Cara memutar atau melihat file APNG (Animated PNG) di Windows 11/10 PC

Dalam postingan ini, kami akan membantu Anda cara memutar atau melihat file APNG (Animated PNG) di PC Windows 11/10. File APNG (Animated Portable Network Graphics) mirip dengan GIF animasi dan memiliki ekstensi nama file *.apng dan *.png. Format file ini juga berisi beberapa bingkai (untuk urutan animasi) dan jika Anda memiliki beberapa PNG animasi yang ingin Anda buka atau mainkan, maka kami telah membahas beberapa opsi dalam posting ini yang dapat Anda gunakan.

Play atau melihat file APNG (PNG Animasi) pada Windows 11/10 PC

Daftar di bawah ini menyertakan opsi berbeda untuk memutar atau melihat file PNG animasi di PC Windows 11/10:
browser Microsoft EdgeHoneyview Image Viewer softwareQuickLook Aplikasi Microsoft Store.
Mari kita periksa semua opsi ini.
1] browser Microsoft Edge

Jika Anda hanya perlu untuk memutar file PNG animasi dengan cepat, maka browser Microsoft Edge akan menjadi pilihan terbaik. Anda tidak perlu melalui proses instalasi apa pun karena Microsoft Edge sudah ada di dalam Windows 11/10. Cukup seret PNG animasi dan letakkan di browser Edge.

Atau, Anda juga dapat menggunakan menu Buka dengan klik kanan Windows 11/10 untuk memilih Microsoft Edge. Ini akan langsung mulai memutar file APNG itu di tab terpisah. Anda juga dapat memperbesar dan memperkecil animasi PNG, menggunakan alat Web Capture pada tab APNG, dan beberapa fitur lainnya.

Serupa dengan browser Edge, Anda juga dapat menggunakan Firefox, Google Chrome, dan Opera untuk membuka dan memutar file APNG .
2] Perangkat lunak Honeyview Image Viewer File

APNG relatif kurang populer dibandingkan GIF dan oleh karena itu hanya beberapa alat penampil gambar yang mendukung format file ini. Perangkat lunak penampil gambar Honeyview adalah salah satu opsi yang dapat memutar file PNG animasi.

Anda dapat menggunakan alat gratis ini untuk memutar file APNG tanpa menu dan kontrol pemutaran pada antarmukanya. Hanya gambar APNG yang terlihat dengan batas antarmuka yang membantu mengatur fokus pada file APNG saja.

Selain hanya memainkan PNG animasi, Anda dapat menggunakan opsi lain yang disediakan oleh alat ini. Ini memungkinkan Anda melihat gambar APNG bingkai demi bingkai, membalikkan PNG animasi, membalik file APNG secara vertikal atau horizontal, memperbesar dan memperkecil, menampilkan/menyembunyikan gambar EXIF, mengonversi dan memutar gambar, dan banyak lagi.

Dengan semua opsi tersebut, penampil gambar ini dapat dianggap sebagai salah satu opsi terbaik untuk memutar atau melihat gambar PNG animasi.

Selain alat ini, perangkat lunak penampil gambar populer lainnya XnView juga mampu memutar file APNG.

Terkait:Cara mengonversi PNG Animasi ke GIF di Windows PC
3] QuickLook Microsoft Store app

Cara menarik untuk memutar file PNG animasi di komputer Windows 11/10 adalah dengan menggunakan aplikasi Microsoft Store gratis bernama QuickLook. Anda juga dapat mengunduh dan menggunakan aplikasi desktopnya. Yang membuatnya menarik untuk digunakan adalah Anda dapat memutar file PNG animasi tanpa membukanya. Anda cukup menekan tombol pintas dan jendela pratinjau akan mulai memutar file APNG itu.

Quick Look sebenarnya adalah fitur asli macOS untuk mempratinjau file tanpa perlu membukanya. Fitur ini tidak tersedia di OS Windows tetapi alat pihak ketiga memungkinkan untuk melihat pratinjau file di Windows 11/10. Aplikasi QuickLook Microsoft Store adalah salah satu alat tersebut. Aplikasi ini mendukung banyak format file untuk gambar (termasuk APNG), file media, dokumen, dll.

Setelah menginstal aplikasi ini atau aplikasi desktopnya, biarkan berjalan di latar belakang. Pilih file APNG dan tekan tombol Spasi. Itu akan membuka jendela pratinjau dan file APNG akan mulai diputar di jendela itu. Anda dapat menggunakan zoom in dan out menggunakan roda mouse, beralih ke mode terang dan gelap, dan memeriksa tinggi dan lebar file input di jendela itu.

Anda juga dapat menyimpan jendela pratinjau agar tetap di atas aplikasi lain dan menyesuaikan ukuran jendela sesuai kebutuhan Anda atau cukup maksimalkan.

Baca juga:Cara mengedit PNG Animasi (APNG) di Windows 11/10

Browser apa yang mendukung APNG?

Jika Anda menggunakan komputer Windows 11/10, maka Anda harus menggunakan Microsoft Edge untuk membuka file APNG. Hal ini karena Anda akan dapat menggunakan fitur browser lain bersama dengan itu. Di sisi lain, browser Firefox, Google Chrome, dan Opera juga mendukung APNG. Anda juga dapat menggunakan aplikasi Microsoft Store gratis dan alat penampil gambar yang tercakup dalam posting ini untuk memutar file APNG.

Apakah Windows 11/10 mendukung APNG?

Ya, Windows 11/10 mendukung file APNG. Tetapi Anda tidak dapat menggunakan aplikasi Foto aslinya untuk membuka atau memutar file APNG. Jika Anda akan membuka file APNG di aplikasi Foto, maka itu hanya akan menampilkan bingkai pertama saja. Oleh karena itu, jika Anda ingin memutar file APNG di OS Windows 10 atau Windows 11, maka Anda harus menggunakan penampil gambar, browser, atau aplikasi Microsoft Store yang mendukung untuk itu. Dalam posting ini, kami telah menyertakan daftar semua opsi yang dapat membantu Anda memutar gambar PNG animasi di OS Windows 11/10. Lihat mereka.

Baca selanjutnya:Membuat gambar WebP animasi menggunakan layanan dan perangkat lunak WebP Maker animasi gratis.