Cara membuat Rumus untuk Menambah, Mengurangi, Mengalikan atau Membagi di Excel

Microsoft Excel memungkinkan pengguna di seluruh dunia untuk melakukan perhitungan umum dan kompleks, dan membantu individu untuk menyelesaikan pekerjaan rumit atau tugas yang diberikan kepada mereka. Salah satu fungsi Excel yang paling penting adalah kemampuannya untuk melakukan rumus yang membantu pengguna untuk menambah, mengalikan, membagi, dan mengurangi angka. Ketika rumus dimasukkan ke dalam Spreadsheet Excel, dan Anda telah menekan tombol enter untuk melihat hasilnya di sel spreadsheet, Anda akan melihat rumus perhitungan di bilah rumus, yang merupakan bilah alat khusus di bagian atas Excel. lembar kerja. Orang juga akan menggunakan bilah rumus untuk mengedit perhitungan mereka. Meskipun Excel memiliki fungsi untuk membantu Anda melakukan penjumlahan, pembagian, pengurangan, dan perkalian secara cepat, Anda juga dapat melakukan perhitungan sederhana dengan simbol aritmatika pada keyboard Anda.

Cara membuat Rumus untuk melakukan penghitungan dasar di Excel

Cara membuat Rumus untuk Dijumlahkan di Excel

Kapan itu datang ke penambahan angka di Excel, Anda dapat menambahkan dua angka atau lebih menggunakan tanda plus (+) di antara angka; tanda sama dengan harus sebelum rumus untuk bekerja. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuat rumus yang melakukan penambahan.
Luncurkan Excel atau buka tabel yang ada dengan angka untuk ditambahkan. Ketik perhitungan ke dalam sel yang ingin Anda tempatkan hasilnya, misalnya =15+25+4+10+5, Tekan tombol Enter untuk melihat hasilnya.
Cara membuat Rumus Pengurangan di Excel

Untuk membuat rumus yang melakukan pengurangan, ikuti prosedur yang sama seperti rumus penambahan di atas; bedanya hanya menggunakan tanda plus (+), anda akan menggunakan tanda Minus (-), misalnya =150-78.

Cara Membuat Rumus Perkalian di Excel

Untuk membuat rumus yang melakukan perkalian angka, sebaiknya menggunakan simbol asterisk (*), misalnya =1200 *3.

Cara membuat Rumus Pembagi di Excel

Rumus yang melakukan pembagian bilangan sama prosedurnya dengan rumus perkalian, tetapi menggunakan simbol  garis miring (/ ), misalnya =12/4. Lihat foto di bawah.

Bagaimana cara membuat rumus di Excel tanpa menggunakan Fungsi?

Anda harus menggunakan referensi sel untuk memungkinkan excel melakukan perhitungan. Ikuti langkah-langkah di bawah ini:
Klik sel tempat Anda ingin memasukkan rumus. Di bilah rumus, ketik tanda sama dengan dan pilih sel yang berisi nilai yang Anda inginkan atau ketik referensi sel.
Bagaimana cara menerapkan rumus ke seluruh kolom di Excel?

Jika Anda memiliki kolom tertentu yang ingin Anda hitung dalam spreadsheet, masukkan fungsinya, lalu sorot kolom yang ingin Anda sertakan di baris yang ingin Anda tempatkan hasilnya. Kolom yang telah Anda pilih dengan data untuk menghitung referensi akan muncul di sel, lalu tekan Enter.

READ: Cara menggunakan fungsi SUMSQ di Excel

Apa yang dimaksud dengan rumus dasar di spreadsheet?

Di Microsoft Excel, rumus adalah ekspresi yang beroperasi pada nilai dalam rentang sel. Rumus ini mengembalikan hasil, bahkan ketika itu adalah kesalahan. Rumus Excel memungkinkan pengguna untuk melakukan perhitungan seperti penambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian angka.

Apa 3 kegunaan umum Excel?

Tiga kegunaan paling umum untuk perangkat lunak Excel adalah membuat anggaran, menghasilkan grafik dan bagan, dan untuk menyortir data. Excel digunakan dalam bisnis untuk memperkirakan kinerja masa depan, menghitung pajak, menyelesaikan penggajian dasar, membuat grafik, dan menghitung pendapatan.

READ: Cara menggunakan fungsi IMPRODUCT di Excel

Kami harap tutorial ini membantu Anda memahami cara membuat perhitungan rumus dasar di Excel; jika Anda memiliki pertanyaan tentang tutorial, beri tahu kami di komentar.