Cara membuka File atau Folder secara otomatis saat Windows dimulai

Pada artikel ini, kita akan melihat cara membuka file atau folder secara otomatis saat Windows dijalankan. Mungkin ada beberapa file atau folder yang Anda buka setelah memulai sistem Anda. Misalnya, jika Anda seorang pelajar, Anda mungkin membuka beberapa dokumen atau folder yang berisi dokumen Anda pada startup sistem, jika Anda seorang desainer grafis, Anda mungkin membuka beberapa gambar atau folder yang berisi data Anda pada startup sistem, dll. Microsoft telah mempermudah Anda dengan membuat folder Startup.

Folder Startup adalah folder yang digunakan untuk membuka program, file, dan folder secara otomatis pada startup sistem. Jika Anda membuka file atau folder yang sama pada startup sistem, Anda dapat membuatnya sederhana dengan menggunakan folder Startup Windows.

Cara membuka File atau Folder secara otomatis saat Windows dijalankan

Anda dapat membuka file atau folder secara otomatis saat Windows dijalankan melalui:
Folder StartupThe Task Scheduler
Di bawah , kami telah membahas kedua metode ini secara detail.

1] Cara membuka file atau folder secara otomatis saat Windows dimulai melalui folder Startup

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Anda dapat menggunakan folder startup untuk membuka program, file, dan folder yang biasanya Anda buka setelahnya. menyalakan sistem Anda. Untuk membuka file dan folder secara otomatis setiap kali Anda memulai sistem, Anda harus meletakkannya di folder Startup. Kami telah menjelaskan seluruh proses langkah demi langkah di bawah ini.
Cara membuka file secara otomatis ketika Windows dimulai melalui folder Startup
Langkah-langkah untuk melakukannya adalah sebagai berikut:

Tekan tombol Win + R untuk meluncurkan kotak perintah Run.Ketik shell:startup dan klik OKE. Ini akan membuka folder Startup. Salin file yang ingin Anda buka pada startup sistem. Tempelkan file yang disalin ke folder Startup.
Setelah melakukan langkah-langkah di atas, Widows akan membuka file yang ditempatkan di folder Startup secara otomatis setiap kali Anda menghidupkan pada sistem Anda. Jika ini tidak berhasil, Anda harus menempatkan pintasan file di folder Startup. Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Klik kanan di ruang kosong di Desktop Anda.Buka “New > Shortcut.”Klik tombol Browse dan pilih file, shortcut yang ingin Anda buat.Klik Next.Rename your shortcut ( jika Anda ingin melakukannya).Klik Finish.
Setelah membuat pintasan file, salin semuanya dan tempel ke folder Startup. Jika Anda tidak ingin menyimpan pintasan di Desktop, Anda dapat menggunakan metode potong dan tempel alih-alih metode salin dan tempel.
Cara membuka folder secara otomatis saat Windows dijalankan melalui folder Startup
Untuk membuka folder secara otomatis setiap kali Anda sistem, ikuti langkah-langkah yang disediakan di bawah ini:

Klik kanan pada folder pintasan yang ingin Anda buat dan pergi ke “Kirim ke > Desktop (Buat Pintasan).” Jika Anda adalah pengguna Windows 11, pilih Tampilkan lebih banyak opsi setelah mengklik kanan folder. Setelah itu, Anda akan melihat opsi “Kirim ke” di menu konteks. Setelah membuat pintasan folder, salin dari desktop Anda. Buka folder Startup dengan mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan di atas. Tempel folder yang disalin ke folder Startup .
Sekarang, setiap kali Anda memulai sistem Anda, Windows akan secara otomatis membuka folder yang ditempatkan di folder Startup.

Baca: Cara mengaktifkan dan menonaktifkan suara startup di Windows 11.

2] Cara membuka file atau folder secara otomatis saat Windows dijalankan melalui Penjadwal Tugas

Task Scheduler adalah alat yang berguna di perangkat Windows yang memungkinkan pengguna menjadwalkan tugas untuk tanggal dan waktu tertentu. Anda juga dapat menggunakan aplikasi Penjadwal Tugas untuk membuka file dan folder secara otomatis saat memulai sistem. Mari kita lihat bagaimana melakukannya. Berbeda dengan cara di atas, proses membuka file dan folder secara otomatis saat Windows dijalankan berbeda untuk Task Scheduler. Kami akan menjelaskan kedua metode tersebut di sini.

Cara membuka file secara otomatis saat Windows dijalankan melalui Penjadwal Tugas

Langkah-langkah membuat tugas untuk membuka file pada startup sistem tertulis di bawah ini:
Buka Penjadwal Tugas.Buat folder baru untuk tugas kustom Anda .Klik kanan di sisi kanan dan pilih Buat Tugas Baru.Masukkan nama tugas Anda.Tentukan Pemicu dan Tindakan.Klik OK.
Mari kita lihat langkah-langkah ini secara detail.

