Cara memperbaiki Aplikasi dan Program yang Rusak di Windows 11/10

Kami menggunakan banyak perangkat lunak di PC Windows kami. Beberapa kami menginstal dan beberapa datang pra-instal. Terkadang aplikasi berperilaku tidak normal dengan pengaruh proses atau program lain. File rusak dan membuat aplikasi rusak atau kami mungkin tidak sengaja menghapus file yang diperlukan. Kasus seperti itu membuat aplikasi atau program berfungsi tidak menentu. Kita perlu memperbaikinya agar bisa berfungsi normal kembali. Dalam panduan ini, kami memiliki cara untuk memperbaiki aplikasi dan program yang rusak di Windows 11/10.

Alasan utama di balik aplikasi mogok atau rusak di Windows 11/10 adalah:
Bug di pembaruan WindowsKorupsi atau penghapusan file aplikasi penting Program pihak ketiga mengacaukannya fungsionalitasAntivirus melanggar proses yang diperlukan dari programAplikasi yang tidak kompatibel ke versi Windows
saat iniMari kita lihat bagaimana kami dapat memperbaiki semua masalah ini dan menjalankan program secara normal di Windows 11/10.

Cara Memperbaiki Aplikasi dan Program yang Rusak di Windows 11/10

Jika aplikasi atau program rusak dan berfungsi tidak menentu atau mogok sekaligus, Anda dapat mengikuti metode di bawah ini untuk memperbaiki masalah dan membuatnya berfungsi kembali.
Perbarui WindowsPeriksa pembaruan untuk program tertentuPerbaiki program secara manualPantau program yang baru diinstalNonaktifkan antivirusInstal ulang program
Mari masuk perincian setiap metode dan perbaiki masalah yang menyebabkan aplikasi atau program rusak.
1] Perbarui Menang dows

Bug dalam pembaruan Windows mungkin membuat aplikasi rusak atau macet. Mereka akhirnya diperbaiki dengan pembaruan yang akan datang. Periksa pembaruan Windows dan instal di PC Anda untuk memperbaiki masalah.

Untuk memeriksa pembaruan Windows,
Buka aplikasi Setelan menggunakan pintasan keyboard Win+I.Klik Pembaruan Windows di panel sisi kiri pada laman Setelan.Kemudian, klik pada tombol Periksa pembaruan. Kemudian akan menemukan pembaruan Windows yang tersedia dan menunjukkan kepada Anda untuk mengunduh dan menginstalnya.
Periksa apakah pemasangan pembaruan Windows baru telah memperbaiki masalah atau tidak. Jika tidak, ikuti metode di bawah ini.
2] Periksa pembaruan untuk program tertentu. Cara lain untuk memperbaiki aplikasi atau program yang rusak pada Windows 11/10 adalah dengan memperbarui program tertentu. Ini memperbaiki file yang hilang atau rusak yang menyebabkannya rusak.

Anda dapat memperbarui program di Windows dengan mudah dengan cara berikut:
Menggunakan menu Bantuan dalam programMenggunakan Microsoft StoreMengunduh versi terbaru secara manual dari situs web resmiMenggunakan pembaruan perangkat lunak pihak ketiga program3] Perbaiki program secara manual

Jika program diinstal dari Microsoft Store, Anda dapat Memperbaiki atau Mengatur Ulang dengan mudah untuk memperbaiki masalah apa pun yang terjadi dengannya. Untuk memperbaiki program secara manual, Anda perlu membuka aplikasi Setelan dan mengeklik Aplikasi di menu sebelah kiri. Kemudian, klik tab Aplikasi & fitur. Anda akan melihat daftar aplikasi dan program yang diinstal pada PC Anda. Klik menu tiga titik di samping program yang bermasalah dengan Anda, lalu pilih Opsi lanjutan. Kemudian, scroll ke bawah ke bagian Reset dan klik tombol Perbaiki di bawahnya. Ini akan menemukan masalah dengan program dan memperbaiki atau memperbaikinya. Selain itu, Anda dapat menjalankan pemecah masalah Aplikasi Windows Store untuk menemukan dan memperbaiki masalah aplikasi windows.

