Cara mengaktifkan atau menonaktifkan Menu Bar di Firefox pada Windows 11/10

Tutorial ini akan menunjukkan kepada Anda cara mengaktifkan atau menonaktifkan Menu Bar di Firefox pada Windows 11/10. Menu Bar di Firefox berisi File, Edit, View, Tools, Bookmarks, dan alat lainnya, yang mencakup opsi untuk menampilkan semua riwayat bookmark, temukan di halaman web, tampilkan riwayat dan bookmark di sidebar, buka pengaturan impor dan wizard data, dll. Anda dapat mengakses atau menampilkan Menu Bar menggunakan menu klik kanan pada baris tab, Customize menu toolbar, tombol Alt, dll. Meskipun Menu Bar berisi opsi penting, opsi tersebut juga dapat diakses dengan cara lain. Oleh karena itu, mereka yang tidak menggunakannya atau ingin menyembunyikan/menonaktifkan Menu Bar sepenuhnya dapat mencoba dua fitur bawaan Windows 11/10.

Mengaktifkan atau menonaktifkan Menu Bar di Firefox pada Windows 11/10

Berikut adalah dua cara untuk mengaktifkan atau nonaktifkan Menu Bar di Firefox pada komputer Windows 11/10:
Group Policy EditorRegistry Editor.
Karena kedua opsi tersebut berisi pengaturan sistem yang penting, kami menyarankan Anda untuk membuat titik pemulihan sistem sebelum menyesuaikan atau mengubah pengaturan apa pun.
1] Nonaktifkan Menu Bar di Firefox pada Windows 11/10 menggunakan Group Policy Editor
Solusi ini memerlukan integrasi Firefox dengan Group Policy agar Anda dapat mengakses dan menggunakan berbagai pengaturan Firefox di jendela Group Policy Editor. Ketika Anda telah melakukan integrasi, gunakan langkah-langkah berikut:
Buka Editor Kebijakan GrupTemukan folder pengaturan FirefoxBuka pengaturan Bilah Menu TampilanAktifkan pengaturan untuk Tidak PernahGunakan tombol OK.
Rincian semua langkah ini diberikan di bawah ini.

Di kotak Pencarian, ketik kebijakan grup , dan tekan Enter untuk membuka jendela Group Policy Editor.

Setelah membuka jendela, cari folder Firefox. Path untuk folder tersebut adalah:
Computer Configuration > Administrative Templates > Mozilla > Firefox

Sekarang buka pengaturan Display Menu Bar dari bagian kanan. Anda perlu mengklik dua kali pada pengaturan itu untuk membukanya.

Jendela pengaturan dibuka secara terpisah di mana Anda harus mengklik opsi Diaktifkan. Setelah itu, menu drop-down akan diaktifkan yang membantu untuk memilih tindakan apa yang Anda inginkan untuk Menu Bar. Di menu tarik-turun, Anda akan memiliki opsi Nyala secara default, Selalu (untuk selalu menampilkan Bilah Menu), Mati secara default (Bilah Menu dapat diaktifkan nanti), dan Jangan pernah. Gunakan opsi Never dari menu tarik-turun.

Terakhir, tekan tombol OK untuk menutup pengaturan itu. Buka browser Firefox dan Anda akan menemukan bahwa opsi untuk menampilkan Menu Bar hilang.

Untuk menampilkan atau mengaktifkan Menu Bar di Firefox, ikuti langkah-langkah yang dijelaskan di atas, dan dalam pengaturan Display Menu Bar, pilih opsi Not Configured, dan tekan tombol OK button.

Terkait:Cara mengaktifkan bilah alat Bookmark Firefox hanya di halaman Tab Baru.
2] Nonaktifkan Bilah Menu Firefox di Windows 11/10 menggunakan Penyunting Registri Kunci registriTambahkan nilai String DisplayMenuBarSetel data nilai menjadi tidak pernahGunakan tombol OK.
Di kotak Pencarian atau Jalankan Perintah, ketik regedit, dan ketuk tombol Enter untuk membuka Penyunting Registri.

Sekarang ikuti jalur ini untuk memilih kunci Kebijakan:
HKEY_LOCAL_MACHINESOFTWARE Policies

Tambahkan kunci Registri nama Mozilla di kunci Kebijakan. Untuk melakukannya, pertama, buat kunci Registri, lalu ganti namanya. Dengan cara ini, buat kunci Registri lain (kali ini di bawah kunci Mozilla) dan ganti namanya menjadi Firefox.

Buka menu klik kanan tombol Firefox dan klik opsi Nilai String yang ada di menu Baru. Ganti nama nilai String baru yang Anda buat menjadi DisplayMenuBar.

Setel data Nilai DisplayMenuBar. Untuk ini, klik dua kali pada nilai ini untuk membuka kotak Edit String. Add never in the text box.

Klik tombol OK.

Buka Firefox atau luncurkan kembali Anda telah membukanya dan opsi Menu Bar akan dihapus.

Untuk mengaktifkan opsi Menu Bar lagi di Firefox, Anda hanya perlu menghapus atau menghapus Firefox key yang Anda buat di Registry Editor, dan itu akan menyimpan perubahan.

Semoga ini membantu.

Baca juga:Cara Menghapus Pelacak dari URL secara Otomatis di Firefox

Di mana Menu Bar di Mozilla Firefox?

Menu Bar ada di bagian atas (di atas bilah tab) di Mozilla Firefox. Tapi Menu Bar tetap tersembunyi secara default. Jadi, jika Anda ingin menampilkan Menu Bar, Anda dapat:
Tekan tombol Alt untuk sementara menampilkan Menu BarKlik kanan pada tab bar dan gunakan opsi Menu Bar untuk membuat Menu Bar selalu terlihat.
Anda juga dapat menampilkan Menu Bar dari menu Kustomisasi toolbar dan Lihat menu.

Bagaimana cara menyembunyikan Bilah Menu di Firefox?

Anda dapat menyembunyikan Bilah Menu di Firefox dengan cara yang sama seperti yang Anda gunakan untuk menampilkan Bilah Menu. Misalnya, Anda dapat mengklik kanan pada bilah tab dan mengklik opsi Menu Bar dan itu akan disembunyikan. Menu Bar juga bersembunyi secara otomatis saat Anda menggunakan Firefox dalam mode layar penuh (F11). Tetapi mereka yang ingin sepenuhnya menyembunyikan Bilah Menu di Firefox dapat menggunakan trik Penyunting Registri atau Trik Kebijakan Grup pada komputer Windows 11/10. Kedua opsi ini dengan langkah-langkah terperinci dijelaskan dalam posting ini.

Baca selanjutnya:Cara menonaktifkan akses ke Profil di Firefox.