Cara membuka Folder dengan Pintasan Keyboard di Windows 11/10

Dalam posting ini kami akan menunjukkan cara membuka folder dengan pintasan keyboard di komputer Windows 11/10. Ada daftar besar pintasan keyboard di Windows 10 dan Windows 11 OS untuk tindakan yang berbeda, tetapi tidak ada cara langsung untuk melakukan hal yang sama untuk folder. Oleh karena itu, bagi mereka yang ingin membuka folder dengan cepat menggunakan hotkey atau pintasan yang ditentukan, opsi yang tercakup dalam posting ini pasti akan sangat membantu.

Anda tidak perlu pergi ke lokasi folder, lagi dan lagi, sematkan ke folder Menu mulai, Akses cepat, dll., Untuk membukanya. Hanya pintasan keyboard yang memungkinkan Anda membuka folder dari lokasi mana pun. Apakah Anda menggunakan menu Start, File Explorer, browser, atau bekerja dengan aplikasi, ketika Anda perlu mengakses folder Anda, tekan hotkey dan folder itu akan terbuka.

Buka Folder dengan Pintasan Keyboard di Windows 11/10

Ada dua yang berbeda cara untuk membantu Anda membuka folder menggunakan pintasan keyboard. Ini adalah:
Menggunakan Pintasan FolderMenggunakan alat WinHotkey.
Mari kita periksa kedua opsi satu per satu.
1] Buka Folder dengan Pintasan Keyboard menggunakan Pintasan Folder di Windows 11/10

Ini adalah opsi yang lebih mudah dan bawaan di Windows 11/10 untuk membuka folder dengan pintasan keyboard. Anda juga dapat menggunakan opsi ini untuk membuat pintasan keyboard untuk membuka program atau aplikasi. Prosesnya sangat mirip. Berikut langkah-langkahnya:
Klik kanan pada folder pilihan AndaAkses menu Send to. Jika Anda menggunakan Windows 11, pertama-tama Anda perlu mengklik Tampilkan lebih banyak opsi, dan kemudian Anda dapat mengakses menu Kirim ke Klik pada opsi Desktop (buat pintasan). Ini akan menambahkan pintasan folder ke desktop AndaSekarang klik kanan pada pintasan folderKlik pada opsi PropertiesJendela Properties akan terbuka dengan tab Shortcut. Jika tidak, maka Anda perlu memilih tab Shortcut. Ada field Shortcut key di tab itu. Masukkan kombinasi tombol pintas di bidang ituTekan tombol OK.
Sekarang Anda dapat membuka folder itu menggunakan tombol pintas yang Anda tetapkan. Diperlukan waktu 2-4 detik untuk meluncurkan folder setelah tombol pintas ditekan.

Perhatikan bahwa opsi ini akan berfungsi selama pintasan desktop folder tersebut tersedia. Setelah Anda menghapus pintasan itu, tombol pintas untuk membuka folder itu tidak akan berfungsi. Anda dapat menyembunyikan pintasan folder itu dari desktop jika Anda tidak ingin melihatnya di sana.

Terkait: Cara membuka File atau Folder menggunakan Command Prompt atau PowerShell
2] Buka Folder dengan Hotkey Kustom menggunakan alat WinHotKey karena tidak memerlukan pintasan desktop folder. Dalam opsi ini, kami telah menggunakan alat gratis bernama WinHotKey yang memungkinkan Anda membuka folder menggunakan kombinasi tombol khusus. Anda dapat menggunakan tombol seperti Shift, Alt, Win, Ctrl, tombol numerik, alfabet, dll., untuk mengatur hotkey pilihan Anda.

Selain membuka folder, alat ini juga berguna untuk meluncurkan aplikasi, membuka dokumen, dll ., menggunakan tombol pintas khusus. Selain itu, Anda juga dapat mengubah kombinasi tombol pintas untuk folder atau aplikasi kapan saja Anda mau.

Mari kita periksa langkah-langkah untuk membuka folder menggunakan pintasan keyboard dengan bantuan alat ini:
Ambil alat ini dari directge.usInstal alat dan jalankan. Jendela Konfigurasi WinHotKey akan terbuka Klik tombol New Hotkey di jendela itu. Ini akan membuka kotak terpisahDi kotak itu, masukkan deskripsi untuk hotkey di bidang yang diberikan. Anda dapat menambahkan teks khusus pilihan Anda untuk deskripsiPilih kombinasi tombol menggunakan opsi yang tersedia untuk mengatur hotkey khususPilih opsi Buka Folder dari menu tarik-turun yang tersedia untuk I Want WinHotKey to sectionKlik tombol Browse untuk memilih folderTekan tombol Tombol OK.
Itu saja. Tombol pintas untuk folder tertentu akan ditambahkan dan terlihat di jendela konfigurasi alat ini bersama dengan kombinasi tombol pintas, folder target, dan tindakan.

Dengan cara yang sama, Anda dapat menetapkan tombol pintas untuk folder lain menggunakan langkah-langkah di atas. Setelah itu, tutup jendela konfigurasi dan alat akan mulai berjalan di baki sistem bilah tugas Windows 11/10 Anda. Saat Anda menekan tombol pintas, folder terkait akan terbuka.

Anda juga dapat mengklik dua kali ikon baki sistemnya untuk membuka jendela konfigurasi dan menambahkan lebih banyak tombol pintas. Jika mau, Anda juga dapat mengubah kombinasi hotkey dan menghapus hotkey yang Anda set menggunakan opsi Edit Hotkey dan Remove Hotkey.

Bagaimana cara membuat pintasan untuk membuka folder?

Berbagai jenis pintasan dapat dibuat atau digunakan untuk membuka folder map. Misalnya, Anda dapat:
Membuat pintasan desktop untuk folder untuk membukanya. Untuk ini, klik kanan pada folder, gunakan menu Kirim ke, dan pilih opsi Desktop (buat pintasan) Buat pintasan Bilah Tugas File Explorer untuk membuka folder favorit Anda Tetapkan tombol pintas atau pintasan keyboard untuk membuka folder. Untuk melakukan ini, Anda dapat menggunakan jendela properti pintasan folder. Kami telah membahas semua langkah untuk ini di posting ini.
Bagaimana cara menetapkan pintasan keyboard di Windows 11?

Ada banyak pintasan keyboard Windows 11 (seperti pintasan keyboard File Explorer, pintasan keyboard umum, pintasan keyboard bilah tugas, dll.) sudah ditetapkan untuk tugas yang berbeda. Tetapi jika Anda ingin menggunakan pintasan keyboard untuk membuka folder dan/atau aplikasi, Anda harus menetapkannya secara manual. Untuk itu, Anda dapat menggunakan pintasan desktop folder atau aplikasi atau menggunakan alat pihak ketiga. Posting ini mencakup kedua opsi dengan petunjuk langkah demi langkah.

Semoga ini bermanfaat.

Baca selanjutnya:Akses dan Luncurkan folder Aplikasi menggunakan pintasan Desktop.