing > Advanced Sharing.Centang Share this folder kotak centang.Izinkan Kontrol Penuh untuk Semua Orang.Buka VirtualBox > klik kanan pada mesin virtual > pilih Setelan.Buka bagian Folder Bersama.Klik Tambahkan folder bersama baru Masukkan jalur folder bersama. Centang kotak Pasang otomatis.Klik OK button.Buka File Explorer di mesin virtual.Buka bagian Network.Aktifkan Network discovery.
Untuk mempelajari lebih lanjut tentang langkah-langkah ini, lanjutkan membaca.

Pertama, Anda perlu membuat folder bersama di komputer host. Untuk itu, Anda dapat membuat folder di mana saja di komputer host Anda. Kemudian, klik kanan padanya, pilih Properti dan alihkan ke tab Berbagi. Klik tombol Berbagi lanjutan dan centang tombol Bagikan folder ini.

Kemudian, klik tombol Izin dan centang kotak Kontrol Penuh.

Setelah itu, simpan perubahan dan buka VirtualBox. Klik kanan pada mesin virtual, pilih Setelan dan alihkan ke tab Folder Bersama. Klik tombol Tambahkan folder bersama baru dan pilih jalur folder bersama yang Anda buat sebelumnya.

Lalu, centang kotak Pasang otomatis dan klik tombol OK.

Selanjutnya, jalankan mesin virtual dan buka File Explorer di komputer Anda. Buka bagian Jaringan di panel bilah sisi File Explorer dan aktifkan Penemuan jaringan dan berbagi file dengan mengeklik tombol konfirmasi.

Setelah selesai, Anda dapat menemukan folder bersama di File Explorer pada mesin virtual Anda. Setelah itu, Anda dapat menggunakannya untuk mentransfer file dari mesin virtual ke komputer host dan sebaliknya.

Untuk informasi Anda, Anda dapat menambahkan beberapa folder bersama menggunakan panduan yang sama. Jika Anda ingin membuat folder bersama yang berbeda untuk mentransfer file yang berbeda, Anda dapat mengikuti langkah yang sama yang disebutkan di atas untuk menyelesaikannya.

Namun, jika Anda tidak ingin terus menggunakan folder bersama, Anda memiliki dua opsi untuk menonaktifkannya. Pertama, Anda dapat menghapus folder bersama asli yang Anda buat di komputer host Anda. Kedua, Anda dapat membuka setelan mesin virtual > buka Folder Bersama, yang berisi semua folder bersama. Setelah itu, pilih folder bersama yang ingin Anda hapus dan klik tombol hapus.

Bagaimana cara membuat folder bersama di mesin virtual?

Untuk membuat folder bersama di mesin virtual menggunakan VMware, Anda harus mengikuti panduan ini. Namun, jika Anda ingin membuat folder bersama di mesin virtual VirtualBox, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di atas. Di sini kami telah menunjukkan panduan tepat yang perlu Anda ikuti untuk menyelesaikan sesuatu.

Di mana folder bersama di VirtualBox?

Seperti perangkat lunak mesin virtual lainnya, Anda perlu membuat folder bersama secara manual di VirtualBox. Namun, jika Anda mencari opsi yang sesuai, Anda perlu mengklik kanan mesin virtual dan memilih Setelan. Kemudian, alihkan ke tab Folder bersama untuk menemukan setelan yang Anda coba gunakan.

Itu saja! Semoga panduan ini membantu Anda.

Baca: Cara berbagi File dan Folder melalui Jaringan di Windows.