Cara Memperbaiki Valorant Error Code VAL 5 dengan benar

Pada postingan kali ini kita akan membahas tentang cara menghilangkan Error Code VAL 5 di Valorant. Valorant adalah game gratis untuk dimainkan, yaitu Anda dapat mengunduh dan memainkan game di sistem Anda tanpa membayar biaya tambahan. Namun, seperti game lainnya, Valorant tidak bebas dari kesalahan. Banyak pengguna telah melaporkan menemukan Kode Kesalahan VAL 5 di Valorant. Pesan kesalahan yang tepat mengatakan,

Error Game telah kehilangan koneksi. Luncurkan kembali klien untuk memulihkan konektivitas. Kode Kesalahan: VAL 5 pada Valorant

Jangan khawatir jika Anda juga mengalami masalah yang sama. Coba saja solusi di bawah ini untuk memperbaiki masalah.

Apa yang menyebabkan Kode Kesalahan VAL 5 pada Valorant?

Tidak ada alasan khusus mengapa Anda menghadapi masalah dalam pertanyaan tersebut. Tetapi dalam kebanyakan kasus, masalah tampaknya terjadi karena alasan berikut.
Salah satu alasan utama di balik masalah ini adalah koneksi internet yang lemah atau tidak stabil. Jika ada masalah server yang sedang berlangsung, yaitu jika server Valorant sedang dalam pemeliharaan, Anda paling kemungkinan akan menghadapi masalah dalam pertanyaan. Driver jaringan yang ketinggalan zaman dapat menjadi alasan utama lain di balik Kode Kesalahan VAL 5 di Valorant.
Sekarang setelah Anda memiliki pengetahuan sebelumnya tentang berbagai alasan di balik masalah tersebut, mari kita lihat cara menghilangkannya .

Perbaiki Kode Kesalahan VAL 5 pada Valorant

Berikut adalah daftar solusi efektif untuk menghilangkan Kode Kesalahan VAL 5 pada Valorant yang mungkin Anda hadapi di PC Windows 11/10 Anda:
Mulai ulang klienPeriksa status serverMulai ulang routerInstal Ulang VanguardSiram cache DNSPerbarui Driver JaringanKirim a Ticket
Sekarang, mari kita periksa semua solusi ini secara detail.
1] Mulai ulang client
Seperti yang disebutkan dalam pesan kesalahan itu sendiri, Anda harus memulai ulang klien untuk memulihkan konektivitas. Jadi, mulai ulang klien game dan periksa apakah ada bedanya. Jika ya, Anda baik untuk pergi. Namun jika masalah terus berlanjut, lanjutkan dengan solusi di bawah ini.
2] Periksa status server

Salah satu alasan utama di balik masalah tersebut adalah proses pemeliharaan yang berkelanjutan. Situasi ini terutama muncul ketika Valorant akan merilis pembaruan baru atau ketika pengembang sedang memperbaiki bug utama dalam game. Dalam kedua kasus tersebut, server dapat mati dan menyebabkan masalah.

Untuk memeriksa status server, kunjungi situs web Status Layanan Riot Games. Pilih Status Layanan Valorant dari daftar. Di jendela berikut, Anda akan melihat apakah ada masalah yang sedang berlangsung dengan game.
3] Restart router
Masalah dapat terjadi karena koneksi internet yang lemah atau tidak stabil. Jika demikian halnya dengan Anda, Anda harus memecahkan masalah koneksi internet Anda untuk menyelesaikan masalah tersebut. Anda dapat melakukannya dengan memulai ulang router.

Cabut sumber daya router dan tunggu sekitar 2-3 menit. Hubungkan kembali router, dan hubungkan dengan sistem Anda. Periksa apakah masalahnya sudah diperbaiki atau tidak. Atau, Anda bahkan dapat menghubungi ISP Anda dan meminta mereka untuk memperbaiki koneksi yang tidak stabil.

Lihat: Tidak dapat menginstal Valorant di Windows PC
4] Instal ulang Vanguard
Riot Vanguard adalah perangkat lunak keamanan resmi Riot Games. Meskipun melakukan pekerjaan yang baik untuk mempertahankan tingkat integritas kompetitif tertinggi dari permainan, pada saat yang sama, itu juga bisa menjadi alasan utama di balik masalah ini. Anda harus menginstal ulang Riot Vanguard untuk menyelesaikan masalah.

Untuk melakukannya, kunjungi Control Panel > Program and Features > Klik kanan Riot Vanguard > Uninstall.
5] Flush DNS cache

Jika Anda kesulitan mengakses server Valorant, hal berikutnya yang dapat Anda coba adalah membersihkan cache DNS Windows. Anda dapat melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.
Buka Command Prompt dalam mode administrator. Ketik ipconfig / flushdns dan tekan tombol enter.
Tutup Command Prompt setelah Anda melihat – Konfigurasi IP Windows. Berhasil menghapus DNS Resolver Cache.

Lihat: Fitur DX11 level 10.0 diperlukan untuk menjalankan mesin – Valorant
6] Perbarui Driver
JaringanJika Anda sudah lama tidak memperbarui driver jaringan, tidak mengherankan jika Anda menghadapi Kode Kesalahan: VAL 5 aktif berani. Anda harus mengunduh pembaruan driver Jaringan terbaru untuk menyelesaikan masalah.

Setelah proses pengunduhan selesai, instal pembaruan pada sistem Anda dan lakukan proses reboot. Luncurkan game dan periksa apakah masalahnya berlanjut.
7] Kirim Ticket

Dalam skenario terburuk, jika Anda masih berjuang dengan masalah yang sama, saatnya untuk mengambil saran lebih lanjut dari pakar game itu sendiri. Kerusuhan hadir dengan opsi Kirim Tiket, di mana Anda dapat mengambil panduan dari seorang ahli tentang masalah yang Anda hadapi saat ini. Berikut cara melakukannya.
Untuk memulainya, buka situs web dukungan Valorant.Klik opsi Kirim Tiket yang ada di bagian atas jendela.Klik ikon tarik-turun yang ada di bawah,Pilih jenis permintaan.Dari menu konteks, pilih Masalah Teknis: Instal, patch, lag, atau crash.
Sekarang lanjutkan dengan petunjuk di layar untuk mengambil panduan dari para ahli.

Baca: Memperbaiki kode kesalahan VALORANT Vanguard 128, 57

Bagaimana cara memperbaiki kode kesalahan VAL 51 di Valorant ?

Menghilangkan kode error VAL 51 di Valorant sangat mudah. Masalahnya terutama muncul karena masalah internet; dengan demikian, hal pertama yang harus Anda coba adalah me-reboot router Anda. Bersamaan dengan ini, Anda dapat mengunduh pembaruan game terbaru, mencoba layanan VPN, dan menginstal ulang Vanguard untuk memperbaiki masalah.

Mengapa Valorant mogok?

Ada beberapa alasan mengapa Valorant melintasi sistem Anda. Namun di antara semuanya, driver grafis yang ketinggalan zaman sering menjadi penyebab utama. Masalah ini juga dapat terjadi karena banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Baca Selanjutnya: Memperbaiki VALORANT DirectX Runtime error.