1] Klik Pencarian Windows dan ketik Penjadwal Tugas. Pilih aplikasi Penjadwal Tugas dari hasil pencarian.

2] Saat Penjadwal Tugas terbuka, klik kanan pada folder Perpustakaan Penjadwal Tugas dan pilih Folder Baru. Folder Perpustakaan Penjadwal Tugas tersedia di panel kiri.

3] Setelah membuat folder, pilih. Sekarang, buka “Tindakan> Buat Tugas.” Sebuah jendela baru akan muncul di layar Anda. Ketik nama tugas Anda di bawah tab Umum.

4] Pilih tab Pemicu dan klik tombol Baru. Tombol Baru tersedia di sisi kiri bawah. Jendela baru akan muncul. Pilih Saat Memulai di drop-down Mulai tugas. Klik OK untuk menyimpan.

5] Pilih tab Tindakan dan klik tombol Baru yang tersedia di sisi kiri bawah. Di menu tarik-turun Tindakan, pastikan opsi “Mulai program” dipilih.

Untuk membuka file di komputer Windows, Anda memerlukan program khusus. Tanpa program, Anda tidak dapat membuka file di komputer Anda. Oleh karena itu, jika Anda ingin membuka file secara otomatis saat Windows mulai menggunakan Penjadwal Tugas, Anda harus menambahkan program defaultnya ke Penjadwal Tugas. Untuk melakukannya, klik tombol Browse dan pilih file program yang dapat dieksekusi. Setelah memilih program, Anda akan melihat jalur lengkapnya di bidang Program/skrip di Penjadwal Tugas.

Setelah menambahkan jalur program, Anda harus menentukan jalur lengkap file sehingga Windows akan membuka file itu di pilihan program secara otomatis setiap kali Anda memulai sistem Anda. Untuk ini, salin jalur file Anda dan tempel ke bidang Tambahkan argumen (opsional). Setelah menempelkan jalur file, ketikkan namanya beserta ekstensinya di akhir jalur diikuti dengan garis miring terbalik. Misalnya, jika file gambar png ditempatkan di direktori F Anda dan nama filenya adalah xyz, path lengkap yang harus Anda ketik adalah sebagai berikut:
F:xyz.png
Pada path di atas, F adalah lokasi di mana file disimpan, XYZ adalah nama file, dan png adalah ekstensi file. Klik OK untuk menyimpan.

Sekarang, Windows akan membuka file dalam program yang dipilih secara otomatis setiap kali Anda menyalakan komputer. Perhatikan bahwa metode ini mungkin tidak berfungsi untuk beberapa program. Saya sudah mencobanya di software Paint dot net. Setelah me-restart komputer saya, Paint dot net tidak dapat membuka file. Setelah itu, saya menjadwalkan file yang sama untuk dibuka secara otomatis pada startup sistem di IrfanView dan IrfanView membuka file tanpa kesalahan. Jika Anda juga menerima kesalahan apa pun, pertama, periksa apakah bidang Program/Script dan Tambahkan argumen (opsional) berisi jalur lengkap. Jika jalurnya benar tetapi Anda mendapatkan kesalahan, Anda dapat mencoba perangkat lunak lain atau Anda dapat menggunakan metode folder Startup.

Saya juga mencoba metode lain untuk membuka file menggunakan Penjadwal Tugas dan metode ini bekerja dengan sempurna untuk semua jenis file. Anda harus membuat file batch dan menjalankan file ini menggunakan Penjadwal Tugas. Langkah-langkah untuk melakukannya adalah sebagai berikut:
Buka Notepad.Tulis skrip untuk membuka program.Tentukan argumen untuk membuka file dalam program itu.Simpan file batch itu.Buka Penjadwal Tugas.Buat tugas baru.Tentukan Pemicu dan Tindakan .Klik OK untuk menyimpan.
Mari kita lihat semua langkah ini secara detail.

1] Buka Notepad.

2] Tulis skrip untuk membuka program. Scriptnya adalah sebagai berikut:
Start C:”program pathprogram.exe” “path of filefile name.extension”
Mari kita pahami script di atas. Misalkan Anda ingin membuka file pdf di Adobe Acrobat Reader dari file batch. Untuk ini, pertama, Anda harus mengetikkan jalur tempat Adobe Acrobat DC diinstal di komputer Anda. Setelah itu, ketikkan nama file yang dapat dieksekusi bersama dengan ekstensi .exe diikuti dengan garis miring terbalik. Ini akan membuka Adobe Acrobat DC tetapi tidak membuka file pdf di Adobe Reader. Untuk membuka file pdf di Adobe Reader, Anda harus menentukan argumen setelah jalur program diikuti dengan spasi. Dalam argumen ini, pertama ketik path file, setelah itu, ketik nama file beserta ekstensinya diikuti dengan garis miring terbalik. Skrip di bawah ini akan membantu Anda memahaminya dengan lebih jelas.
Start C:”Program FilesAdobeAcrobat DCAcrobatAcrobat.exe” “F:bedtime stories.pdf”
Skrip di atas menunjukkan jalur lengkap Adobe Acrobat DC . Dalam argumen, F mewakili jalur file pdf dan cerita pengantar tidur adalah nama file pdf, dan .pdf adalah ekstensi file.

