Cara Mengatur Ulang Preferensi Illustrator di PC Windows

Preferensi dalam Adobe Illustrator memungkinkan Anda membuat perubahan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Ada preferensi default yang disertakan dengan Illustrator; namun, pengguna dapat membuat perubahan pada pengaturan panel dan perintah di Illustrator dengan masuk ke Preferences. Saat Anda membuka Illustrator, posisi panel dan perintah disimpan dalam file preferensi Illustrator. Selain itu, banyak pengaturan program disimpan dalam file preferensi, termasuk opsi tampilan umum, opsi penyimpanan file, opsi kinerja, opsi jenis, dan opsi untuk plug-in dan disk awal. Sebagian besar opsi ini disetel di kotak dialog Preferensi. Pengaturan preferensi disimpan setiap kali Anda keluar dari aplikasi.

Cara Mengatur Ulang Preferensi Illustrator di Windows

Mengapa Anda ingin mengatur ulang preferensi di Illustrator, Anda mungkin bertanya? Nah, terkadang ada perilaku tak terduga di ilustrator dan ini mungkin mengindikasikan masalah dengan Preferensi. Pengguna mungkin telah membuat perubahan atau kehilangan panel atau pengaturan lain dan tidak yakin bagaimana cara mendapatkannya kembali. Ini bisa meminta pengaturan ulang preferensi. Ada beberapa cara untuk mengatur ulang preferensi; beberapa cara mungkin bergantung pada versi ilustrator ada beberapa yang akan berfungsi pada versi apa pun.
Menggunakan Pintasan KeyboardHapus, Hapus, atau Ganti NamaKlik tombol Atur Ulang Preferensi1] Menggunakan Pintasan Keyboard
Metode pengaturan ulang preferensi Illustrator ini mengharuskan Anda menutup Illustrator jika itu terbuka. Pastikan untuk menyimpan pekerjaan Anda sebelum ditutup. Setelah Anda menutup Illustrator, buka ikon untuk membukanya, tahan Ctrl + Alt + Shift, lalu klik Ikon Illustrator. Ini akan mengatur ulang semua preferensi ke default ketika Illustrator terbuka.

Tombol Preferences dapat ditemukan di Options Bar di bagian atas jendela Illustrator
2] Hapus, Hapus atau Ganti Nama Cara lain untuk mengatur ulang Preferensi di Illustrator adalah dengan mencari file preferensi dan menghapus, hapus atau ganti namanya. Anda harus menutup Illustrator untuk melakukan ini. Pastikan untuk menyimpan pekerjaan Anda sebelum ditutup. Setelah menutup Illustrator, buka C:Users “Your User Name”AppDataRoamingAdobeAdobe Illustrator “Your version” Settingsen_USx64. Jalur ke folder yang berisi preferensi untuk Illustrator mungkin berbeda berdasarkan sistem Operasi Anda atau versi Illustrator Anda.

Perhatikan juga bahwa file mungkin disembunyikan jadi buka folder dan buka untuk melihat lalu klik tiga titik (Lihat Lainnya) di bagian atas jendela folder, dan pilih Options.

A akan muncul kotak dialog.

Pada kotak dialog yang muncul, tekan tab View lalu klik Show Hidden Files, Folders, and Drives. Ini akan memungkinkan file tersembunyi untuk ditampilkan.

Setelah membuat file tersembunyi terlihat, Anda mungkin melihat folder dengan Preferensi Adobe Illustrator atau file AIPrefs. Anda dapat memilih untuk mencadangkan file Preferensi di lokasi lain sebelum menghapus, menghapus, atau mengganti namanya. Mencadangkannya akan membantu jika Anda perlu menggantinya. Saat Anda membuka kembali Illustrator, preferensi default baru akan dibuat.

Baca: Cara Melengkungkan dan Mengonversi Banyak Kata menjadi satu Bentuk di Illustrator
3] Klik Reset Preferences Button
Dalam versi Illustrator yang lebih baru, ada tombol Reset Preferences pada jendela dialog preferensi.

Press tombol Reset Preferences kemudian restart Illustrator setelah Anda menyimpan pekerjaan Anda.

Apa itu Illustrator Preferences?

Ketika Anda membuka Illustrator, posisi panel dan perintah disimpan dalam file preferensi Illustrator. Selain itu, banyak pengaturan program disimpan dalam file preferensi, termasuk opsi tampilan umum, opsi penyimpanan file, opsi kinerja, opsi jenis, dan opsi untuk plug-in dan disk awal. Sebagian besar opsi ini disetel di kotak dialog Preferensi. Pengaturan preferensi disimpan setiap kali Anda keluar dari aplikasi.

Bagaimana cara mencadangkan Preferensi Illustrator?

Anda dapat membuat cadangan preferensi Illustrator dengan mencari folder tempat file Preferensi Illustrator disimpan. Anda kemudian dapat menyalin file preferensi ke folder lain. Anda kemudian dapat mengganti file preferensi di folder Illustrator jika Anda ingin menggunakan preferensi itu lagi.