Cara mencetak Gambar Besar atau Poster pada banyak halaman di PC

Jika Anda ingin memasang poster di dinding kamar Anda, Anda membutuhkan gambar yang besar. Untuk mencetak poster, mesin otomatis komersial besar digunakan. Namun, ada satu lagi cara membuat poster dengan menggunakan printer di rumah Anda. Teknik ini melibatkan pemisahan gambar menjadi beberapa bagian dan kemudian mencetak potongan-potongan ini satu per satu. Dengan menggabungkan potongan-potongan kertas ini, Anda dapat membuat poster. Pada artikel ini, kami akan menunjukkan kepada Anda cara mencetak gambar atau poster besar di beberapa halaman di PC.

Cara mencetak Gambar atau Poster Besar di beberapa halaman di PC

Ada beberapa cara untuk mencetak gambar atau poster besar di beberapa halaman di PC. Kami telah menjelaskannya di bawah ini:
Dengan menggunakan Microsoft PaintDengan menggunakan perangkat lunak pihak ketiga gratis dan alat online
Sebelum Anda mulai, perhatikan bahwa gambar Anda harus memiliki kualitas terbaik. Anda menggunakan teknik pemisahan gambar untuk mencetak gambar besar pada banyak halaman. Teknik ini akan memperbesar bagian gambar yang terbelah agar sesuai dengan ukuran kertas yang diinginkan. Jika kualitas gambar Anda lebih rendah, Anda akan mendapatkan gambar berpiksel.

Mari kita lihat kedua metode ini secara detail.

1] Mencetak gambar atau poster besar di beberapa halaman dengan menggunakan Microsoft Paint

Microsoft Paint adalah perangkat lunak editor gambar bawaan di komputer Windows . Jika Anda tidak ingin menginstal perangkat lunak pihak ketiga apa pun di sistem Anda, Anda dapat menggunakan Paint untuk mencetak gambar atau poster berukuran besar. Ikuti langkah-langkah yang tertulis di bawah ini.
Buka Microsoft Paint.Buka gambar.Konfigurasikan penyiapan halaman.Cetak gambar terpisah Anda.

Pertama, buka Microsoft Paint, lalu buka gambar di dalamnya. Setelah memuat gambar Anda di Microsoft Paint, langkah selanjutnya adalah menyiapkan halaman Anda untuk dicetak. Untuk menyiapkan halaman Anda untuk dicetak, buka “File > Print > Page setup.” Sekarang, edit hal-hal berikut sesuai kebutuhan Anda:
Ukuran kertas.Orientasi gambar Anda.Page margins.
Untuk membagi gambar Anda menjadi beberapa bagian, pilih opsi Sesuaikan dengan di bagian Penskalaan dan masukkan jumlah halaman. Halaman yang Anda masukkan di sini akan berada dalam format Rows by Columns atau Columns by Rows. Misalnya, jika Anda memasukkan 2 kali 3 halaman, gambar akan dibagi menjadi 2 x 3 = 6 halaman. Oleh karena itu, Anda harus menggabungkan 6 halaman cetakan ini untuk membuat gambar atau poster yang lebih besar.

Anda juga dapat melihat pratinjau gambar Anda sebelum mencetaknya. Setelah selesai, berikan perintah cetak untuk mencetak semua halaman. Saya mengambil gambar seekor anjing dan membaginya menjadi 4 bagian (lihat tangkapan layar di atas).

2] Cetak gambar atau poster besar di beberapa halaman dengan menggunakan perangkat lunak pihak ketiga gratis dan alat online

Ada banyak perangkat lunak pihak ketiga yang memungkinkan Anda mengonversi gambar menjadi gambar berukuran poster besar dengan cara membelahnya menjadi beberapa bagian. Anda juga dapat menggunakan freeware ini untuk mencetak gambar atau poster besar di banyak halaman. Di sini, kita akan berbicara tentang alat berikut untuk mengonversi gambar menjadi poster.
PosterRazorRasterbator
Mari kita lihat cara menggunakan kedua alat ini.
PosterRazor
PosterRazor adalah perangkat lunak gratis yang memungkinkan pengguna mengubah gambar menjadi poster dengan membaginya menjadi beberapa bagian. Anda dapat menentukan jumlah bagian untuk membagi gambar sebelum memberikan perintah cetak. PosterRazor mengonversi gambar menjadi gambar berukuran poster besar dengan membaginya menjadi beberapa bagian dalam 5 langkah berikut:

