Cara menemukan alamat IP situs web menggunakan Command Prompt

Pada artikel ini, kita akan membahas bagaimana Anda dapat menemukan alamat IP sebuah situs web dengan menjalankan beberapa perintah sederhana melalui Command Prompt pada Windows 11/10. Alamat IP adalah singkatan dari Internet Protocol Address. Tujuan dari alamat IP, antara lain, adalah untuk memberikan informasi tentang lokasi perangkat yang di-host di Internet. Ini adalah nomor unik yang melekat pada setiap permintaan komputasi yang digunakan untuk mentransfer informasi dari satu titik ke titik lain melalui web. Jika Anda pernah menemukan diri Anda dalam situasi di mana Anda harus cepat mengambil alamat IP dari sebuah situs web, maka panduan ini akan membantu Anda.

Cara menemukan alamat IP situs web menggunakan Command Prompt

Ada tiga perintah yang dapat Anda gunakan untuk mengetahui apa alamat IP situs web, dan semuanya mudah digunakan. Mari kita lihat apa yang harus Anda lakukan:
Temukan alamat IP menggunakan perintah pingTemukan alamat IP menggunakan perintah nslookupTemukan alamat IP menggunakan Tracert Command
1] Temukan alamat IP menggunakan perintah ping

Perintah “ping” memudahkan untuk, tidak hanya mengetahui alamat IP situs web, tetapi juga informasi relevan lainnya tentang servernya.
Klik ikon Cari dari Taskbar dan cari “Command Prompt”. Pilih opsi Jalankan sebagai administrator Di jendela Prompt Perintah yang dihasilkan, ketik “ping YourWebsiteName,” di mana Anda seharusnya mengikuti ping dengan URL situs web yang ingin Anda temukan alamat IPnya. Misalnya Ping thewindowsclub.comTekan Enter

Setelah perintah dijalankan sepenuhnya, itu akan menampilkan beberapa statistik yang relevan tentang situs web, yang akan dialamatkan sebagai alamat IP-nya, seperti waktu pulang pergi dan paket yang dikirim dan diterima.

Baca: Cara mengatur Statis Alamat IP di Windows

2] Temukan alamat IP menggunakan perintah nslookup

Melaksanakan perintah nslookup di Command Prompt semudah menggunakan perintah ping. Meskipun itu tidak memberi Anda intel sebanyak yang sebelumnya, itu dieksekusi lebih cepat. Oleh karena itu, ketika satu-satunya tujuan Anda adalah untuk mendapatkan alamat IP, maka perintah nslookup harus lebih disukai.
Buka Command Prompt sebagai administrator dengan mencarinya dari ikon Pencarian Ketik “nslookup YourWebsiteName” dan tekan enter. Misalnya: nslookup thewindowsclub.comTekan Enter, dan dalam beberapa detik, alamat IP situs web akan berkedip di layar

Ada kemungkinan, bagaimanapun, perintah ini mungkin tidak berfungsi untuk beberapa situs web. Ini karena ini hanya berfungsi ketika pemilik alamat IP telah memasukkan catatan PTR di DNS.

3] Temukan alamat IP menggunakan Perintah Tracert

Ketiga, Anda dapat menggunakan perintah Tracert. Hal unik tentang perintah ini adalah bahwa perintah ini tidak melakukan ping ke alamat web, tetapi menunjukkan kecepatan koneksi tercepat antar server/koneksi.
Cari Command Prompt dari prompt pencarian di TaskbarKetik “tracert YourWebsiteName” dan tekan EnterTunggu sampai semua rute koneksi diproses

Anda dapat menemukan alamat IP situs web di sebelah “rute penelusuran ke:”. Jika Anda ingin melacak alamat IP lebih lanjut, untuk melihat dari mana sinyal berasal, Anda dapat menggunakan situs web seperti ipaddress.com.

Bagaimana menemukan alamat IP situs web online?

Jika Anda tidak ingin berurusan dengan perintah yang dapat dieksekusi, kemudian Anda dapat menggunakan alat online seperti pemeriksa DNS Global untuk melakukan hal yang diperlukan.
Kunjungi situs web Pemeriksa DNSMasukkan nama domain di bidang domainPilih A dalam daftar Jenis Rekam dan klik Search
Apa itu perintah nslookup di cmd?

Tujuan dari nslookup perintahnya adalah untuk menanyakan server nama domain internet dalam dua mode; mode interaktif dan noninteraktif. Mode interaktif memungkinkan Anda untuk mensurvei server nama untuk informasi tentang berbagai host dan domain, sedangkan, dalam mode noninteraktif, informasi terbatas pada host atau domain tertentu.

Apa itu perintah Whois?

Perintah whois atau usr mencari direktori nama pengguna dan menampilkan informasi tentang ID pengguna atau nama panggilan. Sama seperti metode yang dibahas di atas, perintah Whois juga digunakan untuk menemukan informasi Domain dan Alamat IP.

Kami harap artikel ini bermanfaat bagi Anda.