Cara mengaktifkan Pengoptimalan untuk game berjendela di Windows 11

Jika Anda ingin mengaktifkan atau menonaktifkan Optimasi untuk game berjendela di Windows 11, berikut adalah cara melakukannya. Microsoft baru-baru ini menyertakan opsi ini agar pengguna bisa mendapatkan kinerja yang lebih baik dari game windows. Baik game minimalis atau kelas atas, Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan fitur Pengoptimalan untuk game berjendela untuk game tertentu atau semua game tersebut.

Apa itu game berjendela?

Game berjendela adalah game yang tidak mencakup seluruh ruang memantau. Game atau aplikasi apa pun yang tidak menjalankan seluruh layar di PC dan berjalan di jendela disebut game atau aplikasi berjendela.

Kadang-kadang, grafik komputer Anda mungkin tidak sesuai dengan jendela game, dan dengan demikian, Anda mungkin mendapatkan masalah seperti lagging, hang, dll., pada waktu tertentu. Anda juga dapat menemukan masalah penurunan FPS saat memainkan game di PC. Untuk memperbaiki masalah tersebut, Microsoft menyertakan fitur yang disebut Pengoptimalan untuk game berjendela di panel Pengaturan Windows.

Cara mengaktifkan Pengoptimalan untuk game berjendela di Windows 11

Untuk menonaktifkan atau mengaktifkan Pengoptimalan untuk game berjendela di Windows 11, ikuti langkah-langkah berikut:
Tekan Menang+I untuk buka Pengaturan Windows.Buka Sistem > Tampilan.Klik opsi Grafik.Klik opsi Ubah pengaturan grafik default. Alihkan tombol Optimasi untuk game berjendela untuk mengaktifkannya.
Untuk memulai, Anda harus membuka Pengaturan Permainan Windows 11 terlebih dahulu . Untuk itu, tekan Win+I di komputer Anda. Setelah dibuka, pastikan Anda berada di tab Sistem.

Jika demikian, klik menu Tampilan yang terlihat di sisi kanan. Kemudian, klik opsi Graphics dan pilih Change default graphics settings option.

Setelah itu, alihkan tombol Optimizations for windowed games untuk mengaktifkannya.

Atau, jika Anda ingin menonaktifkan fitur ini, Anda perlu mengaktifkan tombol yang sama di Windows Settings.

Baca: Kiat untuk meningkatkan performa game di Windows 11

Cara menonaktifkan Pengoptimalan untuk game berjendela untuk game tertentu

Untuk menonaktifkan Pengoptimalan untuk game berjendela untuk game tertentu, ikuti langkah-langkah berikut:
Tekan Menang+I untuk membuka Pengaturan Windows.Buka Sistem > Tampilan > Grafik.Pilih game dengan mengekliknya.Pilih Opsi.Centang kotak Jangan gunakan pengoptimalan untuk game berjendela.Klik tombol Simpan.
Mari lihat langkah-langkah ini secara mendetail.

Pertama, tekan Win+I untuk membuka Windows Pengaturan. Lalu, buka Sistem > Tampilan > Grafik. Di sini Anda dapat menemukan semua game yang diinstal.

Anda harus memilih game dengan mengkliknya sekali. Setelah panel diperluas, klik tombol Opsi.

Lalu, centang kotak Jangan gunakan pengoptimalan untuk game berjendela dan klik tombol Simpan.

Setelah itu, pengoptimalan bawaan tidak akan berfungsi untuk game tertentu.

Cara mengaktifkan mengaktifkan atau menonaktifkan Pengoptimalan untuk game berjendela menggunakan Registry

Untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Pengoptimalan untuk game berjendela menggunakan Registry, ikuti langkah-langkah berikut:
Tekan Win+R untuk membuka perintah Jalankan. Ketik regedit dan tekan tombol Enter.Klik tombol Ya .Navigasi ke GraphicsSettings di HKCU.Klik kanan pada GraphicsSettings > New > DWORD (32-bit) Value. Beri nama sebagai SwapEffectUpgradeCache.Klik dua kali untuk menyetel data nilai sebagai 1.Klik tombol OK.Navigasikan ke UserGpuPreferences di HKCU.Kanan- klik pada UserGpuPreferences > Baru > Nilai string. Beri nama sebagai DirectXUserGlobalSettings.Klik dua kali untuk menetapkan Value data sebagai SwapEffectUpgradeEnable=1;Klik tombol OK dan mulai ulang komputer Anda.
Mari cari tahu lebih lanjut tentang ini steps.

Untuk memulai, tekan Win+R, ketik regedit, tekan tombol Enter, dan klik opsi Ya untuk membuka Registry Editor. Kemudian, navigasikan ke jalur berikut:
HKEY_CURRENT_USERSoftwareMicrosoftDirectXGraphicsSettings
Klik kanan pada GraphicsSettings > New > DWORD (32-bit) Value dan beri nama sebagai SwapEffectUpgradeCache.

Kemudian, klik dua kali pada data Nilai 1 dan klik tombol OK.

Setelah itu, navigasikan ke jalur ini:
HKEY_CURRENT_USERSoftwareMicrosoftDirectXUserGpuPreferences
Klik kanan pada UserGpuPreferences > Baru > Nilai String dan beri nama sebagai DirectXUserGlobalpn SwapEffectUpgradeEnable=1;.

Klik tombol OK dan mulai ulang komputer Anda.

Namun, jika Anda tidak dapat menemukan kunci GraphicsSettings dan UserGpuPreferences, Anda harus membuatnya secara manual. Untuk itu, klik kanan pada DirectX > New > Key dan beri nama seperti yang disebutkan di atas.

Baca: Cara mengaktifkan atau menonaktifkan Game DVR atau Game Bar di Windows 11/10

Apakah Windows 11 siap untuk game?

Ya, Windows 11 sudah lebih dari siap untuk permainan. Baik Anda ingin memainkan game berjendela sederhana atau game kelas atas di PC Windows 11 Anda, Anda dapat melakukannya tanpa masalah. Bahkan, Anda dapat menemukan pengalaman pengguna yang jauh lebih baik saat menggunakan Windows 11 daripada Windows 10.

Bagaimana cara mengaktifkan game dalam mode berjendela?

Mode berjendela tergantung pada pengembangan game. Jika pengembang telah memberikan dukungan, Anda dapat menekan Alt+Enter untuk melihat game dalam mode berjendela. Namun, jika game tidak mendukung mode berjendela, Anda akan mengalami masalah saat memainkan game di PC.

Baca juga: 30 Game PC Populer yang Tersedia di Microsoft Store.