Cara membuat Garis besar dokumen di Google Documents

Jika Anda ingin membuat kerangka dokumen di Google Documents, berikut adalah cara melakukannya. Anda tidak perlu menggunakan add-on pihak ketiga karena Google Documents memiliki opsi secara default. Artikel ini menjelaskan perbedaan antara Daftar Isi dan Kerangka Dokumen sehingga Anda dapat menggunakannya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Apa yang dimaksud dengan kerangka dokumen?

Misalnya Anda sedang menulis proyek untuk perguruan tinggi Anda. Hampir semua proyek menyertakan beberapa teks, judul, gambar, grafik, bagan, dll. Jika Anda ingin menampilkan judul di dalam dokumen, Anda dapat menggunakan Daftar Isi. Namun, jika Anda tidak ingin menyisipkan Indeks tetapi ingin menampilkan judul di tempat terpisah sehingga Anda dapat dengan cepat menavigasi dari satu tempat ke tempat lain, Anda perlu memasukkan kerangka dokumen.

Ketika Anda menambahkan kerangka dokumen, Google Documents menampilkan bagian terpisah di sisi kiri, yang berisi semua judul. Anda dapat mengklik judul mana pun dan dengan cepat berpindah ke bagian dokumen tersebut tanpa menggulir ke atas atau ke bawah secara manual.

Sebelum memulai, Anda harus mengetahui beberapa hal tentang kerangka dokumen di Google Documents:
Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan kerangka dokumen secara manual .Untuk menyisipkan teks ke dalam outline, Anda perlu mengubahnya menjadi Heading 1 atau Heading 2.Anda dapat menambahkan atau menghapus heading secara manual sesuai kebutuhan Anda. Anda dapat menampilkan teks normal di outline, tetapi Anda perlu membuat teks ukuran lebih besar dari biasanya.
Cara membuat kerangka Dokumen di Google Documents

Untuk membuat kerangka dokumen di Google Documents, ikuti langkah-langkah berikut:
Buka dokumen di Google Documents.Buka Lihat > ​​Tampilkan kerangka dokumen.Masukkan ringkasan kerangka.Pilih teks apa saja dan buat Heading 1 atau Heading 2.Temukan heading di outline dokumen. Pilih teks normal apa saja dan perbesar ukuran font. Temukan teks di outline dokumen.
Untuk mempelajari lebih lanjut tentang langkah-langkah ini, lanjutkan membaca.

Pertama, y Anda perlu membuka dokumen di Google Documents. Namun, jika Anda ingin membuat dokumen dari awal, Anda harus melakukannya terlebih dahulu. Lalu, buka Lihat dan pilih opsi Tampilkan kerangka dokumen.

Anda dapat menemukan panel terpisah di sisi kiri. Anda perlu mengklik ikon edit dan memasukkan ringkasan. Namun, ini tidak wajib, dan Anda dapat melewati langkah ini jika mau.

Kemudian, pilih teks yang ingin Anda sertakan dalam kerangka dokumen. Teks ini akan menjadi heading. Setelah teks dipilih, perluas bagian yang sesuai, dan pilih Heading 1 atau Heading 2.

Tepat setelah itu, Anda dapat menemukan heading yang baru dibuat di bagian kerangka dokumen.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Anda dapat menampilkan teks normal apa pun dalam dokumen garis besar. Untuk itu, Anda perlu membuat ukuran teks lebih besar dari teks lainnya. Untuk melakukannya, pilih teks dan klik ikon plus untuk memperbesar ukuran font.

Setelah Anda melakukannya, itu akan disertakan dalam kerangka dokumen. Jika Anda tidak ingin menampilkan judul dalam kerangka, Anda dapat mengarahkan mouse ke atas judul dan mengeklik ikon silang.

Bagaimana cara menambahkan kerangka di Google Documents?

Untuk menambahkan kerangka di Google Documents, Anda harus mengikuti petunjuk langkah-langkah yang disebutkan di atas. Pertama, buka Lihat dan pilih opsi Tampilkan kerangka dokumen . Kemudian, pilih teks apa saja dan ubah menjadi Judul 1 atau Judul 2. Teks akan disertakan dalam kerangka secara otomatis.

Bagaimana cara menggunakan alat Garis Besar Google Documents?

Opsi Garis Besar atau alat di Google Documents membantu Anda membuat kerangka dokumen, bukan sebuah Daftar Isi. Anda dapat menampilkan garis besar untuk keuntungan Anda dan menavigasi dari satu judul ke judul lainnya dengan cepat dengan bantuan opsi ini. Untuk menggunakan alat Garis Besar Google Documents, Anda dapat mengikuti semua langkah yang disebutkan di atas.

Itu saja! Semoga panduan ini membantu.

Baca: Cara memasukkan Daftar Isi di Google Docs.