Cara mengambil tangkapan layar di Steam di Windows, macOS, dan Linux

Konsol video game
Modern telah membuatnya sangat mudah bagi pengguna untuk mengambil tangkapan layar, tetapi hal yang sama tidak dapat dikatakan untuk PC, terutama yang menyangkut Steam. Kemampuan untuk mengambil tangkapan layar di Steam telah ada selama bertahun-tahun, tetapi anehnya, banyak pengguna tidak tahu bagaimana menyelesaikan tugas tersebut.

Kami harus menunjukkan bahwa mengambil tangkapan layar di Steam sangat mudah dan tidak membutuhkan banyak usaha. Tekan tombol sederhana dan perbuatan selesai. Namun, setelah tangkapan layar diambil, jangan berharap itu muncul di depan mata Anda. Ini akan secara otomatis disimpan di folder Screenshot, jadi jika Anda ingin melihat hasil jepretan Anda, ke sanalah Anda harus pergi.

Cara mengambil tangkapan layar di Steam melalui Windows

Sebagian besar pengguna platform Steam memiliki komputer bertenaga Windows, jadi kita akan mulai di sini pertama.
OK, jadi ambil screenshot, Anda harus terlebih dahulu membuka gameDari sana, tekan tombol F12 dan langsung screenshot akan diambil.
Untuk beberapa pengguna, mereka mungkin tidak terlalu senang menggunakan tombol F12, tetapi jangan khawatir, ini dapat diubah.

 
Yang harus Anda lakukan adalah mengklik tab Steam.Ketika menu tarik-turun muncul, silakan klik Pengaturan.Jendela Pengaturan sekarang akan terlihat.Klik pada bagian Dalam Game melalui panel kiri.Akhirnya , ubah kunci F12 default menjadi sesuatu yang lebih disukai.
Tidak perlu memulai ulang Steam. Lanjutkan saja seperti sebelumnya.

Bagaimana cara menemukan tangkapan layar Steam di Windows

Jadi, Anda ingin melihat karya agung Anda? Tidak apa-apa karena kami dapat mewujudkannya untuk Anda.
Dari dalam Steam, klik tab Lihat.

Pilih opsi Tangkapan Layar dari menu tarik-turun.
Anda sekarang akan melihat jendela kecil dengan semua tangkapan layar Anda. Anda juga dapat mengeklik tombol Perpustakaan Daring untuk melihat tangkapan layar yang telah Anda bagikan di web.

Cara mengambil tangkapan layar di Steam melalui macOS

Saat mengambil tangkapan layar Steam di macOS, ini sangat mirip dengan sistem operasi Windows. Cukup tekan tombol F12 dan hanya itu. Namun, sedikit berbeda jika Anda memiliki Touch Bar berfitur MacBook Pro.
Buka aplikasi Steam.Luncurkan ke game tertentu.Dari sana, tekan tombol Fn.Baris fungsi sekarang akan muncul di Touch Bar khusus.Tekan F12 tombol dan hanya itu.
Tangkapan layar Anda sekarang disimpan ke hard drive Anda untuk dilihat kapan pun Anda mau.

Cara melihat tangkapan layar Steam di macOS

Dalam hal melihat tangkapan layar yang Anda ambil, Anda cukup mengikuti petunjuk di bawah ini.
Klik tombol Lihat tab di Steam. Setelah Anda selesai melakukannya, pilih Tangkapan Layar melalui menu tarik-turun. Sebuah jendela akan muncul dengan semua tangkapan layar yang tersedia.
Jika Anda ingin melihat tangkapan layar yang telah Anda bagikan di web seperti di platform media sosial, maka klik Lihat Perpustakaan Online.

Cara mengambil tangkapan layar Steam di Linux

Bagi mereka yang memiliki komputer game yang didukung oleh Linux, Anda tidak perlu khawatir karena dimungkinkan untuk mengambil tangkapan layar Steam di Linux. Tugasnya sama seperti di Windows di mana pengguna hanya perlu menekan tombol F12.

Untuk melihat tangkapan layar, cukup ikuti langkah-langkah terkait Windows di atas, dan Anda siap melakukannya.

Baca: Jalankan game Windows di Steam Deck dengan Steam Proton

Kemana perginya tangkapan layar di Steam?

Untuk melihat ke mana perginya tangkapan layar, Anda hanya perlu mengklik tab Lihat di Steam, lalu pilih Tangkapan Layar. Dari jendela yang baru dimuat, silakan klik tombol menu tarik-turun, lalu pilih Tampilkan di Disk. Folder yang berisi semua tangkapan layar Anda sekarang akan terlihat.

Adakah yang bisa melihat tangkapan layar saya di Steam?

Ini tidak terjadi sebelumnya, tetapi sekarang mungkin bagi pengguna Steam untuk memutuskan tangkapan layar game mana yang diunggah dapat dilihat oleh komunitas.

Are Tangkapan layar uap dibagikan secara otomatis?

Tidak, tangkapan layar tidak dibagikan secara otomatis, tetapi diunggah secara otomatis ke cloud untuk memudahkan akses di masa mendatang. Dari area cloud, tangkapan layar kemudian dapat dibagikan dengan orang-orang di media sosial jika diperlukan.