Cara Mengaktifkan dan Menyesuaikan Teks Langsung di Windows 11

Live captions adalah fitur baru di Windows 11 yang memungkinkan Anda mengubah audio yang diputar di PC menjadi bentuk teks dan menampilkannya di layar, sehingga pengguna dapat lebih mudah memahami konten. Audio akan lebih mudah dipahami oleh pengguna dengan gangguan pendengaran dan pengguna yang merasa kesulitan untuk memahami aliran audio. Untuk saat ini, Teks langsung hanya tersedia dalam bahasa Inggris (Amerika Serikat), yang berarti audio bahasa Inggris akan diubah menjadi teks bahasa Inggris. Jika Anda memiliki versi Windows terbaru dan ingin mengaktifkan serta menyesuaikan teks Live, maka postingan ini akan membantu Anda.

Apa itu Teks Otomatis?

Teks langsung adalah fitur aksesibilitas yang mengubah pemutaran audio di sistem Anda menjadi format teks yang dapat diakses. Perangkat dapat digunakan saat menonton video online, dan mikrofon bahkan dapat dihubungkan untuk obrolan langsung.

Cara Mengaktifkan Teks Otomatis di Windows 11

Jika Anda ingin mengaktifkan Teks langsung di sistem komputer Windows 11 Anda, ikuti saran di bawah ini:
Buka aplikasi Pengaturan. Di jendela Pengaturan, pilih Aksesibilitas dari panel kiri. Pilih opsi Teks di bawah bagian Pendengaran. Aktifkan sakelar untuk Teks langsung
Untuk penjelasan lebih detail, lihat langkah-langkah di bawah ini:

Untuk memulai, buka menu Pengaturan pertama. Ini dapat dilakukan dengan menekan tombol Windows bersama dengan tombol I pada keyboard Anda. Anda juga cukup mengeklik kanan menu Mulai dan memilih Setelan dari daftar menu.

Dari bilah sisi kiri, pilih tab Aksesibilitas.

Sekarang buka bagian Pendengaran di panel kanan dan klik Captions.

Kemudian nyalakan sakelar sakelar untuk tab Teks otomatis baru sehingga Anda dapat melihatnya di PC.

Atau, Anda dapat mengaktifkan Teks otomatis menggunakan tombol logo Win + Ctrl + L pintasan keyboard di keyboard Windows 11 Anda.

Saat Anda melihat jendela pop-up, klik pada tombol Unduh untuk menyetujui pemrosesan lokal data suara Anda. Menurut Microsoft, data Anda tidak akan disimpan di cloud.

Cara Menyesuaikan Teks Langsung di Windows 11

Setelah Anda mengaktifkan Teks Langsung di PC Windows 11, kini Anda dapat menyesuaikan tampilannya. Ini untuk memposisikan kotak teks, menerapkan filter kata-kata kotor, mengaktifkan audio mikrofon, dan mengubah gaya teks. Mari kita lihat.

Pertama, pergi ke sudut kanan atas kotak teks dan klik ikon roda gigi (Pengaturan).

Dari sini, Anda dapat memilih opsi yang berbeda. Seperti yang Anda lihat di layar, opsi pertama adalah Posisi. Ini memungkinkan Anda menempatkan kotak teks di mana pun Anda inginkan, di bagian atas layar atau di bagian bawah layar.

Opsi Teks dapat ditemukan tepat di bawah opsi Posisi. Bagian ini memberi Anda opsi untuk memfilter kata-kata tidak sopan dan menambahkan audio dari mikrofon ke teks.

Opsi berikutnya adalah menyesuaikan gaya teks. Ada beberapa pilihan yang bisa Anda pilih, seperti white on black, small caps, large text, dan yellow on blue. Selain itu, Anda dapat menyesuaikan teks, latar belakang, dan jendela teks sesuai dengan warna dan opasitasnya. Ada jendela pratinjau di jendela pratinjau tema yang menunjukkan bagaimana gaya teks muncul.

Bagaimana cara mengakses Teks Otomatis dari flyout Setelan Cepat?

Selanjutnya, Anda dapat menambahkan Pintasan Teks Otomatis ke Setelan Cepat sehingga Anda dapat mengakses setelan ini langsung dari flyout Pengaturan Cepat. Untuk melakukannya, Anda dapat menggunakan langkah-langkah di bawah ini:
Pertama-tama, tekan logo Windows + A untuk membuka jendela Pengaturan Cepat.

Sekarang klik ikon pensil untuk mengedit menu pengaturan cepat.

Klik tombol Tambah dan pilih Aksesibilitas dari daftar menu.Kemudian klik tombol Selesai untuk menyimpan perubahan.Buka menu Aksesibilitas dan nyalakan sakelar untuk Teks langsung.
Terkait:Cara mengaktifkan fitur Teks Otomatis untuk Audio atau Video di Google Chrome.