Cara mengetahui program startup apa yang dapat saya nonaktifkan dengan aman di Windows 11/10

Program
Startup adalah program yang dimulai secara otomatis saat Anda menghidupkan sistem. Dalam ekosistem Windows, program startup merujuk ke semua layanan Microsoft, aplikasi, dan perangkat lunak pihak ketiga yang berjalan secara otomatis saat startup sistem. Beberapa program startup ini penting untuk OS Windows dan beberapa tidak. Program startup yang tidak perlu dapat memperlambat sistem Anda dan membuat masalah kinerja. Anda dapat menonaktifkan program startup tersebut untuk meningkatkan kinerja sistem Anda. Pada artikel ini, kita akan melihat cara mengetahui program startup apa yang dapat Anda nonaktifkan dengan aman di Windows 11/10.

Cara mengetahui program startup apa yang dapat saya nonaktifkan dengan aman di Windows 11/10

Saat Anda memulai sistem, Windows memuat semua Layanan penting dan aplikasi yang dikonfigurasi untuk berjalan pada startup sistem. Layanan Windows adalah bagian penting dari sistem operasi Windows dan diperlukan untuk berfungsinya OS Windows. Terlepas dari Layanan dan beberapa aplikasi penting, ada beberapa aplikasi atau program yang tidak perlu diluncurkan saat startup sistem. Program startup yang tidak perlu seperti itu juga mengambil sumber daya sistem Anda yang dapat mengakibatkan masalah kinerja. Oleh karena itu, Anda harus menonaktifkannya.

Karena tidak ada aturan keras dan cepat di Windows 11/10 yang memungkinkan Anda mengetahui program startup mana yang dapat Anda nonaktifkan dengan aman, Anda harus membuat keputusan sendiri dengan melihat daftar program startup.

Untuk melihat daftar semua program startup di Windows 11/10, ikuti petunjuk di bawah ini:
Buka Pengaturan Windows 11/10. Buka “Aplikasi > Startup.”
Anda akan melihat daftar semua aplikasi startup di sana. Sekarang, Anda dapat menonaktifkan aplikasi startup yang tidak menimbulkan masalah setelah dinonaktifkan. Misalnya, pada tangkapan layar di atas, aplikasi startup seperti Pusat Kontrol ETD, Penjadwal Pembaruan Java, dll., dapat dinonaktifkan dengan aman karena tidak menimbulkan dampak apa pun pada sistem Windows 11/10. Java Update Scheduler adalah aplikasi yang memeriksa pembaruan Java. Jika Anda menonaktifkannya, Anda harus memeriksa pembaruan Java secara manual. Anda juga dapat menonaktifkan Microsoft OneDrive karena menonaktifkannya tidak akan memengaruhi sistem Anda tetapi file Anda tidak akan disinkronkan secara otomatis hingga Anda memulai OneDrive secara manual.

Anda dapat menonaktifkan semua aplikasi startup pihak ketiga dengan aman seperti Steam, Telegram Desktop, Adobe Reader, dll. jika Anda menghadapi masalah kinerja pada sistem Anda. Jika Anda tidak tahu apa gunanya aplikasi startup tertentu atau apakah Anda dapat menonaktifkannya atau tidak, Anda dapat mencarinya di internet.

Kami telah mencantumkan beberapa aplikasi startup umum yang dapat Anda nonaktifkan dengan aman di Windows 11/ 10 komputer.
ZoomMicrosoft TeamsMicrosoft OneDriveMicrosoft EdgeGoogle ChromeSkypeAdobe Reader
Pada dasarnya, kecuali perangkat lunak keamanan, Anda dapat dengan aman menonaktifkan sebagian besar program pihak ketiga dari daftar startup.

Tim Zoom dan Microsoft masing-masing adalah aplikasi konferensi video yang dikembangkan oleh Zoom Video Communications dan Microsoft Corporation. Menonaktifkan kedua aplikasi ini dari aplikasi startup tidak akan memengaruhi sistem Anda karena aplikasi ini bukan bagian penting dari OS Windows. Selain itu, menonaktifkan aplikasi startup ini tidak akan memengaruhi kinerjanya. Anda dapat menggunakan aplikasi ini seperti sebelumnya.

