Cara Mengetik Teks pada Jalur di Illustrator

Mengetahui cara mengetik teks pada jalur di Illustrator adalah keterampilan yang patut dipelajari. Menulis di jalur bentuk atau karya seni apa pun dapat menambah dimensi baru kreativitas pada karya seni apa pun. Jalur karya seni atau gambar adalah garis luar tak terlihat yang mengelilinginya. Jalur mengambil bentuk gambar atau karya seni.

Cara Mengetik Teks pada Jalur di Illustrator

Illustrator memungkinkan Anda untuk menulis di jalur karya seni Anda seperti bentuk yang Anda buat. Anda mungkin memiliki gambar yang Anda simpan dalam salah satu format file, dan Anda ingin menuliskannya. Ini mungkin terbukti menjadi tantangan. Namun, jika Anda menggunakan bentuk di sekitar gambar, Anda bisa mendapatkan kata-kata di sekitarnya. Itu menggunakan jalur bentuk lain untuk menulis di sekitar gambar. Alat pena juga dapat digunakan untuk menulis di sekitar gambar yang terbukti sulit untuk ditulis di jalurnya. Artikel ini akan menunjukkan cara menulis teks pada jalur dan juga cara menggunakan jalur alat atau bentuk untuk menulis di sekitar gambar.
Menulis pada jalur bentukMembalik teks yang lebih rendahMenulis pada bentuk lainMenulis pada jalur gambar
1] Menulis pada jalur of shapes

Illustrator memungkinkan Anda menulis di jalur bentuk yang Anda gambar menggunakan alat. Anda dapat menulis di sekitar bentuk atau di dalam bentuk. Dalam kedua kasus, teks akan mengambil garis bentuk.
Menulis di jalur luar
Untuk menulis di jalur luar bentuk, menggambar bentuk yang diinginkan di kanvas. Contoh yang akan digunakan adalah polygon.

Pergi ke sebelah kiri panel Tools dan pilih Polygon tool. Alat Polygon berada dalam grup alat yang sama dengan alat Rectangle, Ellipse, dan alat bentuk lainnya. Pilih alat Polygon lalu klik pada kanvas dan seret sambil menahan tombol Shift + Alt.

Ini akan membuat alat poligon menyebar secara merata dan salah satu permukaan datar akan ditempatkan secara horizontal. Jika Anda tidak menahan Shift + Alt saat menyeret, sudut lancip akan berada di bagian bawah alih-alih permukaan datar. Warna bentuknya tidak masalah karena warnanya akan hilang segera setelah teks ditambahkan. Anda dapat memastikan bahwa goresan ada di sekitar bentuk sehingga Anda dapat melihatnya.

Untuk mulai menambahkan teks ke jalur, pilih bentuk lalu buka panel alat kiri dan pilih alat teks. Untuk beberapa bentuk, setelah Anda mengarahkan kursor ke samping, maka secara otomatis akan berubah menjadi alat Ketik pada jalur.

Untuk bentuk ini, jika Anda tidak memilih alat Ketik pada jalur, maka secara otomatis akan berubah menjadi alat yang membuat teks menulis jalur dalam bentuk. Paragraf teks teks akan mengambil garis besar bentuk dan mengisi bagian dalamnya. Jika Anda perhatikan lebih dekat, Anda akan melihat kotak merah dengan tanda silang + di bagian dalam, yang menunjukkan bahwa ada luapan (teks tambahan), Anda dapat menggandakan jam di atasnya untuk melihat teks tambahan. Anda juga dapat menghapus teks ekstra.

Jika Anda ingin teks berada di tepi luar, Anda harus memilih alat Ketik di jalur dari grup alat Ketik di panel alat kiri.

Ini adalah hasil dari penggunaan Jenis pada alat jalur untuk menulis di tepi luar bentuk. Anda akan melihat kotak merah dengan salib di tengah. Itu menunjukkan bahwa ada luapan teks.

Anda mungkin ingin teks di bagian bawah bentuk mengarah ke arah yang berbeda. Anda harus membuat salinan bentuknya.

Ini adalah teks di sekitar poligon sebelum teks yang lebih rendah dibalik. Jenis font telah diubah sehingga lebih mudah untuk melihat perbedaannya.

2] Membalik teks yang lebih rendah

Untuk membalik teks yang lebih rendah ke arah lain, Anda memerlukan dua bentuk. Anda dapat memilih bentuk dan menyalinnya lalu menempelkannya di depan bentuk lainnya. Anda juga dapat menahan Alt lalu klik dan seret bentuk agar bentuknya terduplikasi. Saat Anda memiliki dua bentuk, Anda akan menghapus teks atas dari bentuk kedua. Anda akan melihat bahwa teks bawah secara otomatis menggantikan teks atas yang telah dihapus. Cara lain untuk melakukannya adalah dengan menulis teks di bagian atas bentuk sebelum menduplikat. Ini akan menghilangkan kebutuhan untuk menghapus teks yang lebih rendah. Anda cukup pindah ke langkah berikutnya setelah menduplikasi.