Pada langkah 1, Anda harus memuat gambar ke dalam perangkat lunak ini. Untuk ini, klik tombol Telusuri. Pilih format halaman Anda dari daftar yang diberikan dan atur batas dari semua arah. Masukkan ukuran tumpang tindih dalam sentimeter (lebar dan tinggi). Masukkan lebar dan tinggi untuk membagi gambar menjadi beberapa halaman. Pratinjau yang sama ditampilkan di sisi kiri. Simpan poster Anda dalam format PDF sehingga Anda dapat mencetaknya.
Anda dapat mengunduh PosterRazor dari situs resminya.
Rasterbator
Rasterbator adalah layanan online gratis untuk mengubah gambar menjadi poster oleh membelahnya menjadi beberapa bagian. Jika Anda tidak ingin menginstal perangkat lunak pihak ketiga di PC Anda, Anda dapat menggunakan alat online ini. Untuk menggunakan alat gratis ini, kunjungi rasterbator.net. Setelah mengunjungi situs web, klik tautan Buat poster Anda dan pilih gambar dari komputer Anda. Anda juga dapat mengunggah gambar dari URL atau dengan menggunakan metode drag-and-drop.

Setelah mengunggah gambar, Anda akan pindah ke langkah berikutnya, di mana Anda dapat memilih ukuran dan tata letak kertas (potret dan lanskap) sesuai keinginan Anda. persyaratan. Di sini, Anda juga dapat memasukkan jumlah total halaman keluaran. Secara default, halaman keluaran diatur ke 4 (4 Baris dengan 4 Kolom). Ini berarti Anda harus mencetak total 16 halaman. Pratinjau gambar Anda juga ditampilkan di sisi kanan. Setelah selesai, klik Lanjutkan dan pilih efek untuk gambar Anda.

Klik Lanjutkan lagi dan pilih berikut ini:
Warna rasterWarna latar belakangPresets
Klik Lanjutkan dan pilih jenis keluaran dan detail lainnya. Sekarang, klik Selesaikan # halaman poster. Di sini, # mewakili jumlah halaman dalam gambar terpisah Anda. Setelah itu, proses Rasterbaing akan dimulai. Setelah proses Rasterbating selesai, gambar hasil split Anda akan diunduh sebagai PDF.

Demikian pula, ada beberapa perangkat lunak dan alat online yang dapat Anda gunakan untuk membagi gambar menjadi beberapa bagian untuk membuat poster. Anda dapat mencari jenis alat dan perangkat lunak tersebut secara online.

Baca: Mengedit foto secara berkelompok menggunakan perangkat lunak gratis untuk Windows

Bagaimana cara mencetak ukuran poster di komputer saya?

Untuk mencetak ukuran poster di komputer, Anda dapat mengikuti panduan yang disebutkan di atas. Anda dapat memperbesar gambar untuk dicetak pada beberapa halaman dengan membaginya menjadi beberapa bagian. Untuk tujuan ini, Anda dapat menggunakan Microsoft Paint atau perangkat lunak dan alat online pihak ketiga lainnya. Namun Anda harus mengingat satu hal, kualitas gambar harus cukup tinggi untuk mencegahnya menjadi piksel setelah pembesaran.

Bagaimana cara mencetak poster besar di beberapa halaman?

Untuk mencetak gambar besar di poster banyak halaman, Anda harus membaginya menjadi beberapa bagian. Setelah itu, cetak semua halaman. Sekarang, bergabunglah dengan halaman ini untuk membuat poster. Microsoft Paint adalah alat pengeditan gambar yang dapat digunakan untuk tujuan ini. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan perangkat lunak gratis dan alat online.

Baca selanjutnya: Perangkat Lunak Pengeditan Foto Gratis untuk Windows.