Cara memperbarui Kata Sandi BitLocker pada Drive yang Dilindungi di Windows 11/10

Jika Anda ingin memperbarui kata sandi BitLocker Anda pada drive yang dilindungi di Windows 11 atau Windows 10, berikut adalah cara melakukannya. Ada tiga cara untuk melakukannya, dan artikel ini menjelaskan semua metodenya. Anda dapat mengikuti salah satu metode berikut untuk memperbarui kata sandi BitLocker – menggunakan Control Panel, menggunakan Command Prompt, PowerShell – atau Terminal Windows juga.

Cara memperbarui Kata Sandi BitLocker pada Drive yang Dilindungi

Untuk memperbarui kata sandi BitLocker pada drive yang dilindungi di Windows 11/10 , ikuti metode berikut:
Menggunakan Panel KontrolMenggunakan Prompt PerintahMenggunakan Windows PowerShell1] Menggunakan Panel Kontrol
Ini adalah opsi yang paling mudah digunakan untuk mengubah atau memperbarui kata sandi BitLocker pada drive yang dilindungi di komputer Windows 11 atau Windows 10. Namun, panduan ini menjelaskan proses membuat perubahan untuk drive C di Windows 11. Dimungkinkan untuk memperbarui PIN atau kata sandi pada Windows 10 untuk driver lain menggunakan langkah yang sama.

Pertama, Anda perlu membuka Control Panel. Untuk itu, telusuri panel kontrol di kotak Penelusuran Taskbar dan klik hasil penelusuran individual. Setelah dibuka, klik menu Enkripsi Drive BitLocker.

Namun, jika Anda tidak dapat menemukannya, klik opsi Lihat menurut dan pilih Ikon besar. Kemudian, temukan drive yang dilindungi dan klik opsi Ubah PIN.

Selanjutnya, Anda harus memasukkan PIN lama bersama dengan PIN baru dua kali.

Terakhir, klik tombol Ubah PIN. Kata sandi BitLocker Anda akan segera diperbarui.

Jika Anda ingin menggunakan salah satu dari dua metode berikut, Anda memiliki dua opsi. Pertama, Anda dapat membuka Command Prompt atau Windows PowerShell versi mandiri. Kedua, Anda dapat membuka Terminal Windows dan beralih antara Command Prompt dan PowerShell. Langkah-langkah berikut ini untuk pengguna Command Prompt atau Windows PowerShell mandiri. Namun, Anda juga dapat menggunakan perintah yang sama di Terminal Windows.
2] Menggunakan Command Prompt

Untuk menggunakan metode Command Prompt, Anda harus membuka jendela Command Prompt yang ditinggikan terlebih dahulu. Kemudian, masukkan perintah ini:
manage-bde -changepin C:
Jangan lupa mengganti C dengan huruf drive dari drive yang dilindungi BitLocker. Kemudian, Anda perlu memasukkan PIN baru dua kali untuk mengonfirmasi.
3] Menggunakan Windows PowerShell

Perintah untuk metode Command Prompt dan Windows PowerShell adalah sama. Anda harus membuka Windows PowerShell dengan hak istimewa administrator terlebih dahulu. Kemudian, Anda dapat memasukkan perintah ini:
manage-bde -changepin C:
Seperti biasa, C adalah huruf drive dari drive yang dilindungi BitLocker. Selanjutnya, Anda perlu memasukkan PIN atau kata sandi dua kali untuk menyimpan perubahan. Setelah selesai, Anda dapat menggunakan kata sandi baru untuk membuka kunci drive.

Baca: Cara mengubah PIN BitLocker di Windows 11/10

Bagaimana cara mengubah kata sandi di hard drive BitLocker saya?

Ada tiga cara untuk mengubah kata sandi di hard drive BitLocker Anda . Anda dapat menggunakan Windows PowerShell, Command Prompt, dan Control Panel untuk menyelesaikan pekerjaan. Disarankan untuk mengikuti panduan yang disebutkan di atas sesuai kebutuhan Anda untuk mengubah atau memperbarui kata sandi.

Bagaimana cara mengubah kata sandi BitLocker dengan kunci Pemulihan?

Untuk mengubah kata sandi BitLocker dengan kunci Pemulihan, Anda harus membuka panel pemulihan BitLocker terlebih dahulu. Kemudian, temukan ID kunci Pemulihan dan berikan kepada administrator. Jika Anda adalah administrator, Anda dapat memasukkan ID kunci Pemulihan di masing-masing panel kosong. Setelah itu, Anda akan dapat memasukkan sandi baru.

Itu saja!

Baca: Terlalu banyak upaya entri PIN BitLocker error.