Cara menambahkan batas ke Gambar di Windows 11/10

Gambar
An tanpa batas dapat terlihat sedikit membosankan. Menambahkan batas warna-warni ke dalamnya adalah cara yang bagus untuk memuliakan sesuatu. Itu sebabnya, dalam posting ini, kita akan melihat bagaimana Anda dapat menambahkan perbatasan ke gambar atau tangkapan layar di Windows 11/10 menggunakan Snipping Tool. ShareX atau Paint.

Cara menambahkan batas ke Gambar di Windows 11/10

Jika Anda ingin menambahkan batas ke gambar, gambar, atau tangkapan layar, ikuti salah satu metode berikut.
1] Menambahkan Perbatasan ke Tangkapan Layar menggunakan Snipping Tool

Snipping Tool adalah program bawaan. Ini dapat digunakan untuk mengambil tangkapan layar yang tampak luar biasa dan untuk mengeditnya sesuai kebutuhan Anda. Yang tidak diketahui kebanyakan orang, alat ini dapat secara otomatis menerapkan batas ke tangkapan layar jika Anda mengaktifkan fitur yang disebut  Snip Outline. Ikuti langkah-langkah ini untuk mengaktifkan fitur Snip Outline di Snipping Tool.
Buka Snipping Tool.Klik pada tiga titik horizontal bertuliskan Lihat Selengkapnya.Pilih Setelan.Cari Snip Outline dan aktifkan menggunakan sakelar.Sekarang, perluas Snip Outline menggunakan panah bawah dan ubah warna dan ketebalan.
Sekarang, lanjutkan dan ambil tangkapan layar menggunakan Snipping Tool.

A perbatasan akan otomatis ditambahkan ke gambar Anda.

Jika Anda bingung, Anda harus tahu bahwa alat Snip dan Sketsa di Windows 11 adalah bernama Snipping tool dan Snipping Tool yang lama tidak digunakan lagi.

Baca: Cara Mengaktifkan atau Snipping Tool atau Mencetak Screen
2] Menambahkan Perbatasan ke Gambar menggunakan ShareX

ShareX adalah alat gratis yang memungkinkan Anda mengambil tangkapan layar dan membuatnya terlihat seperti Anda ingin. Untuk mengunduh aplikasi, buka getsharex.com. Anda akan melihat beberapa tombol, klik Unduh untuk mendapatkan aplikasi ini.

Setelah aplikasi diunduh, buka File Explorer dan jalankan paket penginstalan untuk menginstal perangkat lunak di komputer Anda. Anda harus mengikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan penginstalan.

Sekarang, ikuti langkah-langkah yang ditentukan untuk menambahkan batas ke tangkapan layar menggunakan ShareX.
In ShareX, buka Pengaturan tugas.Pilih Efek, lalu klik Konfigurasi efek gambar.Klik pada + dari Presets lalu ketik “Screenshot Border”  di bidang Preset Name.Klik + dari Effects dan pilih Drawing > Backgrounds.Sekarang, sesuaikan semua hal tentang border, dari panjang hingga warna.
Sekarang, setiap kali Anda mengambil screenshot a perbatasan akan ditambahkan.

Ada berbagai jenis batas preset untuk Anda pilih. Jika Anda ingin melihat mereka. Buka ShareX > Setelan Tugas > Efek > Konfigurasi efek gambar > Efek gambar. Pilih browser atau itu akan membuka file di browser default Anda.

Anda dapat memilih perbatasan pilihan Anda dan mengunduhnya. Ini adalah cara yang bagus untuk menambahkan sentuhan yang terlihat bagus ke tangkapan layar Anda.
3] Tambahkan Perbatasan ke Gambar menggunakan Paint
Jika Anda tidak ingin memperumit banyak hal dan hanya menginginkan sesuatu yang akan memberikan sentuhan estetis pada tangkapan layar Anda, cobalah menggunakan MS Paint. Ini jelas merupakan program built-in gratis yang ada di komputer Anda. Jika Anda ingin menggunakan alat tersebut, luncurkan MS Paint. Kemudian, rekatkan tangkapan layar yang telah Anda ambil di sana, dan pilih gambar menggunakan Selector. Perluas kanvas untuk membuat batas, lalu dari Alat, pilih Isi, pilih warna, lalu tambahkan.

Baca juga: Perangkat Lunak Tangkapan Layar Gratis Terbaik untuk Windows 11/10.

Bagaimana cara menempatkan batas di sekitar tangkapan layar di Word?

Anda tidak memerlukan aplikasi tambahan untuk menempatkan batas di sekitar tangkapan layar, MS Word cukup mampu melakukan hal yang sama untuk Anda.

Kami berasumsi bahwa Anda tidak memiliki alat lain untuk mengambil tangkapan layar dan Anda cukup menekan PrtSc ( Print Screen) untuk mengambil tangkapan layar dan menempelkannya di mana pun Anda mau. Setelah Anda menempelkan tangkapan layar di MS Word, ikuti langkah-langkah yang ditentukan untuk menempatkan batas di sekitar tangkapan layar di Word.
Pilih gambar dan klik Picture Format.Pilih batas dari katalog yang tersedia.Untuk mengedit browser, klik Picture Border .Sekarang, Anda dapat mengubah warna, tanda hubung, berat, dll.
Setelah melakukan penyesuaian, gambar Anda sudah siap.

Bagaimana cara memberi batas di sekitar tangkapan layar?

Anda dapat dengan mudah memasang batas di sekitar tangkapan layar menggunakan salah satu metode yang disebutkan di atas. Kami hanya menyebutkan aplikasi gratis. Jadi, Anda tidak perlu membeli apa pun. Yang harus Anda lakukan adalah mengonfigurasi aplikasi ini untuk menambahkan batas ke tangkapan layar Anda.

Bagaimana cara mendapatkan Alat Pemotong batas?

Untuk mendapatkan batas di Alat Pemotong, Anda harus mengaktifkan Snip Outline. Ini dapat diaktifkan dari pengaturan Snipping Tool. Setelah Anda mengaktifkan fitur dan mengonfigurasinya, semua tangkapan layar Anda akan memiliki batas di sekelilingnya.

Baca juga: Perekam Desktop dan Perekaman Layar Gratis.