Cara mengatur, mengonfigurasi, dan menggunakan BitLocker di Windows 11

BitLocker adalah fitur keamanan yang menambahkan lapisan perlindungan ekstra ke komputer Anda dan melindunginya dari akses yang tidak sah. Banyak pemula dan bahkan beberapa pengguna Windows hard-core tidak menyadari fakta bahwa Anda dapat mengatur, mengkonfigurasi, dan menggunakan BitLocker di komputer Windows 11/10 mereka. Dalam posting ini, kita akan berbicara tentang bagaimana Anda dapat melakukan hal yang sama.

Apa itu BitLocker dan mengapa digunakan?

BitLocker adalah encryptor perangkat yang digunakan untuk melindungi data Anda dari pencurian. Ini adalah teknologi Windows built-in yang tidak hanya melindungi komputer Anda dari pencurian data tetapi juga mencegahnya terkena sistem yang hilang, dicuri, atau dinonaktifkan secara tidak semestinya.

Di komputer Anda, ini digunakan bersama TPM atau Trusted Platform Module (versi 1.2 atau di atas), yang merupakan perangkat yang ditambahkan ke komputer Anda untuk tujuan keamanan guna mengamankan data pengguna dan memastikan ada campur tangan dengan sistem Anda saat sedang offline. Karena BitLocker memerlukan TPM, jika Anda ingin menggunakan fitur enkripsi, maka Anda harus memasukkan kunci startup USB untuk memulai komputer atau melanjutkan dari hibernasi.

Ketika Anda mengatur BitLocker, Anda akan mendapatkan kunci keamanan yang akan digunakan untuk mengambil datanya. Jika Anda ingin mengetahui cara mendapatkan kunci ini atau menyiapkan BitLocker, atau apa pun tentang fitur keamanan ini, lanjutkan membaca.

Baca: Perbedaan antara Enkripsi Perangkat dan BitLocker 

Menyiapkan, mengonfigurasi, dan menggunakan BitLocker di Windows 11

Sebelum melihat cara menyiapkan, mengkonfigurasi dan menggunakan BitLocker, Anda perlu tahu bahwa meskipun fitur ini didukung pada semua versi Windows 11, Rumah perlu menggunakan Enkripsi Perangkat yang merupakan versi BitLocker yang dipangkas, yang masih cukup mumpuni, dan Pro, Enterprise , dan edisi Pendidikan akan mendapatkan semua fitur BitLocker. Itulah sebabnya kami memiliki panduan terpisah untuk versi berikut.
Gunakan BitLocker di Windows 11 HomeGunakan BitLocker di Windows 11 Pro
Mari kita bicarakan masing-masing secara terpisah.
1] Gunakan BitLocker di Windows 11 Home

Untuk mengonfigurasi bitLocker di sistem Anda, ikuti langkah-langkah yang ditentukan.
Buka Pengaturan Windows dengan mencarinya dari Start Menu atau dengan Win + I.Buka Privasi & Keamanan dari sudut kanan atas jendela.Klik Enkripsi perangkat.Sekarang, gunakan sakelar untuk mengaktifkan fitur.Klik pada Tombol enkripsi drive BitLocker dari bagian Terkait. Buka drive sistem operasi dan klik Cadangkan kunci pemulihan Anda. Terakhir, simpan kunci pemulihan Bitlocker di suatu tempat di komputer Anda dan pastikan untuk mencatat alamat jalur.
Seperti yang disebutkan sebelumnya, Windows 11 Rumah memiliki enkripsi Perangkat yang tidak memiliki beberapa fitur canggih BitLocker. Hal lain yang perlu diperhatikan di sini, fitur ini tidak tersedia di semua perangkat, jika Anda tidak dapat melihat Enkripsi Perangkat maka ini bisa berarti komputer Anda tidak kompatibel. Setelah ini, kami telah menyebutkan metode untuk mengetahui apakah perangkat Anda mendukung BitLocker. .Buka Privasi & Keamanan > Enkripsi perangkat.nonaktifkan sakelar untuk Enkripsi perangkat.
Dengan cara ini, Bitlocker akan dinonaktifkan dan proses dekripsi akan dimulai.