TIP:FixWin adalah perangkat lunak Perbaikan PC gratis terbaik.
4] Pantau program yang baru saja diinstal
Jika Anda telah menyaksikan aplikasi atau program yang rusak setelah menginstal program di PC Anda, cukup hapus instalan program yang baru diinstal dan lihat apakah masalah telah diperbaiki. Terkadang proses aplikasi lain dapat memengaruhi fungsionalitas aplikasi lain yang diinstal pada PC. Mungkin ada bentrokan di antara mereka dalam alokasi sumber daya, dll.
5] Nonaktifkan antivirus
Ada banyak contoh di mana antivirus menandai sebuah program dan menonaktifkan satu atau lebih filenya agar tidak berjalan di PC Anda. Beberapa antivirus melakukannya di latar belakang tanpa memberi tahu pengguna, dan beberapa memberi tahu pengguna tentang hal itu. Atau antivirus mungkin memblokir proses yang digunakan oleh aplikasi dan menyebabkannya rusak. Anda perlu menonaktifkan antivirus dan melihat apakah aplikasi berfungsi dengan baik tanpa rusak atau mogok. Jika demikian, Anda harus menambahkan program itu ke Daftar Pengecualiannya.

Baca:Cara Menambahkan atau Mengecualikan aplikasi di Exploit Protection
6] Instal ulang program

Jika tidak ada metode di atas yang berhasil memperbaiki aplikasi yang rusak, Anda harus menghapus instalasi program dari PC Anda dan instal ulang setelah mengunduhnya dari situs web resmi atau Microsoft Store.

Untuk mencopot pemasangan program di Windows 11,
Buka aplikasi Setelan dari menu MulaiKlik Aplikasi di bilah sisi kiri, lalu di Aplikasi & fiturTemukan aplikasi yang Anda inginkan untuk mencopot pemasangan dan klik tombol tiga titik di sampingnya dan pilih Copot pemasangan dari opsi. Ikuti wizard di layar untuk menyelesaikan penginstalan program
Sekarang, unduh dan instal aplikasi dari sumber resmi dan tepercaya untuk menjalankannya tanpa masalah di PC Anda. /10. Jika tidak ada solusi di atas yang berfungsi, maka aplikasi mungkin rusak karena bug dalam program. Anda harus menunggu untuk memperbaikinya di pembaruan berikutnya atau menginstal versi program sebelumnya.

Baca:Bagaimana menemukan di mana Program diinstal di Windows

Apakah Windows 11 memiliki alat perbaikan?

Ya, Windows 11 memiliki pemecah masalah untuk berbagai masalah yang terjadi pada Windows 11 serta opsi perbaikan untuk aplikasi yang diinstal dari Microsoft Store. Anda dapat menggunakannya untuk memecahkan masalah atau memperbaiki aplikasi yang menyebabkan masalah pada PC Anda. Pemecah masalah tersedia langsung di aplikasi Pengaturan sedangkan opsi Perbaikan untuk aplikasi dapat ditemukan di pengaturan Aplikasi. Pemeriksa Berkas Sistem dan Alat DISM juga dapat dianggap sebagai alat perbaikan.

Bagaimana cara memperbaiki aplikasi Windows yang rusak?

Ada banyak cara untuk memperbaiki aplikasi Windows. Anda dapat memperbarui Windows, menjalankan pemecah masalah aplikasi Windows Store, memperbaiki aplikasi tertentu yang rusak dari Pengaturan, memperbarui aplikasi yang rusak, atau menginstalnya kembali dengan bersih. Anda dapat menggunakan metode apa pun untuk memperbaiki aplikasi yang rusak dan menggunakannya secara normal.

Baca terkait:Cara memperbaiki Windows 11 tanpa kehilangan data atau program.