Cara mengaktifkan dan menggunakan Tindakan Cepat di browser Firefox di Windows 11/10

Dalam tutorial ini, kami akan menunjukkan cara mengaktifkan dan menggunakan Tindakan Cepat di browser Firefox di komputer Windows 11/10. Tindakan Cepat adalah fitur bawaan Firefox yang membantu melakukan berbagai tindakan menggunakan bilah alamat. Misalnya, Anda dapat menggunakan Tindakan Cepat untuk membuka halaman Add-ons Manager, View Bookmarks, Open Private Browsing Window, Restart Firefox, dan membuka halaman Logins & Passwords untuk menemukan dan mengelola password yang disimpan, dll. Semua opsi atau fitur tersebut juga dapat diakses dengan cara lain, tetapi menggunakan Tindakan Cepat untuk mereka lebih cepat dan lebih mudah. Anda hanya perlu menemukan tindakan dan memicunya menggunakan bilah alamat.

Fitur serupa juga ada di browser dan alat lain. Kita bisa menggunakan fitur Command Palette di browser Edge, fitur Commander di browser Chrome, dan Command Palette di Windows Terminal. Dan sekarang, kami memiliki fitur Tindakan Cepat ini di Firefox. Secara default, fitur Tindakan Cepat tidak diaktifkan sehingga Anda tidak dapat mengaktifkannya untuk digunakan. Tetapi Anda dapat dengan mudah mengaktifkannya dan kemudian menggunakannya kapan pun Anda mau. Mari kita periksa bagaimana melakukannya.

Cara mengaktifkan Tindakan Cepat di Firefox

Untuk mengaktifkan Tindakan Cepat di Firefox, ikuti langkah-langkah berikut:
Buka browser FirefoxDi bilah alamat, ketik about:configTekan tombol Enter untuk membuka halaman Preferensi LanjutanAnda akan melihat pesan peringatan . Di sana, ketuk tombol Terima Risiko dan LanjutkanCari browser.urlbar.quickactions.enabled preferenceKlik dua kali preferensi itu untuk mengatur tindakannya dari salah ke benar. Jika sudah disetel ke true, maka tidak perlu melakukan apa pun. Ini akan mengaktifkan Tindakan Cepat di Firefox. Anda mungkin perlu memulai ulang browser jika tidak diaktifkan karena alasan tertentu. Sekarang Anda dapat mengaktifkan dan menggunakan Tindakan Cepat. Mari kita lihat bagaimana ini bisa dilakukan.

Terkait:Cara Menghapus Pelacak dari URL di Firefox secara otomatis.

Cara menggunakan Tindakan Cepat di Firefox

Anda dapat menggunakan Tindakan Cepat di browser Firefox menggunakan langkah-langkah berikut:
Buka browser FirefoxKetik > di bilah alamatTekan tombol Tombol spasi. Ini akan mengaktifkan Tindakan Cepat Sekarang Anda akan melihat tindakan yang dapat dipicu. Beberapa tindakan yang tersedia adalah Lihat Bookmark, Lihat Login, Hapus Riwayat, Buka Unduhan, Mulai Ulang Firefox, Lihat Pengaya, dll. Anda juga dapat memfilter daftar dengan memasukkan istilah pencarianUntuk memicu tindakan, gunakan tombol kiri mouse atau Atas dan tombol panah Bawah untuk memilih tindakan dan tekan tombol Enter. Ini akan membuka pengaturan atau opsi terkait secara instan.
Selain itu, Firefox juga akan menampilkan opsi Tindakan Cepat saat Anda mengetik sesuatu di bilah alamat. Anda tidak perlu mengaktifkan Tindakan Cepat untuk itu. Jika kueri atau kata kunci yang diketik cocok dengan salah satu Tindakan Cepat, maka tindakan terkait akan ditampilkan di bilah alamat saran.

Untuk saat ini, tindakannya terbatas tetapi ada kemungkinan bahwa kami akan memiliki lebih banyak tindakan seperti Ambil tangkapan layar, Cetak, Buka Inspektur, dll., di pembaruan mendatang. Tindakan tersebut sudah ada dalam versi pengembang Firefox sehingga ada kemungkinan bahwa kami juga akan memilikinya dalam versi stabil.

Selain itu, semua tindakan berfungsi sebagaimana mestinya kecuali beberapa di antaranya. Misalnya, tindakan Refresh Firefox menghasilkan tindakan halaman tidak ditemukan. Ini bisa menjadi bug yang kami harap akan diperbaiki dengan pembaruan baru.

Semoga ini membantu.

Bagaimana cara mengaktifkan tindakan halaman di Firefox?

Jika Anda ingin mengaktifkan atau mengaktifkan Tindakan Cepat di Firefox, maka itu dapat dilakukan dari Preferensi Lanjutan halaman Firefox. Anda perlu menyetel preferensi browser.urlbar.quickactions.enabled ke true. Posting di atas ini berisi semua langkah yang diperlukan untuk mengaktifkan fitur Tindakan Cepat. Langkah-langkah untuk mengaktifkan Tindakan Cepat untuk melihat tindakan yang tersedia dan menggunakan tindakan tersebut juga dibahas.

Bagaimana cara agar Firefox membuka PDF alih-alih mengunduh?

Jika Anda ingin Firefox membuka PDF alih-alih mengunduhnya, gunakan langkah-langkah ini:
Ketik tentang :preferensi#umum di bilah alamatTekan tombol EnterAkses bagian AplikasiBuka menu tarik-turun yang tersedia untuk opsi Format Dokumen Portabel (PDF)Pilih opsi Buka di Firefox yang tersedia di menu tarik-turun.
Later, Anda dapat menggunakan langkah yang sama untuk mengunduh PDF alih-alih melihat pratinjau atau membuka di Firefox menggunakan langkah-langkah di atas.

Baca selanjutnya:Cara Melindungi Bookmark dengan Kata Sandi di Chrome, Firefox, dan Edge.