Baca: Enkripsi Perangkat tidak muncul atau berfungsi di Windows 11/10
2] Gunakan BitLocker di Windows 11 Pro

Versi Pro Windows memungkinkan Anda untuk menggunakan fitur BitLocker yang paling canggih sekalipun. Untuk mengonfigurasi BitLocker pada edisi Windows 11 Pro, Enterprise, atau Education, ikuti langkah-langkah yang ditentukan.NbspLaunch Settings.Buka System > Storage.Navigasikan ke bagian Storage management, lalu klik bagian Advanced storage.Buka Disk & Volume. Pergi ke drive dan kemudian ke partisipasi yang ingin Anda enkripsi dan kemudian klik Properties. Klik Turn on BitLocker. Sekali lagi, klik Turn on BitLocker. Pilih opsi yang ingin Anda simpan kuncinya. Ikuti petunjuk di layar untuk mengatur BitLocker tergantung pada preferensi Anda.
Setelah memulai ulang sistem Anda, BitLocker akan diaktifkan. Mudah-mudahan, ini akan berhasil untuk Anda.

Setelah melakukan ini, Anda dapat memeriksa status BitLocker untuk drive kapan saja.

Jika Anda merasa tidak perlu mengenkripsi data Anda dan BitLocker tidak diperlukan, cukup ikuti petunjuk di layar untuk menonaktifkan BitLocker di sistem Anda.
Buka Control Panel dari Start Menu.Buka System and Security > BitLocker Drive Encryption.Dari drive Sistem Operasi, klik Turn off BitLocker.
BitLocker akan dinonaktifkan di komputer Anda.

Bagaimana mengetahui apakah komputer Anda mendukung BitLocker

Seperti yang disebutkan sebelumnya, tidak setiap sistem dapat mengaktifkan BitLocker terlepas dari fakta bahwa mereka memiliki perangkat keras TPM yang diinstal pada sistem mereka. Anda dapat memeriksa apakah komputer Anda mendukung BitLocker atau tidak dan alasannya juga sama. Untuk mengetahui apakah komputer Anda mendukung fitur ini atau tidak, cari “Informasi Sistem” dari Start Menu. Sekarang, cari Dukungan Enkripsi Perangkat, dan Anda akan melihat alasan mengapa fitur tersebut tidak tersedia di komputer Anda. Catatan tambahan, Anda dapat menggunakan halaman Informasi Sistem untuk mengetahui semua tentang komputer Anda.

Baca: Terapkan enkripsi drive BitLocker untuk drive data yang dapat dilepas 
Bagaimana cara mengunci drive menggunakan BitLocker di Windows 11?

Untuk mengunci drive menggunakan BitLocker di Windows 11, periksa panduan di atas untuk Windows 11 Pro. Yang perlu Anda lakukan adalah pergi ke drive yang ingin Anda enkripsi dan nyalakan BitLocker. Setelah Anda melakukannya, perangkat akan dienkripsi, dan Anda akan diberikan kunci keamanan.

Baca: Cara memperbarui Kata Sandi BitLocker pada Drive yang Dilindungi di Windows

Apakah BitLocker berfungsi di Windows 11?

Ya, BitLocker berfungsi di Windows 11. Namun, penuh fitur keamanan hanya dapat dinikmati di Windows versi Pro, Enterprise, dan Education, Home mendapatkan versi yang lebih rendah, yang masih cukup aman, tetapi sedikit lebih rendah dari apa yang Anda dapatkan di versi Pro. Jika Anda ingin tahu cara mengaktifkan atau menggunakan BitLocker, periksa panduan yang disebutkan dalam posting ini.

Baca Juga: Cara membuat pintasan Enkripsi Drive BitLocker di Windows 11/10.