Microsoft OneDrive adalah platform penyimpanan awan yang dikembangkan oleh Microsoft. Anda dapat menggunakannya untuk menyimpan foto, video, dokumen, dan file lainnya dengan aman. OneDrive diaktifkan sebagai aplikasi startup secara default. Itulah mengapa OneDrive dimulai dengan sendirinya setiap kali Anda menghidupkan sistem Anda. Jika Anda menonaktifkan OneDrive sebagai aplikasi startup, itu tidak akan dimulai dengan sendirinya saat startup sistem. Ini akan menghemat RAM Anda dan juga memperbaiki masalah kinerja. Setelah menonaktifkan OneDrive dari aplikasi startup, file Anda tidak akan disinkronkan ke OneDrive secara otomatis hingga Anda memulainya secara manual.

Microsoft Edge dan Google Chrome masing-masing adalah browser web yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation dan Google. Jika browser web ini diaktifkan sebagai aplikasi startup, mereka akan terus menggunakan sumber daya sistem Anda. Ini akan memengaruhi kinerja sistem Anda. Anda tidak memerlukan aplikasi ini untuk memulai di latar belakang secara otomatis setiap kali Anda menghidupkan sistem Anda. Anda dapat menonaktifkannya dari aplikasi startup.

Skype adalah layanan VoIP yang memungkinkan pengguna melakukan panggilan gratis melalui internet. Anda juga dapat mengobrol dengan teman menggunakan Skype. Apakah Anda membutuhkannya setiap kali Anda menyalakan komputer? Mungkin tidak. Oleh karena itu Anda dapat menonaktifkannya dari aplikasi Startup.

Adobe Reader adalah perangkat lunak pembaca PDF gratis yang dikembangkan oleh Adobe Inc. Jika diluncurkan dengan sendirinya setiap kali Anda menghidupkan sistem, Anda harus menonaktifkannya dari aplikasi startup.

Di mana saya menemukan program startup di Windows 11?

Anda akan menemukan program startup di Task Manager dan Pengaturan Windows 11. Luncurkan Task Manager dan pilih tab Startup. Di sana, Anda akan melihat semua program startup di Windows 11. Anda juga dapat melihat daftar program startup yang sama di Pengaturan Windows 11. Luncurkan Pengaturan Windows 11 dan buka “Aplikasi > Startup.”

Bagaimana cara mengelola program startup di Windows 11/10?

Anda dapat mengelola program startup dengan mengaktifkan dan menonaktifkannya. Ada beberapa cara untuk mengaktifkan dan menonaktifkan program startup di Windows. Aplikasi Task Manager dan Windows 11/10 Settings memungkinkan Anda mengelola program startup dengan mudah. Di Windows 11/10, bagian untuk mengelola item Startup kini tersedia dengan Task Manager. Anda dapat memilih untuk mengaktifkan atau menonaktifkan aplikasi untuk memulai dengan Windows. Saya menggunakannya untuk membuat aplikasi tertentu yang mendaftarkan diri untuk memulai dengan Windows dapat dihapus. Ini meningkatkan waktu booting saya secara keseluruhan.

Anda juga dapat menginstal beberapa perangkat lunak gratis untuk mengelola program startup di perangkat Windows 11/10 Anda. Beberapa freeware ini juga menawarkan fitur tambahan selain mengelola program startup. Misalnya, CCleaner adalah perangkat lunak bagus yang memungkinkan Anda mengelola aplikasi startup serta menghapus file sampah dari sistem Anda.

Baca: Cara mengetahui program Startup memperlambat Boot Windows.

Program apa yang dapat saya nonaktifkan saat startup?

Ketika Anda menghidupkan sistem, Windows memuat program dan layanan startup. Layanan Windows adalah bagian penting dari sistem operasi Windows. Jika salah satu Layanan Windows berhenti bekerja, Anda mungkin mengalami kesalahan pada sistem Anda. Beberapa aplikasi yang Anda instal dikonfigurasi untuk memulai pada startup sistem. Aplikasi ini tidak diperlukan untuk sistem operasi Windows. Oleh karena itu, mereka dapat dinonaktifkan dengan aman. Anda dapat menonaktifkan aplikasi startup pihak ketiga melalui Pengaturan Windows 11/10 atau Pengelola Tugas. Aturan umumnya adalah – Jika Anda tidak ingin aplikasi pihak ketiga dimulai setiap saat – Anda dapat menonaktifkannya. Ada juga beberapa perangkat lunak pengelola startup gratis yang bagus untuk membantu Anda.

Baca juga:
Lokasi atau jalur folder startup di WindowsJalur Startup Registry WindowsCara Menunda Program Startup di Windows
Semoga ini membantu.