Cara mengatur font default di Excel menggunakan Registry dan Group Policy

Jika Anda ingin mengatur font default dan ukuran font di Excel menggunakan Editor Registri dan Editor Kebijakan Grup Lokal, Anda memerlukan panduan ini untuk menyelesaikannya. Jika Anda tidak dapat mengubah pengaturan tersebut menggunakan opsi UI, Anda selalu dapat mengikuti metode REGEDIT dan GPEDIT, seperti yang disebutkan di sini.

Cara menyetel font default di Excel menggunakan Registry

Untuk menyetel font default di Excel menggunakan Registry, ikuti langkah berikut:
Press Win+R untuk membuka dialog Run.Ketik regedit dan tekan tombol Enter .Klik tombol Yes.Navigasikan ke office16.0 di HKCU.Klik kanan pada 16.0 > New > Key dan beri nama sebagai excel.Klik kanan pada excel > New > Key dan tetapkan namanya sebagai options.Klik kanan pada options > New > String Value. Beri nama sebagai font.Klik dua kali untuk menetapkan Value data as font name and size.Klik tombol OK.Mulai ulang komputer Anda.
Mari pelajari lebih lanjut langkah-langkah ini secara mendetail.

Untuk memulai, tekan Win+R untuk membuka dialog Jalankan, ketik regedit, dan tekan tombol Enter. Jika perintah UAC muncul, klik tombol Ya untuk membuka Registry Editor di komputer Anda.

Setelah itu, navigasikan ke jalur berikut:
HKEY_CURRENT_USERSoftwarePoliciesMicrosoftoffice16.0
Klik kanan pada 16.0 > Baru > Kunci dan beri nama sebagai excel. Kemudian, ulangi langkah-langkah ini untuk membuat kunci bernama opsi di bawah excel.

Setelah selesai, klik kanan pada opsi > Baru > Nilai String dan tetapkan namanya sebagai font.

Selanjutnya, Anda perlu mengklik dua kali pada Nilai String font untuk menyetel Data nilai dalam format ini:
Font-name, font-size
Misalkan Anda ingin menyetel Arial pada 10 piksel. Jika demikian, Anda perlu memasukkan data Nilai seperti ini: Arial, 10.

Terakhir, klik tombol OK dan restart komputer Anda untuk menerapkan perubahan.

Cara mengubah font default di Excel menggunakan Kebijakan Grup

Untuk mengubah font default di Excel menggunakan Grup Kebijakan, ikuti langkah-langkah berikut:
Tekan Win+R untuk membuka perintah Jalankan. Ketik gpedit.msc dan klik tombol OK.Navigasikan ke Umum di Konfigurasi Pengguna.Klik dua kali pada setelan Font.Pilih opsi Diaktifkan.Masukkan nama font dan ukuran di dalam kotak dan klik tombol OK.Mulai ulang Excel.
Untuk mengetahui lebih lanjut tentang langkah-langkah ini, lanjutkan membaca.

Pertama, Anda perlu membuka Editor Kebijakan Grup Lokal di komputer Anda. Untuk melakukannya, tekan Win+R, ketik gpedit.msc, dan klik tombol OK.

Selanjutnya, navigasikan ke jalur berikut:
User Configuration > Administrative Templates > Microsoft Excel 2016 > Excel Options > General
Klik dua kali pada setelan Font yang terlihat di sisi kanan dan pilih opsi Diaktifkan. Kemudian, masukkan nama dan ukuran font dalam format ini: font-name, font-size.

Seperti metode REGEDIT, Anda perlu memasukkan ukuran nama font seperti ini: Arial, 10.

Terakhir, klik tombol OK dan restart Excel aplikasi jika dibuka saat mengubah pengaturan.

Apa font default untuk Office 365?

Di sebagian besar aplikasi Office, Calibri digunakan sebagai font default. Tidak hanya keluarga font, tetapi juga menggunakan ukuran yang sama (11px) di beberapa aplikasi. Namun, jika Anda ingin mengubah font default di Word, Excel, atau PowerPoint, Anda juga dapat melakukannya melalui setelan programnya. Jika Anda ingin melakukan hal yang sama di Excel menggunakan REGEDIT atau GPEDIT, Anda dapat mengikuti panduan yang disebutkan di atas.

Bagaimana cara mengubah font default di Office 365 online?

Tidak mungkin mengubah font default di Office 365 Online. Baik Anda ingin mengubah keluarga font default atau ukuran font di Word Online, Excel Online, PowerPoint Online, atau apa pun, Anda tidak dapat mengubahnya di aplikasi tersebut. Namun, hal yang sama dimungkinkan pada aplikasi desktop.

Baca:
Cara mengubah Font Sistem default di Windows 11/10Cara menginstal Font Kustom di Google Docs