Cara Mengaktifkan atau Menonaktifkan fitur Deteksi Idle Google Chrome

Google Chrome adalah browser yang memimpin pasar, tanpa keraguan. Itu dicintai dan digunakan oleh banyak pengguna di seluruh dunia. Namun, ini tidak menghentikan Google untuk menambahkan fitur baru. Bahkan, ini mendorong mereka untuk menambahkan fitur baru dan membuat pengalaman pengguna lebih baik daripada yang terbaik. Karena itu, beberapa fitur yang ditambahkannya lebih kontroversial daripada yang lain. Salah satu fitur tersebut adalah Deteksi Idle. Pada artikel ini, kita akan melihat bagaimana Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan fitur Deteksi Idle Google Chrome dan membahas lebih lanjut tentang fitur ini.

Apa itu Deteksi Idle di browser Chrome?

Idle Detection seperti namanya akan mengidentifikasi saat Anda menganggur dan tidak berinteraksi dengan situs web. Jadi, jika mouse atau keyboard Anda tidak bergerak, atau jika server layar diaktifkan, atau Anda pindah ke beberapa tab lain. Kemudian informasi ini akan dikirim ke pengembang. Ini seperti yang mungkin sudah Anda duga, mengangkat beberapa alis. Pengguna cukup meneliti masalah privasi.

Jika seseorang ingin melihat sisi baiknya, manfaat yang jelas dari fitur ini adalah memungkinkan pengembang untuk membuat situs lebih menawan. Menurut Google, Deteksi Idle akan dengan cerdas mengubah cara Anda menggunakan web. Berikut ini adalah beberapa hal yang Deteksi Idle akan aktifkan.
Jika Anda tidak menggunakan aplikasi, API akan mengembalikannya ke Beranda. Izinkan situs Media Sosial seperti Instagram dan Facebook untuk mengetahui kapan Anda aktif. Program yang harus dilakukan kompleks perhitungan dapat menggunakan fitur untuk menghentikan perhitungan saat Anda tidak aktif.
Selain fitur ini, ini akan memungkinkan pengembang untuk menggunakan informasi ini dalam berbagai cara. Dan menurut sebagian besar kritikus, ini adalah bidang yang menjadi perhatian. Informasi ini kemudian dapat digunakan untuk memanipulasi ide-ide mereka. Juga, Google, sebuah perusahaan dengan rekam jejak yang buruk di bidang privasi, memberikan informasi tentang aktivitas Anda kepada perusahaan yang tidak kehilangan kritik ini.

Meskipun, fitur ini diaktifkan di Chrome 93 dan yang lebih baru, Google memberi Anda kendali atas fitur ini. Apakah Anda ingin mengaktifkan atau menonaktifkan Deteksi Idle, terserah Anda. Selanjutnya, kita akan membahas bagaimana Anda dapat mematikannya dan menyalakannya kembali jika Anda mau. Jadi, mari kita buka guide.

Cara Menonaktifkan Deteksi Idle di Google Chrome

Jika Anda ingin menonaktifkan Deteksi Idle di Browser Google Chrome Anda, ikuti langkah-langkah yang ditentukan.
Buka Chrome.Klik pada tiga titik vertikal dan pilih Setelan atau tempel chrome: //settings di bilah alamat dan tekan Enter.Buka Keamanan dan Privasi > Pengaturan Situs.Klik pada Izin tambahan.Cari Perangkat Anda digunakan dan klik untuk membukanya.Pilih Jangan izinkan situs mengetahui kapan Anda aktif menggunakan perangkat Anda dari Perilaku default.
Ini akan menonaktifkan Deteksi Tidak Aktif.

Jika Anda hanya ingin memblokir situs tertentu agar tidak menggunakan data aktivitas Anda, klik tombol Tambahkan yang terkait dengan Tidak diizinkan untuk mengetahui kapan Anda menggunakan perangkat secara aktif.

Ini akan membantu Anda.

Baca: Keamanan Baru, Privasi, Ekstensi, Pengaturan keamanan di browser Chrome

Bagaimana cara menonaktifkan Kotak Pasir Privasi dan Deteksi Idle di Chrome?

Untuk menonaktifkan Deteksi Idle, gulir ke atas dan periksa panduannya. Anda hanya perlu membuka Pengaturan Chrome dan mengubah pengaturan.

Sebelum menonaktifkan Kotak Pasir Privasi, kita perlu memahami apa itu, dan untuk melakukannya, kita harus tahu apa itu Google sebagai perusahaan dan apa itu FLoC.

Google menghasilkan banyak uang pendapatannya dari iklan. Anda mungkin telah memperhatikan sebagian besar situs yang Anda kunjungi memiliki semacam iklan. Iklan ini disesuaikan untuk Anda bergantung pada penelusuran dan aktivitas Anda. Sebelumnya, sebagian besar perusahaan cenderung mengambil data ini dan menggunakannya sebagaimana mestinya. Mereka mengidentifikasi Anda sebagai token terpisah dengan identitas unik dan kemudian menyusun iklan khusus untuk Anda.

Apa yang coba dilakukan Google, dengan FLoC, adalah menempatkan Anda dalam grup dengan orang-orang dengan selera yang sama. Kemudian mereka akan memberikan informasi aktivitas grup tersebut kepada perusahaan untuk menampilkan iklan ke grup tersebut. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan privasi Anda.

Banyak pengguna yang tidak setuju dengan ide tersebut dan ingin menonaktifkan fitur ini. Kotak Pasir Privasi yang Diaktifkan di browser Chrome Anda tidak berarti bahwa FLoC diaktifkan di komputer Anda. Namun itu berarti bahwa Google memiliki hak untuk mengaktifkannya kapan pun mereka mau.

Untuk menonaktifkan Kotak Pasir Privasi, rekatkan URL berikut di bilah alamat Anda dan tekan Enter.
chrome://settings/privacySandbox
Sekarang, nonaktifkan Beralih uji coba Kotak Pasir Privasi.

Itu dia!

Baca Selanjutnya: Pengaturan Privasi di Windows 11/10 yang harus Anda ubah.