Cara mengaktifkan dan menggunakan Edge Clarity Boost di Windows 11

Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat bermain game di platform Xbox Cloud Gaming di Edge, Microsoft telah memperkenalkan Edge Clarity Boost. Namun, fitur ini dinonaktifkan secara default, itulah sebabnya, dalam posting ini, kita akan melihat bagaimana Anda dapat mengaktifkan dan menggunakan Edge Clarity Boost di Windows 11.

Apa itu Edge Clarity Boot?

Edge Clarity Boot adalah fitur Edge-eksklusif yang meningkatkan kualitas grafis platform Xbox Cloud Gaming. Ini merupakan upaya yang dilakukan oleh Microsoft untuk meningkatkan platform game-nya. Ini menggunakan Penskalaan Spasial untuk meningkatkan kinerja grafis pada platform. Satu-satunya masalah adalah, itu tidak diaktifkan secara default dan harus diaktifkan secara manual oleh pengguna.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan, fitur ini tidak tersedia di semua versi Edge, Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki Microsoft Edge v103 atau yang lebih baru, untuk mengetahui apakah browser Anda kompatibel, klik tiga titik vertikal, buka Bantuan dan Masukan > Tentang Microsoft Edge, Anda akan dapat melihat build dan pembaruan yang tersedia. Jika Anda bukan build yang diperlukan, cukup periksa pembaruan dan unduh yang terbaru.

Juga, wajib memiliki Langganan Xbox Cloud Gaming yang tersedia melalui Xbox Game Pass. Jika Anda tidak berlangganan, Anda tidak bisa mendapatkan fitur ini karena untuk platform itu sendiri. Jadi, dapatkan langganan dan browser yang diperlukan sebelum melanjutkan.

Aktifkan dan gunakan Edge Clarity Boost di Windows 11

Setelah memenuhi persyaratan awal, ikuti langkah-langkah yang ditentukan untuk mengaktifkan dan menggunakan Edge Clarity Boot.
Buka Microsoft Edge Browser.Buka www.xbox.com .Gunakan kredensial Anda untuk masuk ke akun Anda.Luncurkan game yang ingin Anda uji Edge Clarity Boost.Klik tiga titik vertikal (opsi Streaming) dari sudut kanan atas jendela.Klik Aktifkan Clarity Boost dari pilihan yang tersedia.
Anda akan melihat peningkatan yang signifikan dalam grafis game Anda. Semuanya akan terlihat jauh lebih mulus dan tampilan buram dan berlumpur akan hilang untuk selamanya.

Namun, di beberapa game, fitur ini tidak kompatibel, dan beberapa pengguna lain memperhatikan bahwa itu terlalu membebani mesin GPU. Oleh karena itu, jika Anda melihat ada penurunan kinerja, opsi terbaik Anda adalah menonaktifkan fitur tersebut. Yang harus Anda lakukan adalah membuka game, pergi ke Stream options, dan alih-alih Enable Clarity Boost, Anda akan melihat Disable Clarity Boost, jadi klik dan fitur ini akan dinonaktifkan.

Semoga Anda dapat mengaktifkan fitur Clarity Boost di Microsoft Edge dan tingkatkan performa game dengan pesat.

Baca: Pengontrol Xbox Cloud Gaming Terbaik yang harus Anda gunakan 

Browser apa yang berfungsi untuk Xbox Cloud Gaming?

Xbox Cloud Gaming berfungsi di Google Chrome dan Microsoft Edge. Layanan ini dioptimalkan untuk bekerja pada dua browser berbasis Chromium ini, tetapi sistem operasinya harus Windows 10 versi 20H2 atau lebih baru. Jika Anda memiliki iPhone atau iPad, Anda dapat menggunakan browser Safari untuk hal yang sama. Meskipun browser ini mendukung Xbox Cloud Gaming, untuk menggunakan fitur Clarity Boost, Anda harus memiliki Microsoft Edge.

Baca Juga: Game Pass tidak meluncurkan game di Xbox atau PC 

Apakah Xbox Cloud Gaming bekerja lebih baik di edge?

Ya, karena Clarity Boost , Xbox Cloud Gaming bekerja lebih baik di Microsoft Edge. Fitur ini meningkatkan kemampuan browser Microsoft Edge untuk merender Grafik. Anda akan melihat peningkatan kinerja yang signifikan, tidak ada yang terlihat berlumpur atau buram. Jika Anda adalah penggemar game dan memainkan banyak game di browser Anda, lihat panduan ini dan lihat metode untuk meningkatkan performa Game di Browser Microsoft Edge.

Dapatkah saya menggunakan Clarity Boost dengan layanan streaming game lain?

Tidak, Clarity Boost tidak tersedia pada layanan selain Xbox Cloud Gaming, yang dapat diakses melalui Xbox Game Pass. Namun, Microsoft harus mengizinkan layanan lain untuk menggunakan Clarity Boost juga. Tapi belum ada pernyataan resmi yang keluar. Jadi, mulai sekarang, Anda hanya dapat menggunakan Clarity Boost di Layanan Xbox Cloud Gaming Anda juga.

Baca juga: Tingkatkan Performa Windows 11 dengan mengubah 5 pengaturan ini.