Cara mengaktifkan Mode Gelap di Instagram di PC

Instagram mungkin adalah platform media sosial paling terkenal saat ini. Ada banyak alasan di balik kesuksesannya, ia memiliki UI yang bagus dan intuitif, jutaan selebriti, Real, dan semua kebaikan lainnya. Namun, bahkan setelah bertahun-tahun pengembangan, mereka tidak bisa hanya menambahkan Mode Gelap ke versi web. Tetapi ada beberapa cara yang sebenarnya dapat Anda lakukan untuk mengaktifkan Mode Gelap di Instagram di PC, dalam posting ini, kita akan membicarakannya.

Apakah ada Mode Gelap untuk Instagram di PC?

Mode Gelap tidak dimasukkan ke Web Instagram. Jadi, Anda tidak bisa begitu saja mengaktifkan Mode Gelap dari pengaturan seperti yang Anda lakukan pada ponsel cerdas. Namun, ada beberapa solusi yang dapat Anda coba untuk mendapatkan efek yang sama. Solusi ini termasuk mengaktifkan Bendera, menggunakan URL khusus, atau mencoba ekstensi. Lebih sering daripada tidak, Anda bahkan tidak akan melihat perbedaan apa pun. Untuk mengetahui lebih banyak dan melihat bagaimana Anda dapat membuat Instagram Anda lebih gelap dan lebih keren, lanjutkan membaca.

Mengaktifkan Mode Gelap di Instagram di PC

Jika Anda menggunakan ponsel, Anda cukup membuka Pengaturan dan mengonfigurasi Mode Gelap. Fitur ini berguna pada ponsel karena sebagian besar flagship modern hadir dengan layar OLED di mana untuk menghasilkan warna hitam, layar harus mematikan piksel individual. Alhasil, Anda bisa menghemat banyak baterai. Jadi, jika Anda menggunakan Mode Gelap di Instagram, UI tidak hanya akan terlihat, tetapi juga akan menghemat banyak baterai Anda, situasi yang saling menguntungkan. Namun, karena sebagian besar komputer dilengkapi dengan layar LCD, mereka tidak memiliki fitur ini, tetapi akan selalu ada solusi dan kami akan membahasnya.

Berikut adalah metode untuk mengaktifkan Mode Gelap di Instagram di PC.
Gunakan URL khususGunakan Edge atau Bendera ChromeCoba Ekstensi Mode Malam atau Addon
Tema GelapMari kita mulai dengan metode pertama
1] Gunakan URL khusus

Mari kita mulai menggunakan URL khusus untuk mengaktifkan Mode Gelap di Instagram. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menambahkan ?theme=dark ke URL Instagram asli. Jadi, URL barunya adalah:

www.instagram.com/?theme=dark

Anda dapat menyalin dan menempelkannya ke bilah alamat dan tekan Enter. Latar belakang Anda akan menjadi gelap karena mode gelap akan diaktifkan di sistem Anda. Jika Anda ingin kembali, hapus saja string yang ditambahkan atau buka instagram.com.

Jika Anda tidak ingin mengetik “?theme=dark” setiap kali Anda ingin mode gelap, tambahkan saja sebagai bookmark. Jadi, jika lain kali Anda ingin membuka Instagram dalam Mode Gelap, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengeklik bookmark dan Anda akan baik-baik saja.
2] Gunakan Bendera Tepi atau Chrome

Ada Bendera Chrome atau Tepi yang memungkinkan Anda untuk paksa Mode Gelap di situs web mana pun. Karena Instagram adalah situs web, mode gelap juga akan diaktifkan di dalamnya. Untuk menggunakan fitur ini, Anda harus mengikuti langkah-langkah yang ditentukan.
Buka Chrome atau Microsoft Edge (berbasis Chromium) di komputer Anda. Kemudian, pengguna Chrome harus membuka chrome://flags dan pengguna Edge harus membuka edge:// flags.Cari “gelap” di kotak pencarian dan tekan Enter. Atur menu tarik-turun Mode Gelap Otomatis untuk Konten Web ke Diaktifkan.
Ini akan melakukan pekerjaan untuk Anda. Anda dapat membuka Instagram dan mode gelap akan diaktifkan.

Jika Anda mengalami masalah dengan bendera ini, Anda selalu dapat menonaktifkannya. Cukup pilih Dinonaktifkan dari menu tarik-turun Mode Gelap Otomatis untuk Konten Web dan Anda dapat melakukannya.
3] Coba Ekstensi Mode Malam atau Tema Gelap addon

Ada ekstensi Mode Malam khusus yang dapat diinstal di browser Anda dan digunakan untuk memberikan estetika gelap pada Instagram, yang cukup mengingatkan pada mode gelap Instagram sebenarnya yang Anda dapatkan di smartphone.

Jika Anda menggunakan browser berbasis Chromium, seperti Chrome, Edge, Brave, dll, cobalah Mode Malam untuk Instagram dari chrome .google.com. Pengguna Firefox harus mengunduh Tema Gelap untuk Instagram dari addons.mozilla.org.

Setelah mengunduh addons, buka Instagram, klik ekstensi sekali dan mode gelap akan diaktifkan untuk Instagram. Untuk mematikannya, Anda perlu mengklik ekstensi lagi. Ini seharusnya berhasil untuk Anda.

Semoga sekarang Anda tahu cara mengaktifkan Mode Gelap di Instagram.

Baca: 10 Tips dan Trik Instagram yang perlu Anda ketahui 

Bagaimana cara mengaktifkan Mode Gelap di Web Instagram?

Untuk mengaktifkan Mode Gelap, periksa metodenya disebutkan dalam posting ini. Karena Mode Gelap tidak terintegrasi dengan Web Instagram, kami telah menyebutkan beberapa solusi yang dapat Anda gunakan untuk membuat Instagram lebih gelap, secara estetika. Salah satu dari mereka akan melakukan pekerjaan untuk Anda, jadi, pilih sesuai dengan kenyamanan Anda.

Baca Selanjutnya: Cara mengunduh Reel dan Video Instagram ke PC.