Cara Mencegah Korupsi Data di komputer Windows

Dalam postingan kali ini, kita akan membahas tentang Penyebab Data Corruption, Beserta Akibat & Jenisnya, serta Cara Mencegah & Memperbaiki Data Corruption di Komputer Windows. Salah satu hal yang paling menjengkelkan adalah data penting di komputer Windows Anda rusak. Dengan itu, data Anda menjadi tidak dapat diakses atau tidak berguna karena kerusakan karena perubahan yang tidak diinginkan sedang dibuat, dan data asli tidak dapat diambil kembali. Kerusakan data adalah akar dari sebagian besar kesalahan pada komputer Windows karena dapat memengaruhi file apa pun di komputer Anda, akibatnya menyebabkan masalah saat mengakses program yang menjalankan file tersebut.

Selain itu, banyak orang mengalami masalah ini, dan itu dapat terjadi pada siapa saja untuk berbagai alasan, seperti serangan virus dan banyak lainnya. Namun, menyadari tindakan pencegahan yang dapat Anda ambil untuk mencegahnya dapat menghindarkan Anda dari banyak stres. Untuk alasan ini, artikel ini akan membahas berbagai teknik yang efisien untuk mencegah korupsi data di komputer Windows dan beberapa hal lain yang harus Anda ketahui tentang korupsi data.

Penyebab Korupsi Data di komputer Windows

Sangat penting untuk memahami penyebab korupsi data pada sistem Windows dan cara mengatasinya mencegahnya.
Serangan virus adalah penyebab utama korupsi data karena virus memiliki kemampuan untuk sepenuhnya mengubah data di komputer Anda dan dengan demikian merusaknya.Hard drive yang rusak juga dapat menyebabkan korupsi data.Selain itu, penyimpanan file yang tidak tepat di komputer Anda dapat menyebabkan korupsi data. Banyak orang mengabaikan masalah ini, tetapi ini patut mendapat perhatian. Anda berisiko memiliki data yang rusak jika Anda tidak menghapus drive eksternal dengan benar dari komputer Anda atau tidak menutup program dengan benar.
Secara umum, jika Anda tidak menangani data dengan cukup baik, data akan mudah rusak. Oleh karena itu, mengelola data Anda dengan benar akan menjadi semakin penting sebagai sarana untuk mencegah korupsi data.

Mencegah Korupsi Data di komputer Windows

Pencegahan korupsi data sangat mudah; Anda harus mempertimbangkan beberapa langkah untuk mengelola data di komputer Anda. Berikut adalah enam cara terbaik untuk mencegah kerusakan data di komputer Windows:
Pastikan praktik yang baik saat mentransfer data Lepaskan hard drive eksternal dengan benar dari PC AndaJaga komputer Anda aman dari malwarePeriksa kesehatan hard disk Anda secara teraturCegah drive Anda dari masalah perangkat keras
Sekarang, mari selami tindakan pencegahan .
1] Pastikan pembatalan transfer data yang benar
Beberapa dari kami dinyatakan bersalah karena membatalkan transfer di komputer kami dengan cara yang sangat tidak tepat, mungkin hanya dengan mencabut penyimpanan tempat Anda mentransfer selama proses transfer. Ini adalah praktik yang sangat buruk yang membuat data Anda kemungkinan besar rusak.

Selain itu, selalu pastikan proses transfer Anda tidak terganggu oleh pemadaman listrik atau faktor lainnya, terutama saat Anda menggunakan “copy dan tempel” opsi untuk mentransfer data. Secara keseluruhan, jika Anda ingin membatalkan transfer, lakukan dengan benar. Hentikan transfer di komputer Anda sebelum mencabut penyimpanan eksternal Anda atau apa pun yang Anda gunakan untuk mentransfer data.
2] Lepaskan hard drive eksternal dengan benar dari PC
AndaKetika Anda selesai menggunakan perangkat penyimpanan eksternal, Anda tidak boleh hanya mencabutnya dari komputer karena Anda tidak pernah tahu apakah program latar belakang mengakses file di sana. Dan melakukan ini membuat file rusak. Untuk menghindari kerusakan komputer Anda, sebaiknya keluarkan penyimpanan sebelum mencabutnya.
3] Jaga komputer Anda aman dari malware
Virus dan Malware adalah hal lain yang merusak data di perangkat kami. Mereka mengubah file Anda dari bentuk aslinya ke bentuk lain yang sama sekali berbeda dari apa yang dapat dibaca oleh aplikasi atau komputer Anda. Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk sering menjalankan pemindaian virus dan malware di komputer Anda. Dengan melakukan ini, Anda akan menyelamatkan data Anda agar tidak terpengaruh oleh virus atau malware.
4] Periksa kesehatan hard disk Anda secara teratur
Meskipun selalu merupakan ide yang baik untuk memeriksa Kesehatan Hard Disk Anda secara rutin untuk menemukan Error & Bad Sector,  sama pentingnya untuk pantau Hard Disk secara teratur jika Anda tidak ingin ketahuan oleh kegagalan hard disk tanpa alasan yang jelas. Hard Disk saat ini menggunakan Teknologi Self-Monitoring, Analisis, dan Pelaporan SMART untuk memantau kesehatannya dan mengirimkan sinyal jika gagal.