Pilih bentuk yang ada di depan dengan teks yang ingin Anda balikkan lalu buka bilah menu atas dan pilih Ketik lalu pilih Ketik di jalur lalu Ketik di opsi jalur.

Jenisnya pada jendela opsi jalur akan muncul dan Pelangi akan menjadi efek yang dipilih sebelumnya. Klik Pratinjau agar Anda dapat melihat perubahan langsung pada karya seni. Pilih Balik agar teks dapat dibalik. Anda juga dapat mengubah spasi huruf jika diinginkan. Spasi default adalah Auto.

Ini adalah poligon dengan kata-kata yang lebih rendah dibalik sehingga teks ditulis dari arah lain.

Anda dapat melakukan hal lain pada karya seni Anda tergantung pada tujuannya. Ini adalah teks pada jalur dengan poligon 3D di tengah. Konsep ini bisa saja digunakan sebagai logo.

3] Menulis di alat lain
Spiral
Anda bisa menulis di berbagai bentuk dan alat. Ini adalah bentuk lain yang akan dicoba yaitu spiral. Pergi ke bilah menu kiri dan pilih spiral, itu berada di grup yang sama dengan segmen Garis. Setelah memilih bentuk spiral, beri goresan agar terlihat.

Buka panel alat kiri dan pilih alat Ketik atau tekan T pada keyboard. Untuk bentuk ini, Anda juga dapat memilih tipe biasa. Saat Anda mengarahkan kursor ke bentuk spiral, alat ketik akan secara otomatis berubah menjadi alat Ketik pada jalur. Anda kemudian akan mengklik untuk mengetik. Jika Anda perlu mengetik sepanjang spiral, Anda perlu mengklik ujung ekor dan kemudian ketik.
Arc tool
Yang terakhir yang akan dicoba adalah meletakkan teks di jalur alat Arc. Pergi ke panel alat kiri dan klik alat Arc. Alat Lengkung berada dalam grup yang sama dengan alat segmen Spiral dan Garis.

Saat menggambar Lengkung di kanvas, coba gunakan Shift atau Alt atau kombinasi keduanya Shift + Alt untuk memindahkan dan memutar Lengkung agar sesuai dengan yang Anda inginkan. Menggambar Arc tanpa kombinasi tombol apa pun akan membuat tepi kiri berlabuh saat Anda menempatkan tepi kanan di mana saja. Menahan shift juga akan menyebabkan sisi kiri berlabuh, tetapi Arc bergerak lebih cepat dan lebih seragam. Menggambar sambil menahan akan membuat kedua ujungnya bergerak tetapi keduanya akan bergerak berlawanan satu sama lain (satu ujung ke atas akan melihat ujung lainnya turun). Jika Anda menahan Shift + Alt saat menggambar Arc, titik pivot akan berada di tengah.

Ini adalah Arc yang sudah selesai dengan teks tertulis di jalurnya. Bergantung pada cara Anda menggambar busur, teks yang ditulis akan memiliki sudut yang berbeda. Anda dapat bereksperimen dengan berbagai sudut untuk melihat mana yang paling cocok dengan proyek Anda.

4] Menulis di jalur gambar

Illustrator memungkinkan penulisan teks di jalur  di sekitar jalur gambar seperti yang dilakukan Photoshop. Anda mungkin memiliki gambar JPEG yang ingin Anda tulis teksnya. Anda dapat menggunakan beberapa cara untuk menyelesaikannya. Anda dapat menjiplak gambar dengan alat Pena dan kemudian menulis jejak alat pena. Gambar mungkin memiliki latar belakang sehingga Anda dapat menggunakan opsi Jejak gambar untuk menghapus latar belakang, lalu gunakan alat Ketik pada jalur untuk menulis di sekitar gambar.

Cupcake ini memiliki latar belakang putih dan Jejak gambar digunakan untuk menghapus latar belakang kemudian teks ditulis di sekitarnya menggunakan alat Ketik pada jalur.

Cupcake digunakan sebagai logo

Bagaimana cara mengisi teks di jalur di Illustrator?

Dari menu drop-down Type Tool, pilih Type on a Path Tool. Arahkan kursor Anda ke salah satu ujung garis dan klik sekali. Garis lengkung akan diubah menjadi jalur tipe. Anda sekarang dapat mengetik teks, dan menerapkan pemformatan dengan cara yang sama seperti yang Anda lakukan untuk teks dalam bingkai teks.

Bagaimana cara mengedit teks pada jalur di Illustrator?

Untuk mengedit teks pada jalur di Illustrator, Anda dapat mengikuti langkah di atas -panduan yang disebutkan. Terutama ada empat langkah yang perlu Anda lalui. Namun, saat Anda perlu mengedit teks yang ada, Anda cukup mengeklik teks yang ingin Anda edit dan memulai proses pengeditan saat dalam perjalanan. Baik Anda menggunakannya pada gambar atau bentuk, prosesnya sama.