Setelah selesai, simpan file ini sebagai file batch. Untuk melakukannya, tekan tombol Ctrl + S dan ketik nama file.bat. Di sini, nama file adalah nama file Anda dan .bat adalah ekstensinya. Anda dapat mengetik nama apa pun alih-alih nama file tetapi ekstensi .bat harus tetap sama.

3] Buka Penjadwal Tugas dan pilih folder yang telah Anda buat untuk menentukan tugas kustom. Sekarang, buka “Tindakan> Buat Tugas.” Beri nama untuk tugas Anda di bawah tab Umum.

4] Pilih tab Pemicu dan klik tombol Baru. Pilih Saat Memulai di drop-down Mulai tugas. Sekarang, pilih tab Tindakan dan klik tombol Baru. Klik pada menu tarik-turun Tindakan dan pilih Mulai program. Klik tombol Browse dan pilih file .bat yang baru saja Anda buat. Klik OK untuk menyimpan.

Sekarang, Windows akan membuka file yang dipilih pada startup.
Cara membuka folder secara otomatis ketika Windows dimulai melalui Penjadwal Tugas Sekarang, mari kita lihat metode untuk membuka folder pada startup sistem dengan menggunakan Penjadwal Tugas. Langkah-langkah untuk melakukannya tertulis di bawah ini:
Buka Penjadwal Tugas.Buat tugas baru.Masukkan nama tugas Anda.Tentukan Pemicu dan Tindakan.Klik OK.
Mari kita lihat semua langkah ini secara detail.

1] Buka Penjadwal Tugas dan buat folder baru untuk tugas kustom Anda. Jika Anda telah membuat folder baru, pilih folder itu.

2] Klik dua kali folder Perpustakaan Penjadwal Tugas untuk memperluasnya dan pilih folder yang telah Anda buat. Sekarang, buka “Tindakan> Buat Tugas.” Jendela baru akan muncul. Beri nama untuk tugas Anda.

3] Pilih tab Pemicu dan klik tombol Baru. Klik menu drop-down Begin the task dan pilih At Startup dari daftar options.

4] Pilih tab Actions dan klik tombol New. Klik pada menu tarik-turun Tindakan dan pilih Mulai program. Saat membuka file pada startup Windows melalui Penjadwal Tugas, kami memasukkan jalur lengkap program default dan lokasi lengkap file. Hal yang sama akan kita lakukan disini.

Disini, program untuk membuka folder adalah File Explorer. Oleh karena itu, ketik explorer.exe di bidang Program/skrip dan jalur folder di bidang Tambahkan argumen (opsional). Klik OK untuk menyimpan.

Sekarang, Windows akan membuka folder yang dipilih secara otomatis setiap kali Anda memulai sistem Anda.

Baca: Menghentikan aplikasi agar tidak terbuka atau berjalan saat startup di Windows.

Bagaimana cara membuat folder terbuka saat startup?

Jika Anda ingin membuka folder folder saat startup, Anda dapat melakukannya dengan menambahkan pintasan folder itu ke folder Startup atau dengan menjadwalkan tugas yang sama di Penjadwal Tugas. Cara yang pertama adalah cara yang paling mudah. Cukup buat pintasan folder yang ingin Anda buka saat startup dan rekatkan pintasan itu ke folder Startup. Untuk membuka folder startup, ketik shell:startup di kotak perintah Run dan klik OK.

Bagaimana cara membuat program terbuka saat Windows dijalankan?

Aplikasi Penjadwal Tugas di Windows memberi pengguna fasilitas untuk menjadwalkan tugas. Anda dapat menggunakan aplikasi Penjadwal Tugas ini untuk membuka program saat Windows dimulai. Untuk melakukannya, buat tugas baru di Penjadwal Tugas dan pilih opsi Saat komputer mulai jika Anda membuat tugas Dasar atau Saat memulai jika Anda membuat tugas baru. Jika Anda mencari metode termudah untuk membuka program saat Windows dijalankan, letakkan pintasan program tersebut di folder Startup.

Semoga ini membantu.

Baca selanjutnya: Cara menonaktifkan program startup di Windows.