Cara Mencetak Halaman Uji di Windows 11 tanpa menggunakan alat apa pun

Dalam tutorial ini, kami akan menunjukkan kepada Anda cara mencetak halaman uji di Windows 11 tanpa menggunakan alat pihak ketiga apa pun. Ini berguna untuk memeriksa masalah penjajaran, aliran tinta untuk kualitas teks dan gambar, dll., sebelum Anda langsung mulai mencetak, terutama dengan printer baru. Meskipun ada beberapa alat gratis yang bagus untuk menguji Printer Anda, Windows 11 menyediakan cara bawaan untuk mencetak halaman uji. Jadi, bagi mereka yang lebih memilih opsi asli, postingan ini akan sangat membantu.

Anda akan mendapatkan hasil yang berarti karena halaman pengujian akan memberikan informasi teknis tentang printer yang mencakup properti printer (nama, nama port, nama komputer, Lingkungan OS, dll. ), properti driver cetak, dan lainnya.

Mencetak Halaman Uji di Windows 11 tanpa menggunakan alat apa pun

Ada dua opsi asli untuk mencetak halaman uji di Windows 11. Ini adalah:
Menggunakan aplikasi PengaturanMenggunakan Properti Printer.
Mari kita periksa kedua opsi satu per satu one.

1] Gunakan aplikasi Pengaturan Windows 11 untuk Mencetak Halaman Pengujian

Ikuti langkah-langkah ini untuk mencetak halaman pengujian menggunakan aplikasi Pengaturan Windows 11:
Gunakan tombol pintasan Win+I untuk membuka aplikasi PengaturanKlik pada kategori Bluetooth & perangkat di bagian kiriPilih Halaman printer & pemindai dari bagian kanan Pilih printer Anda dari daftar printer yang tersedia. Jika printer tidak tersedia, maka instal atau tambahkan printer lokal terlebih dahulu lalu pilih printer Anda. Klik opsi Print test page.
Halaman akan ditambahkan ke antrian printer dan kemudian halaman pengujian akan keluar. Sekarang Anda dapat memeriksa apakah pengaturan printer Anda sudah OK. Jika tidak, sesuaikan atau ubah pengaturan default printer dan cetak kembali halaman pengujian.

2] Cetak Halaman Pengujian menggunakan Properti Printer di Windows 11

Anda juga dapat mengakses Properti Printer untuk mencetak halaman pengujian di sistem Windows 11 Anda. Ini berguna saat Anda ingin menyesuaikan beberapa preferensi printer seperti mengatur orientasi halaman (Lanskap atau Potret), dan mengubah ukuran kertas (A3, Legal, Tabloid, B4 (JIS), dll.) sebelum mencetak halaman percobaan. Berikut langkah-langkahnya:
Buka aplikasi Pengaturan Windows 11Akses kategori Bluetooth & perangkatAkses halaman Printer & pemindaiPilih printerKlik opsi Printer properties dan kotak terpisah akan terbukaBeralih ke tab General di kotak Printer PropertiesTekan tombol Preferensi jika Anda ingin mengubah halaman orientasi, kualitas cetak, ukuran kertas, dll. Atau, biarkan opsi ini Tekan tombol Print Test Page yang tersedia di bagian kanan bawah kotak Printer Properties Tekan tombol OK untuk menutup kotak Properties.
Itu saja.

Bagaimana cara Mencetak di Windows 11?

Hampir semua aplikasi (aplikasi Office, browser, program desktop, dll.) hadir dengan opsi Cetak yang dapat Anda akses dari menu File untuk mencetak dokumen Anda. Gunakan opsi itu atau tekan tombol pintas global Ctrl+P dalam aplikasi. Ini akan membuka pengaturan Cetak di mana Anda dapat memilih printer Anda, mengatur jumlah halaman yang akan dicetak, margin halaman, ukuran halaman, dan lainnya, lalu tekan tombol Cetak.

Mengapa saya tidak dapat mencetak halaman percobaan?

Jika Anda mencoba cetak dokumen atau halaman uji di Windows 11/10 dan komputer macet saat mencetak, kemudian gunakan Pemecah Masalah Printer bawaan Windows dan lihat apakah itu membantu. Anda juga harus memulai ulang layanan Print Spooler atau meluncurkan aplikasi cetak dengan izin admin. Jika ini tidak berhasil, maka Anda harus menginstal ulang printer. Jika Anda menginstal dan mengonfigurasi printer dengan benar, Anda tidak akan mengalami masalah apa pun saat mencetak.

Baca selanjutnya:Mengapa Printer Saya Offline di Windows?