Cara membuat Percikan Cat Air di Photoshop

Photoshop digunakan oleh para profesional dan penghobi di seluruh dunia. Photoshop dapat digunakan untuk melakukan begitu banyak tugas, tidak mengherankan mengapa begitu populer. Anda dapat mempelajari cara membuat percikan cat air di Photoshop dengan membaca artikel ini. Semua ini cukup mudah dipahami dan diikuti, bahkan jika Anda hanya seorang pemula.

Cara membuat Percikan Cat Air di Photoshop

Membuat percikan cat air di Photoshop cukup sederhana dan akan menghabiskan banyak hal yang akan Anda pelajari. Anda dapat menambahkan variasi Anda sendiri ke dalam proses untuk menambahkan sentuhan pribadi Anda. Setelah mempelajari ini, Anda akan menemukan keterampilan berharga yang dapat Anda gunakan untuk membuat barang hadiah yang dipersonalisasi. Barang-barang ini dapat dicetak cangkir, t-shirt, kalender, logo, dan bahkan tanda tangan email. Mari kita ikuti langkah-langkah yang mudah diikuti tentang cara membuat percikan cat air di Photoshop.
Buat dokumen Photoshop baruTempatkan gambar di PhotoshopTambahkan isian gradienTambahkan layer baruSikat layer menggunakan kuas percikan catMenambahkan lapisan penyesuaian levelTerapkan efek kuas keringSimpan1] Buat Dokumen Photoshop Baru
Yang pertama langkah dalam membuat percikan cat air adalah membuat dokumen photoshop baru. Anda dapat membuka Photoshop lalu pergi ke File lalu New dan jendela opsi dokumen baru akan muncul. idealnya, Anda ingin membuat dimensi dokumen menjadi besar sehingga percikan cat air cocok untuk banyak aplikasi, besar atau kecil. Ingat bahwa Photoshop adalah grafik raster sehingga pada akhirnya akan menjadi pixelated ketika terlalu banyak diregangkan. Untuk membuatnya cukup besar tanpa menjadi piksel dengan cepat, buat dimensi dan resolusinya cukup besar. Di sisi lain, jika percikan cat air hanya untuk layar, maka akan lebih baik untuk menjaga resolusi kecil karena tidak akan dicetak.

Gunakan dimensi ini untuk menyiapkan dokumen baru Anda. Karya seni ini hanya untuk layar sehingga Anda dapat mempertahankan resolusi pada 72.

Berikut adalah gambar yang akan digunakan untuk proyek ini.
2] Tempatkan gambar di Photoshop
Sekarang saatnya untuk menempatkan gambar yang akan Anda gunakan di Photoshop. Buka File lalu Place lalu pilih gambar dan klik Place. Gunakan gambar untuk mengisi seluruh kanvas. Artinya, gambar harus berkualitas tinggi sehingga dapat memenuhi kanvas tanpa mengalami pikselasi. Pilih gambar yang orientasinya sama dengan kanvas sehingga ketika diregangkan gambar tidak terlihat terdistorsi.
3] Add Gradient fill
A Gradient fill akan digunakan untuk menambahkan warna dasar pada gambar. Ada dua cara untuk menambahkan isian Gradien. Anda dapat pergi ke bagian bawah panel Layers dan memilih ikon yang bertuliskan Create new fill or adjustment layer. Ini adalah ikon keempat setelah ikon rantai (Lapisan tautan) di sebelah kiri. Arahkan kursor ke atasnya dan lihat namanya.

Anda juga dapat pergi ke menu atas dan memilih Layer kemudian New fill layer lalu Gradient.

Sebuah jendela New Layer akan muncul di mana Anda dapat memberi nama layer fill baru dan memilih mode Color.

Opsi pengisian Gradien jendela akan muncul dan Anda bisa memilih gradien, Gaya, Sudut dan opsi lainnya. Ketika Anda selesai. Tekan Ok untuk mengonfirmasi pilihan Anda. Tergantung pada gradien yang Anda pilih, itu akan menyembunyikan gambar.

Jika Anda tidak ingin gradien menyembunyikan gambar, Anda dapat memilih mode warna menjadi Multiply atau Linear dodge pada langkah Sebelumnya yaitu ketika Anda memiliki lapisan Isi Baru pilihan. Mode warna yang dipilih adalah Linear dodge. Jika gradien terlalu terang, Anda dapat menurunkan Opacity of the Gradient fill ke level yang nyaman.

Pada jendela opsi Gradient fill tekan panah bawah di samping warna gradien untuk melihat gradien default yang tersedia. Gradient Editor akan muncul dan Anda dapat memilih yang Preset atau membuat gradien Anda sendiri. Untuk yang satu ini, gradien Spektrum dipilih. Jika Anda ingin melihat namanya, arahkan kursor ke gradien dan Anda akan melihat namanya. Setelah selesai memilih gradien, klik Ok untuk mengonfirmasi pilihan Anda.