Jika unit penyimpanan Anda mengalami masalah, maka data di dalamnya tidak aman. Memeriksa kesehatan hard disk Anda sama pentingnya dengan praktik lain untuk mencegah korupsi data karena ini akan membantu memindai kesalahan atau masalah yang dapat menyebabkan kerusakan data. Untuk memeriksa kesehatan hard disk di Windows, lakukan pemeriksaan Disk Error sebagai berikut:
Buka File Explorer di komputer Anda Klik kanan pada drive Anda dan pilih Properties dari menu drop-down yang dihasilkan. Beralih ke tab Tools, pilih Check, dan ketuk OK. Pada jendela yang dihasilkan, tekan Pindai Drive dan tunggu beberapa detik hingga pemindaian berjalan. Jika tidak ada kesalahan yang ditemukan, cukup tutup jendela.
Namun, jika ada masalah dengan drive Anda dan pemindaian menunjukkannya, ikuti panduan ini untuk memperbaikinya kesalahan harddisk. Anda dapat melakukan pemindaian ini sesering mungkin.

Anda juga dapat memeriksa Kesehatan Hard Disk secara asli menggunakan WMIC.
5] Mencegah hard disk Anda dari masalah perangkat keras
Menjaga PC Anda bersih dan melindunginya dari benturan atau kerusakan akibat kelembaban adalah tindakan pencegahan lain yang akan kita bicarakan untuk mencegah korupsi data. Seringkali sulit untuk memulihkan file dari hard drive yang rusak karena kerusakan mungkin telah merusaknya. Jika Anda merawat komputer dengan benar, Anda mungkin dapat menghindari hal ini.

Selain itu, data di komputer Anda dapat rusak karena tindakan seperti mematikan komputer saat program sedang aktif atau membuka file dengan program yang tidak didukung. Namun, mengelola file Anda dengan benar adalah praktik terbaik untuk menghindari kerusakan data di komputer Windows. Anda memiliki kemungkinan yang sangat rendah untuk membuat data Anda rusak jika ini dilakukan.

Manfaat mencadangkan file Anda juga harus ditekankan karena hal itu dapat sangat membantu jika data Anda rusak meskipun telah mengambil tindakan pencegahan keamanan ini. Menggunakan tautan ini, Anda dapat membaca informasi lebih lanjut tentang mencadangkan data di PC Windows.

Baca: Bagaimana memulihkan file yang rusak dari USB Drive

Apa yang terjadi ketika Data rusak?

Ketika file di komputer Anda rusak, baik Anda maupun aplikasi yang menjalankan dengan itu akan dapat menggunakannya. Kerusakan data, kemudian, pada dasarnya mengubah keseluruhan atau sebagian file menjadi sesuatu yang sama sekali tidak terkait dengan bentuk aslinya.

Dapatkah Anda memperbaiki Kerusakan data?

Korupsi data terkadang dapat diperbaiki, tetapi tidak selalu. Beberapa perangkat lunak dapat membantu memperbaiki data yang rusak. Namun, yang terbaik adalah mengelola file Anda dengan benar sehingga tidak diperlukan.

Apa konsekuensi korupsi Data?

Korupsi data membuat file yang terpengaruh tidak dapat diakses di komputer Anda. Anda tidak akan dapat mengakses file lagi, dan perangkat lunak yang menggunakan file tersebut juga tidak akan dapat membacanya karena telah diubah dari bentuk aslinya ke bentuk lainnya. Ini menyiratkan bahwa pesan kesalahan akan mulai muncul saat menggunakan program tersebut atau mengakses file yang rusak itu sendiri.

Apa saja jenis korupsi Data?

Korupsi data dibagi menjadi dua kategori: tidak terdeteksi dan terdeteksi. Mayoritas korupsi data yang tidak terdeteksi mempengaruhi file program dan tidak mudah terlihat. Kehilangan data dan efek nyata lainnya adalah hasil dari korupsi data yang terdeteksi. Sementara itu, dengan menggunakan metode yang dijelaskan di atas, Anda harus dapat memperbaiki masalah komputer yang disebabkan oleh korupsi data.