Cara mengaktifkan Pembaruan .NET Otomatis di Windows Server

Ketika datang ke pembaruan .NET Framework, admin TI selalu harus berhati-hati tentang apakah mereka harus digunakan atau tidak. Namun, sisi lain dari koin adalah bahwa bisnis juga ingin pembaruan tersedia di semua server segera setelah tersedia. Microsoft menyediakan ini sebagai opsi pembaruan otomatis, yaitu, admin Windows sekarang dapat mengizinkan pembaruan otomatis untuk .NET Framework dan .NET Core melalui Pembaruan Microsoft (MU) pada sistem Windows Server. Beberapa konsumen meminta opsi untuk menginstal pembaruan .NET pada platform klien Windows tetapi tanpa menggunakan alat penyebaran. Posting ini akan membagikan detail tentang bagaimana Anda dapat mengaktifkan pembaruan otomatis .NET di Windows Server.

Cara mengaktifkan Pembaruan .NET Otomatis di Windows Server

Opsi ini tersedia untuk NET Core 3.1, .NET 5.0, dan .NET 6.0 dan akan diluncurkan melalui saluran pembaruan otomatis dan Layanan Pembaruan Server Windows (WSUS), dan Katalog Pembaruan Microsoft. Ini dapat dilakukan melalui Registry atau Group Policy method.

Selain mengaktifkan kebijakan dan menambahkan kunci registri, Anda tidak perlu melakukan perubahan apa pun. Pembaruan ini adalah bagian dari paket Pembaruan Windows tetapi diinstal hanya jika Anda mengizinkannya.

Kata Microsoft, Kami sangat senang untuk mulai memberikan pembaruan untuk sistem operasi .NET ke server modern melalui Pembaruan Microsoft secara opt-in dan berharap untuk tanggapan Anda tentang pengalaman ini. Jika Anda tidak ingin sistem operasi server diperbarui secara otomatis, Anda tidak perlu melakukan tindakan apa pun.
Menggunakan Metode Registri Buka editor Registri dengan izin admin, dan navigasikan ke jalur yang diberikan. Jika Anda tidak dapat melihat jalur ini, Anda dapat membuat kunci masing-masing dan DWORD.

All .NET versionRegistry Key: HKEY_LOCAL_MACHINESOFTWAREMicrosoft.NETName: AllowAUOnServerOSValue: dword:0000001.Net 6.0HKEY_LOCAL_MACHINESOFTWAREMicroOS :00000001.Net 5.0HKEY_LOCAL_MACHINESOFTWAREMicrosoft.NET5.0AllowAUOnServerOSdword:00000001.Net 3.1HKEY_LOCAL_MACHINESOFTWAREMicrosoft.NET3.1AllowAUOnServerOSdword:00000001Menggunakan Kebijakan Grup
Sementara kebijakan grup tidak tersedia untuk pengunduhan kunci ke banyak komputer sekaligus. Anda dapat membuat file teks dengan ekstensi REG dengan nilai masing-masing dan menjalankannya di komputer. Di bawah ini adalah contohnya:
Windows Registry Editor Versi 5.00 [HKEY_LOCAL_MACHINESOFTWAREMicrosoft.NET6.0] “AllowAUOnServerOS”=dword:00000001
Setelah Anda mengaktifkan ini di server klien, mereka akan mendapatkan pembaruan saat tersedia. Namun, pastikan untuk membuat cadangan sebelum mengubah apa pun jika Anda tidak sengaja menghapus sesuatu yang dapat merusak sistem. Anda dapat membaca lebih lanjut tentang ini di pengumuman resmi.

Baca:
Kebijakan Pembaruan Windows yang Direkomendasikan Admin harus menggunakan pengaturan Kebijakan Grup yang TIDAK boleh Anda gunakan di komputer Windows Anda
Apa alat penyebaran yang digunakan untuk mengelola Pembaruan Windows?

Microsoft Endpoint Manager (MEP), Sistem Center Config Manager (SCCM), Access Management Platforms, Configuration Management Databases, atau Windows Server Update Services (WSUS) adalah beberapa cara yang digunakan admin TI untuk mengontrol dan menyebarkan pembaruan Windows di PC Perusahaan. Jika perusahaan Anda tidak menggunakan alat apa pun, setiap PC akan memperbarui sesuai dengan kebijakan grup yang dikonfigurasi.

Baca: Mengonfigurasi Pembaruan Windows menggunakan Registry di Windows Server

Bagaimana Cara Memblokir Pembaruan Windows Otomatis?

Untuk sepenuhnya menghentikan atau menonaktifkan Pembaruan Windows otomatis di Windows 11/ 10, Anda harus:
Menonaktifkan Pembaruan Windows & Layanan Medis Pembaruan WindowsMengubah pengaturan WU menggunakan Editor Kebijakan GrupMengatur koneksi jaringan Anda ke `Diukur`Gunakan alat gratis yang memungkinkan Anda menonaktifkan pembaruan otomatis.
Semoga ini membantu.