Opasitas pengisian gradien diturunkan menjadi 75%.
4] Tambahkan layer baru
Buat layer baru dengan membuka bilah menu atas dan mengklik Layer lalu New lalu Layer. Lapisan baru akan muncul di panel lapisan di atas lapisan lainnya. Warnai layer putih dengan masuk ke menu bar bagian atas lalu klik Edit kemudian Fill.

A akan muncul jendela Fill. Klik panah drop-down di kotak Use dan pilih White. Anda dapat memilih warna lain atau memilih pola jika Anda suka. Untuk membuat layer baru berubah warna Anda harus menghapus centang Preserve transparent.

Tambahkan Layer mask ke layer baru yang telah dibuat. Klik di atasnya dan pergi ke bagian bawah layer mask dan pilih ikon Add layer mask di samping ikon Fx.
5] Brush layer menggunakan paint splash brush
Untuk menggunakan kuas splash pergi ke panel alat kiri dan pilih alat Brush. Ubah warna latar depan pada panel alat kiri menjadi hitam dan warna latar belakang menjadi putih. Anda kemudian klik kanan pada kanvas dan cari kuas Paint splash dan klik itu. Jika tidak ada, Anda dapat mengunduhnya dari situs web tepercaya. Anda juga dapat menggunakan jenis kuas lain, bereksperimen dengan yang ada sampai Anda menemukan satu yang memberikan efek yang Anda butuhkan.

Lukis kanvas dan Anda akan melihat gambar mulai muncul. Anda dapat mengubah ukuran saat Anda melukis untuk memberikan efek unik Anda.
6] Tambahkan lapisan penyesuaian Tingkat
Kontras gambar dapat ditingkatkan menggunakan lapisan penyesuaian Tingkat. Untuk menambahkan lapisan penyesuaian Levels, buka bilah menu atas dan pilih Layers lalu New Adjustment Layers lalu Levels.

Jendela penyesuaian Levels akan muncul. gunakan pengaturan yang ditampilkan. Namun, sesuaikan secara manual dan perhatikan bagaimana pengaruhnya terhadap gambar Anda dan sesuaikan dengan keinginan Anda.
7] Terapkan efek Kuas Kering
Langkah terakhir adalah menerapkan efek Kuas kering pada karya seni. Sebelum menerapkan efek, Anda perlu menggabungkan semua lapisan menjadi satu lapisan dan memberinya nama. Anda dapat memanggil lapisan gabungan ini Kuas kering sehingga Anda tahu untuk apa itu.

Pilih lapisan yang disebut Kuas kering dan pergi ke bilah menu atas dan klik Filter lalu Filter galeri dan kemudian cari Kuas kering. Kurangi opacity layer Dry brush, opacity yang ada di artikel adalah 50%. Kurangi opacity ke tingkat yang membuat gambar terlihat memuaskan bagi Anda.

Gambar lengkap
8] Save
Untuk menyimpan gambar, buka File lalu Save as dan pilih nama File dan Format. Pastikan untuk menyimpan gambar sebagai Photoshop PSD sehingga penyesuaian dapat dilakukan nanti. File kemudian dapat disimpan dalam format file lain. Untuk penggunaan online, format file yang digunakan adalah JPEG karena lebih kecil dan lebih mudah untuk ditransfer secara online. Jika Anda ingin salinan digunakan tetapi tidak ingin menyimpan latar belakang, Anda dapat menyimpan salinan dalam format file PNG.

Baca: Cara membuat Foto Berwarna seperti Sketsa di Photoshop CS6

Bagaimana cara  membuat percikan cat air di Photoshop?

Membuat percikan cat air di Photoshop cukup mudah dan artikel ini menunjukkan langkah-langkah dan detailnya. Berikut langkah-langkah membuat percikan cat air menggunakan gambar favorit Anda.
Membuat dokumen Photoshop baruLetakkan gambar di PhotoshopTambahkan gradien fillTambahkan layer baruSikat layer menggunakan kuas percikan catMenambahkan lapisan penyesuaian levelMenerapkan efek kuas keringSave
Bagaimana cara membuat efek percikan di Photoshop?

Yang paling mudah cara membuat efek splash s di photoshop adalah dengan menggunakan kuas. Pilih alat Kuas dari panel alat kiri, klik kanan pada kanvas dan cari sikat percikan. Jika tidak tersedia di Photoshop, Anda dapat mengunduhnya dari sumber tepercaya online dan memuatnya ke dalam kuas Photoshop. Anda juga dapat menambahkan percikan cat air ke gambar menggunakan langkah-langkah di bawah ini.
Pilih Foto Anda.Luncurkan Photoshop.Setel Latar Depan dan Latar Belakang Anda ke Warna Defaultnya.Tambahkan Lapisan Penyesuaian Peta Gradien.Ambil Brush Tool dan Buka Kunci Latar Belakang Anda.Setel Ulang Latar Depan Anda dan Warna Latar Belakang. Sesuaikan Pengaturan Kuas Anda. Lukis dengan kuas percikan.
Saya harap tutorial ini bermanfaat bagi Anda.